Terlihat Mirip, Ternyata Ini Bedanya Jelly, Agar-agar, dan Puding!

Terlihat Mirip, Ternyata Ini Bedanya Jelly, Agar-agar, dan Puding!
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/b780a61af3d2942d4b2d698eb84ca6d1.jpeg

Jelly, agar-agar, dan puding merupakan salah satu menu pencuci mulut yang paling sering kita jumpai ya, Ladies. Ketiga pencuci mulut ini memang memiliki rasa yang sama yaitu manis dan segar. Namun, ternyata ketiganya memiliki perbedaan lho. Kira-kira apa saja ya perbedaan di antara ketiganya? Yuk simak artikel ini!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Jelly
Jelly

Makanan pencuci mulut yang satu ini terbuat dari rumput laut jenis karaginofit, seperti eucheuma sp, hypnea sp, gigartina sp, dan chondrus sp. Jelly memiliki tekstur sangat kenyal dan terasa lembut, Ladies. Untuk proses pembuatannya, jelly biasanya menggunakan sari buah alami, gula, dan air sebagai pelarutnya.

Kandungan pektin di dalam jelly berfungsi untuk membentuk gel pada jelly. Pektin ini merupakan senyawa dari asam polygalakturonal dengan pH 2,8 hingga 3,2. Selain itu, jelly juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan lho, seperti vitamin C dan serat yang bagus untuk pencernaan. Agar nutrisi dalam tubuh kamu tercukupi, pilihlah jelly yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti buah dan sayur ya, Ladies.
 

Agar-agar
Agar-agar

Ladies, ternyata agar-agar sudah lama dikenal di Indonesia jika dibandingkan dengan jelly dan puding lho. Pencuci mulut yang sering kita temui di meja makan ini terbuat dari rumput laut merah berjenis euchema sp (rhodophyceae) atau dari keluarga phaeophycophyta (gracilaria dan gelidium).

Agar-agar memiliki tekstur yang padat jika dibandingkan dengan jelly, selain itu agar-agar juga bertekstur kenyal. Agar-agar mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, kandungan baik inilah yang membuat agar-agar bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi panas dalam, dan menghaluskan kulit lho.
 

<baca juga>
Puding
Puding

Pencuci mulut yang satu ini merupakan jenis pencuci mulut yang memiliki rasa manis dan segar. Nah, untuk proses pengolahannya, puding bisa diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat puding sangat beragam, seperti susu, yoghurt, santan, buah, sayuran, nata de coco, telur, tepung, vanila, cokelat, kopi, kelapa muda, dan lain sebagainya.

Puding memiliki tekstur yang lembut dan halus jika dibandingkan dengan jelly dan agar-agar. Oleh karena itu sebelum dikonsumsi, biasanya puding disimpan di dalam kulkas agar teksturnya tetap kokoh. Kandungan nutrisi puding tidak berbeda jauh dengan jelly dan agar-agar, karena pada umumnya puding bisa dibuat dari jelly atau agar-agar, atau bahkan keduanya.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular