Golongan Darah A Lebih Rentan Virus Corona, Benarkah?

Golongan Darah A Lebih Rentan Virus Corona, Benarkah?
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/608d64c0ddcd44cdcbaec15a2ad1bb09.jpeg

Sejumlah penelitian terus dikembangkan untuk mengetahui karakteristik pasti mengenai virus corona. Salah satunya adalah keterkaitan golongan darah dengan infeksi yang ditimbulkan. Baru-baru ini sebuah studi menyebutkan golongan darah A lebih rentan terkena virus corona. Lantas, benarkah hal tersebut?

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Penelitian Golongan Darah Terkait Virus Corona

Penelitian Golongan Darah Terkait Virus Corona

Dilansir dari CNN, sebuah penelitian anyar dilakukan di China untuk mengetahui adanya hubungan golongan darah dengan risiko virus corona. Sebanyak 2 ribu pasien positif corona dari Wuhan dan Shenzhen kemudian dijadikan sampel penelitian. Setelah berhasil mengumpulkan sampel darah, para peneliti kemudian membandingkan sampel darah dari pasien terinfeksi dan sampel dari warga yang sehat.

Golongan Darah A Lebih Rentan Corona

Golongan Darah A Lebih Rentan Corona
source: https://image.freepik.com
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik golongan darah A menunjukkan gejala lebih parah dan tingkat infeksi yang tingi. Untuk itulah, para pemilik golongan darah A disarankan untuk memperkuat imun tubuh dan benar-benar memperhatikan upaya melindungi diri dari serangan virus corona. Selain itu, dijelaskan pula bahwa pasien golongan darah A yang positif corona juga memerlukan pengawasan ekstra ketat dan perawatan lebih intensif. 
 
Berbanding terbalik dengan hal tersebut, pemilik golongan darah O mempunyai risiko lebih rendah secara signifikan untuk virus corona dibandingkan dengan pemilik golongan darah selain O.
<baca juga>
Tidak Berhasil Mengungkap Hubungan Sebenarnya

Tidak Berhasil Mengungkap Hubungan Sebenarnya
source: https://www.freepik.com

Namun sangat disayangkan, penelitian ini tidak dapat mengungkap hubungan pasti golongan darah dengan risiko virus corona. Para peneliti juga mengakui bahwa ini masih studi awal untuk memunculkan lebih banyak penelitian terkait virus corona ke depannya. Meski demikian, para peneliti tetap menghimbau kepada pemerintah dan tenaga medis untuk memberi pertimbangan terkait perbedaan golongan darah pasien.


Baca Juga: Penasaran dengan Kepribadian yang Kamu Miliki? Coba Test Psikologi Ini yuk!

Sampel Penelitian Dinilai Masih Terbatas

Sampel Penelitian Dinilai Masih Terbatas
source: https://www.futurity.org/blood-serum-plasma-therapy-covid-19-2308202-2/
Kritikan datang dari peneliti Gao Yingdai yang berasal dari State Key Laboratory of Experimental Haematology. Menurutnya, sampel penelitian tersebut terlalu kecil sehingga belum bisa mewakili populasi. Ia menyarankan agar penelitian bisa dilakukan lagi dengan jumlah sampel lebih besar. Terlebih lagi saat ini sudah ada lebih dari 180 ribu pasien yang positif corona di berbagai belahan dunia. 
 
Tidak sampai disitu saja, keterbatasan lain yang dinilai dari penelitian tersebut adalah tidak adanya penjelasan komprehensif. Misalnya bagaimana sebenarnya interaksi molekuler dengan virus beserta jenis sel darah merah. 
 
<baca juga>
Pemilik Golongan Darah A Tidak Perlu Panik

Pemilik Golongan Darah A Tidak Perlu Panik
source: https://www.thejakartapost.com/life/2018/11/24/what-to-know-about-golden-blood-the-rarest-type-in-the-world.html

Gao Yingdai menyarankan kepada siapa saja untuk tidak terlalu serius menanggapi hasil penelitian tersebut. Bagi pemilik golongan darah A, tidak perlu panik, sementara pemilik golongan darah O juga tidak boleh merasa aman. Intinya tetaplah menguatkan perlindungan terhadap diri dengan menaati aturan pemerintah serta memperkuat sistem imunitas tubuh.


Baca Juga: Menangkal Virus Corona dengan Jamu Khas Indonesia Untuk Kesehatan Tubuh


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular