Penyebab Telat Haid yang Perlu Kamu Tahu

Penyebab Telat Haid yang Perlu Kamu Tahu
source: http://f.tqn.com/y/pms/1/W/W/-/-/-/160405045.JPG

Pernahkah kamu mengalami telat haid? Haid yang datang terlambat memiliki beberapa penyebab selain faktor kehamilan. Di antaranya akan kita bahas pada artikel kali ini. Mau tahu apa saja? Yuk, simak satu per satu!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Penyebab Telat Haid yang Perlu Kamu Tahu
source: http://pms.about.com/od/menstrualcycledisorders/a/symptoms_mcds.htm
Haid atau menstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim atau endometrium yang menebal karena tidak ada pembuahan pada sel telur. Jarak antara menstruasi yang satu ke menstruasi berikutnya (siklus menstruasi) pada wanita berbeda-beda. Siklus menstuasi pada wanita berkisar antara 21-35 hari, namun rata-rata berjarak 28 hari. Nah, jika kamu mengalami telat haid, mungkin salah satu hal berikut merupakan penyebabnya.
1. Stres
Penyebab telat haid yang cukup sering yaitu stres. Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang mengalami stres. Keadaan ini dapat mengganggu keseimbangan hormon hingga memiliki dampak pada bagian otak yang bertugas mengatus siklus haid. Tidak hanya itu, stres juga dapat membuat berat badan dapat turun atau naik secara drastis. Dan hal ini juga menjadi penyebab haid datang terlambat.
<baca juga>
2. Sindrom Polycystic Ovary
Sindrom Polycystic Ovary atau PCO merupakan kelainan pada tubuh wanita di mana tubuh lebih banyak menghasilkan hormon androgen. Hal ini dapat menyebabkan gagalnya proses ovulasi. Jika tidak terjadi proses ovulasi maka tidak terjadi pula menstruasi atau haid.
3. Berat Badan Tidak Normal
Berat badan yang tidak normal, entah terlalu rendah atau berat badan berlebihan hingga mengalami obesitas merupakan salah satu faktor haid dapat datang terlambat. Seseorang yang memiliki bobot tubuh terlampau rendah atau jauh diatas berat ideal dapat menyebabkan fungsi organ tubuh terganggu, termasuk fungsi organ kewanitaan. Dan hal ini dapat menghambat proses ovulasi.
<baca juga>
4. Penyakit Tiroid
Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid di mana hormon ini mempengaruhi kerja estrogen yang merupakan hormon yang berpengaruh pada siklus menstruasi.

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular