Mulai dari Normal sampai Patut Diwaspadai, Berikut 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu!

Mulai dari Normal sampai Patut Diwaspadai, Berikut 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu!
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/0305aa87190f8f569b47d3a7c7265320.jpeg

Keputihan merupakan salah satu kondisi umum yang kerap dialami oleh para wanita. Keputihan ini memiliki warna dan tekstur yang berbeda tergantung dengan kondisi kamu. Meskipun bisa dibilang normal, faktanya ada jenis keputihan yang wajib untuk diwaspadai karena bisa menandakan kamu terkena infeksi lho, Ladies. Untuk lebih jelas lagi, yuk simak artikel ini!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Bening
1. Bening

Ladies, beberapa hari sebelum ovulasi dimulai, lendir serviks akan menjadi licin dan berwarna bening. Oleh karena itu, jika kamu mengalami keputihan jenis yang satu ini maka itu adalah normal. Selain menandakan kesuburan, jenis keputihan ini juga mengandung kalium lho.
 

2. Bertekstur Kering
2. Bertekstur Kering

Jenis keputihan ini akan terjadi selama masa tidak subur dalam sebulan, atau tujuh hari sebelum dan sesudah siklus menstruasi kamu, Ladies.
Jenis keputihan ini memiliki tekstur kering yang bisa membuat kamu merasakan bagian vulva menjadi kering. Keputihan ini keluar bertujuan untuk menghalangi sperma untuk masuk ke dalam rahim.
 

<baca juga>
3. Bertekstur Putih Telur
3. Bertekstur Putih Telur

Cairan keputihan ini memiliki tekstur mirip seperti putih telur dan terjadi ketika mendekati masa ovulasi. Berbeda dari jenis keputihan yang bertekstur kering, jenis keputihan yang seperti putih telur ini akan membuat kamu merasa basah tepat di bagian vulva.
 
Untuk jenis keputihan satu ini merupakan hal yang normal ya, Ladies. Justru kondisi ini menandakan kamu sedang dalam masa ovulasi yang baik. Jika kamu mengalami siklus menstruasi 28 hari, maka kamu akan mengalami jenis keputihan ini di antara hari ke-12 dan ke-16. Jika keputihan bertekstur kering bertujuan untuk menghalangi masuknya sperma, justru keputihan jenis ini dapat membantu sperma untuk masuk ke dalam rahim.
 

4. Bertekstur Creamy
4. Bertekstur Creamy

Jika kamu merasakan pada bagian vulva terasa lengket dan basah, maka hal ini disebabkan oleh kadar ekstrogen mulai naik sehingga leher rahim akan menghasilkan cairan lebih banyak. Keputihan jenis ini terjadi di antara ovulasi dan masa tidak subur, jika siklus menstruasi kamu 28 hari, maka kamu akan mengalami keputihan normal ini di antara hari ke-7 dan ke-11.

<baca juga>
5. Berwarna Putih
5. Berwarna Putih

Pada awal atau akhir siklus menstruasi, kamu akan mengalami jenis keputihan yang satu ini, Ladies. Meskipun normal, jika kamu mengalami rasa gatal dan tekstur keputihan ini seperti keju cottage, maka kamu wajib waspada lho. Kondisi ini bisa menandakan kamu tertular infeksi ragi.
 

6. Berwarna Kuning
6. Berwarna Kuning

Untuk jenis keputihan yang satu ini kamu patut wasapada ya, Ladies. Warna kuning pada keputihan kamu bisa menyebabkan infeksi. Selain berwarna kuning dan bertekstur tebal, keputihan jenis ini juga bisa menimbulkan bau busuk yang menandakan adanya infeksi pada vagina. Selain itu, kondisi ini juga bisa berpeluang terkena trikomoniasis, yang merupakan infeksi menular seksual.
 
Selain berwarna kuning, keputihan yang berwarna hijau atau bahkan cokelat juga perlu kamu waspadai, Ladies. Jika keputihan ini sudah disertai rasa gatal, bau, dan nyeri pada panggul, maka sebaiknya segera periksa ke dokter ya.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular