7 Makanan ala Jepang yang Membuat Awet Muda

7 Makanan ala Jepang yang Membuat Awet Muda
source: https://astridadelita.files.wordpress.com/2013/02/waw.jpg

Penduduk negara Jepang memiliki angka harapan hidup tertinggi diantara negara lainnya. Rahasianya? Makanan!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Jepang merupakan negara dengan angka harapan hidup tertinggi penduduknya. Tak mengherankan, orang Jepang lebih bahagia dan awet muda. Rahasia panjang umur orang Jepang juga terletak dari makanan yang mereka makan, lho. Bila kamu pernah menyaksikan film Jepang pasti sudah tidak asing dengan hidangan makanan seperti rumput laut, teh hijau dan jenis sayuran. Untuk lebih lengkapnya yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Rumput Laut

Rumput laut menjadi bagian yang terpisahkan dalam masakan Jepang. Permintaan untuk industri makanan terhadap rumput laut juga sangat besar. Rumput laut mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kandungan tersebut berperan dalam melawan berbagai macam penyakit dan juga membantu menurunkan berat badan. Rumput laut juga kaya akan mineral yaitu sodium, seng, magnesium, kalsium dan kalium. Bahkan rumput laut memiliki mineral lebih banyak daripada memakan sayuran hijau.
 

1. Rumput Laut
source: http://health.liputan6.com/read/2416652/5-makanan-alami-ini-mampu-gantikan-peran-multivitamin-bagi-tubuh
<baca juga>
2. Miso

Miso sejenis bumbu asal Jepang yang berasal dari fermentasi kedelai. Miso biasanya digunakan sebagai bumbu untuk membuat berbagai jenis masakan khas Jepang. Melihat dari bahan dasarnya yang terbuat dari kedelai, miso memiliki kandungan isoflavon. Kandungan tersebut berperan dalam mengatasi masalah menopause pada wanita. Isoflavon juga sangat baik dapat menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang. 
 

2. Miso
source: https://www.reference.com/food/substitute-miso-paste-8f487cdde04c00bd
3. Matcha

Minum teh merupakan salah satu budaya di Jepang khususnya teh hijau. Selama ini kamu tentu cukup mengenal manfaat teh hijau yang juga baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidannya yang tinggi berupa catechin dan senyawa ECGC untuk proses metabolism tubuh. Namun, orang Jepang lebih menikmati teh hijau tanpa menambahkan gula. \eh hijau juga memiliki kandungan zat theanine untuk merelaksasi pikiran dan mencegah stress. 

3. Matcha
source: http://www.teavana.com/us/en/discover/matcha
<baca juga>
4. Ikan

Orang Jepang juga dikenal senang mengonsumsi ikan, terutama untuk olahan sushi. Dalam sehari masyarakat Jepang bisa mengonsumsi ikan 80-100 gr. Ikan merupakan sumber kesehatan yang baik terutama omega 3 untuk kesehatan jantung. Selain itu juga membantu mengurangi inflamasi atau peradangan, kesehatan otak dan mata. Kandungan selenium juga bisa ditemukan dalam ikan yang bisa digunakan untuk sistem kekebalan tubuh. Ikan juga mengandung vitamin B yang baik untuk keseimbangan otak. 
 

4. Ikan
source: https://club.iyaa.com/bbs/board.php?bo_table=kuliner&wr_id=892
5. Acar

Tahukah kamu bahwa orang Jepang juga mengonsumsi acar sebagai makanan sehari-hari? Acar Jepang menggunakan sayuran seperti wortel dan mentimun yang difermentasi. Nah, acar bisa menjadi sumber probiotik yang alami yang bagus untuk pencernaan. Probiotik juga dapat membantu mempecepat proses penyerapan makanan. Ketika sistem pencernaan berlangsung dengan baik dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang berperan dalam melawan infeksi. 
 

5. Acar
source: http://www.japan-guide.com/e/e2349.html
6. Tofu

Rata-rata orang Jepang mengonsumsi kacang kedelai 50 gr sehari. Tak heran mereka memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan negara lainnya. Kedelai dalam tofu merupakan sumber protein nabati yang baik selain dari jenis daging. Kacang kedelai juga merupakan sumber serat yang baik untuk mengontrol nafsu makan. 
 

6. Tofu
source: http://cookdiary.net/tofu/
7. Nasi

Sama halnya dengan masyarakat Indonesia, orang Jepang juga mengonsumsi nasi sebagai bahan makanan utama. Namun, mereka tidak menyajikan nasi dengan berbagai tambahan bumbu, minyak ataupun mentega. Wanita Jepang juga kerap menghindari makanan mengandung gula dan berkalori tinggi sehingga nasi yang dikonsumsi pun dalam jumlah yang sedikit.
 

7. Nasi
source: http://yukhidupsehat.com/diet/ristrianto-08121027036-makan-nasi-sebagai-rahasia-wanita-dari-jepang-menjadi-langsing-secara-alami/

Ituah beberapa makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Jepang, Beautynesian. Mereka juga senang mengonsumsi makanan yang segar dan tidak menggunakan bahan pengawet. Hasil pertanian dan laut yang melimpah membuat mereka lebih memilih makanan yang diolah dengan sehat dan bergizi.
 
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular