Introvert Cocok Bekerja Freelance, Ini 4 Alasannya

Introvert Cocok Bekerja Freelance, Ini 4 Alasannya
source: https://images.unsplash.com/photo-1533147670608-2a2f9775d3a4?ixlib=rb-1.2.1&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&auto=format&fit=crop&w=1350&q=80

Pekerjaan freelance yang fleksibel dianggap sesuai untuk orang dengan kepribadian introvert. Mengapa demikian? Simak alasannya berikut ini.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Bekerja lebih produktif ketika sendiri
image source: cnbc.com

Karakteristik utama introvert yaitu mereka menemukan sumber energi dari dalam diri mereka sendiri, melalui ide, imajinasi, hobi, dan segala sesuatu mereka suka. Seorang introvert akan merasa kewalahan, terkuras energinya ketika berurusan dengan orang banyak. Sebaliknya, seorang introvert dapat meningkatkan kreativitas, efisiensi, serta produktivitas kerja mereka dalam kesendirian, dalam lingkungan yang cenderung tenang. Pekerjaan freelance memberi kesempatan bagi introvert untuk bersinar dengan bekerja sendirian, baik itu di depan komputer, di bengkel, atau studio.
 

2. Dapat menjadi komunikator ulung ketika bekerja secara personal
image source: blog.covailnt.com

Dalam grup, para introvert memang bukan orang yang paling banyak bicara. Namun, mereka sangat baik dalam mendengarkan dan memahami isyarat sosial. Ini membuat introvert sangat baik dalam mengembangkan hubungan dengan klien. Alih-alih bekerja tim yang mungkin akan melelahkan dan membuat pekerjaan tidak maksimal, pekerjaan freelance memberi kesempatan pada introvert untuk bekerja maksimal ketika bertemu secara personal dengan para klien.
 

<baca juga>
3. Bahagia mendapatkan kebebasan dari sistem kerja yang fleksibel
image source: 53.com

Pekerjaan freelance menawarkan tingkat kebebasan yang tidak dimiliki sebagian besar pekerjaan korporat. Introvert bisa memilih di mana ia akan bekerja, pakai baju apa ketika bekerja, menjadwalkan jam kerja sendiri, dan mempromosikan diri sendiri dengan cara yang nyaman. Dengan kebebasan ini, para introvert umumnya lebih bahagia dan lebih produktif bekerja di lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
 

4. Punya kontrol terhadap karier sendiri
image source: Unsplash/Brooke Lark

Dengan segala kebebasan yang telah disebutkan sebelumnya, pada akhirnya pekerjaan freelance memungkinkan introvert untuk membuka jalur karier mereka sendiri. Sebagai freelancer, mereka juga memiliki banyak platform untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Mulai dari media sosial, pemasaran email, situs web, hingga menghadiri acara-acara publik secara mandiri, semua bisa jadi peluang yang hampir tanpa batas.

Itulah empat alasan mengapa pekerjaan freelance bisa sangat cocok untuk introvert. Singkatnya, pekerjaan freelance memberi peluang lebih banyak bagi introvert untuk bekerja dengan nyaman dan maksimal sehingga mereka dapat menemui kesuksesannya.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular