Biar Gak Bolak-Balik Belanja, Ini Jenis Makanan yang Perlu Di-Stok Selama Wabah Corona

Biar Gak Bolak-Balik Belanja, Ini Jenis Makanan yang Perlu Di-Stok Selama Wabah Corona
source: https://images.pexels.com/photos/3962285/pexels-photo-3962285.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&h=750&w=1260

Di tengah merebaknya wabah virus corona saat ini, terdapat anjuran untuk menetap di rumah. Hal ini pun juga lantas membuat sebagian orang berbelanja secara berlebihan atau malah menimbun barang sebagai persiapan bertahan di rumah. Padahal hal tersebut tak semestinya dilakukan. Nah, agar tak perlu sering keluar dan belanja berlebihan, berikut ini ada beberapa jenis makanan awet yang sebaiknya menjadi persediaanmu selama wabah corona. Berikut ulasannya.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Makanan dalam Kalengan

Di tengah wabah corona seperti saat ini, makanan kalengan merupakan pilihan terbaik untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jenis makanan ini biasanya bisa bertahan selama 1 hingga 2 tahun setelah diproduksi.

Makanan kalengan yang bisa kamu jadikan stok seperti olahan ikan, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Meskipun begitu, kamu juga perlu memperhatikan jenis ikan, buah dan sayuran yang baik untuk dikonsumsi sebagai makanan kalengan.

Untuk olahan ikan yang bisa disimpan lama kamu bisa memilih seperti tuna, salmon dan sarden. Buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk mandarin, pir, nanas, peach dan grapefruit cocok jadi pilihan. Sedangkan untuk sayuran, pilihlah yang mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. 

1. Makanan dalam Kalengan
source: https://pixabay.com


 

2. Makanan Alami dengan Masa Simpan Lama

Beberapa jenis makanan alami tentunya juga bisa disimpan dalam masa yang lama. Hal ini seperti telur, rempah-rempah dan beberapa jenis sayuran serta buah-buahan. Untuk buah-buahan segar yang memiliki masa simpan yang agak lama, kamu bisa memilih pisang, jeruk, apel dan lemon. Sedangkan untuk jenis sayuran, pilihlah seperti kentang, wortel dan kol. 

kamu juga dapat mengganti asupan protein dari daging dengan telur. Tak hanya bisa disimpan lama, telur pun dapat diolah dengan berbagai cara, sehingga kamu tak akan menjadi bosan. Untuk rempah-rempah semacam bawang merah dan putih juga bisa disimpan dalam waktu yang lama, asalkan tempat penyimpanannya tidak lembap.

2. Makanan Alami dengan Masa Simpan Lama
source: https://pixabay.com


 

<baca juga>
3. Bumbu Dapur

Bumbu dapur juga harus disediakan dalam jumlah yang cukup di rumah untuk keperluan memasak selama berhari-hari. Bila bumbu dapur segar habis, maka bumbu dapur kering bisa dijadikan pilihan. Kamu bisa menstok rempah-rempah bubuk, penyedap rasa dan beragam jenis saus.

Penting untuk diingat jika kamu ingin menyimpan berbagai barang tersebut, maka pilihlah jenis bumbu yang hanya kamu gunakan. Seperti halnya saus sambal, saus tomat, saus tiram, kecap manis dan kecap asin. Untuk beberapa rempah-rempah bubuk yang bisa kamu simpan seperti bawang putih, lada, cengkeh, kunyit, jahe, ketumbar dan lainnya. Sedangkan penyedap rasa yang perlu kamu sediakan adalah seperti garam, gula pasir, dan bubuk kaldu. 

3. Bumbu Dapur
source: https://pixabay.com


 

4. Makanan Olahan Beku

Tak hanya makanan kalengan yang memiliki daya simpan lama, kamu pun bisa memilih makanan olahan beku sebagai stok. Beberapa makanan olahan beku tersebut terdiri dari sayuran, daging dan berbagai makanan olahan lainnya.  

Untuk jenis makanan beku dari daging, kamu bisa memilih seperti daging ayam atau daging sapi. Untuk makanan olahan lainnya bisa seperti nugget ayam, bakso sapi, bakso ikan, otak-otak dan dimsum. Tak hanya itu, cemilan beku pun bisa menjadi pilihanmu seperti adonan pizza beku, donat, bakpao dan lainnya. Namun jangan sampai berlebihan juga, sesuaikan juga dengan kapasitas freezer di rumahmu.

4. Makanan Olahan Beku
source: https://pixabay.com


 

<baca juga>
5. Makanan Ringan dan Instan

Makanan ringan dan instan yang banyak digemari ini juga merupakan salah satu jenis makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama. Beberapa makanan instan tersebut bisa kamu jadikan sebagai menu sarapan pagi atau lainnya seperti sereal, bubur instan, oatmeal instan, mie, teh, kopi dan sebagainya. Sedangkan cemilan dalam kemasan seperti halnya biskuit, keripik kentang, permen dan sebagainya. 

Meskipun makanan instan tidak bisa memberikan efek kesehatan yang cukup, namun beberapa makanan tersebut bisa membantumu dalam keadaan darurat semacam ini. Walaupun begitu jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan.

5. Makanan Ringan dan Instan
source: https://pixabay.com

Related Articles
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular