Agar Tidak Salah Penanganan, Pahami Perbedaan Jenis-Jenis Jerawat Ini

Agar Tidak Salah Penanganan, Pahami Perbedaan Jenis-Jenis Jerawat Ini
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/04f0890a481250fe124b96410f460fc2.jpeg

Apa yang kamu bayangkan saat membayangkan jerawat? Mungkin adalah sebuah benjolan kecil berwarna merah yang muncul di kulit. Tapi, jerawat memiliki bentuk dan tampilan yang lebih dari itu. Jerawat juga memiliki beberapa bentuk lainnya tergantung dari jenisnya. Mungkin kamu juga pernah mengalami beberapa jenis jerawat yang berbeda. Untuk itu, simak ulasan mengenai 5 jenis jerawat yang berbeda berikut ini.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!


Jenis-Jenis Jerawat

Jerawat pada umumnya terjadi akibat dari pori-pori kulit yang tersumbat. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh produksi minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran debu dan polusi, serta infeksi dari bakteri. Tidak hanya itu, jerawat pun ada yang muncul disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Banyaknya faktor penyebab ini menjadikan ada dua kelompok jerawat yang dapat muncul, yaitu jerawat noninflamasi serta jerawat inflamasi.
 

1. Blackhead dan Whitehead

Kamu tentu sudah familiar dengan keberadaan komedo, bukan? Siapa sangka, komedo yang selama ini mengganggu tampilan ternyata merupakan bagian dari jerawat, lho. Komedo hitam (blackhead) merupakan benjolan kecil berwarna hitam yang muncul pada permukaan kulit wajah. Komedo hitam ini biasanya terjadi karena pori-pori tersumbat oleh minyak (sebum) serta sel-sel kulit mati.

Komedo hitam ini biasanya tampak seperti bintik-bintik hitam. Pasalnya, bagian atas pori-pori kulit masih berada dalam kondisi terbuka, dan sumbatan terdapat di bagian bawahnya. Nah, kalau whitehead, penyumbatan pori-pori biasanya terjadi seluruhnya. Itulah sebabnya tampilan jerawat putih ini biasanya hanya merupakan benjolan putih. Namun, penyebabnya tetap sama, yaitu penyumbatan dari minyak dan kotoran.

Agar Tidak Salah Penanganan, Pahami Perbedaan Jenis-Jenis Jerawat Ini
source: https://www.laserkabinet.be
<baca juga>

2. Papula

Papula merupakan salah satu jenis jerawat yang berada di bawah permukaan kulit. Jerawat ini biasanya bisa dirasakan dengan tangan berupa benjolan yang padat dan terasa nyeri. Dari luar, kulit yang akan tampak seperti bengkak kemerahan. Namun, jerawat ini biasanya tidak punya titik nanah di ujungnya. Papula ini dapat terjadi akibat dari bleakhead dan whitehead yang mengalami iritasi.
 

Agar Tidak Salah Penanganan, Pahami Perbedaan Jenis-Jenis Jerawat Ini
source: https://www.orami.co.id/

3. Pustula

Pustula merupakan salah satu jenis jerawat yang muncul dalam bentuk benjolan besar dan lunak. Biasanya jerawat ini mempunyai bagian sekitarnya yang berwarna kemerahan dan puncaknya putih atau kekuningan. Warna itu berasal dari nanah yang ada di dalamnya. Jerawat jenis ini muncul akibat dari infeksi bakteri. Nanah yang ada muncul karena sel imun bekerja melawan infeksi itu.
 

Agar Tidak Salah Penanganan, Pahami Perbedaan Jenis-Jenis Jerawat Ini
source: https://www.medicalnewstoday.com/
<baca juga>

4. Nodul

Nodul merupakan sejenis jerawat inflamasi yang muncul di bawah kulit. Biasanya jerawat ini akan menimbulkan rasa nyeri. Jerawat nodul biasanya tampak seperti seperti papula dengan bentuk yang lebih besar tanpa puncak putih. Nodul muncul akibat dari pori-pori kulit yang tersumbat yang kemudian terinfeksi bakteri. Setelah jerawat hilang, biasanya akan ada bekas jerawat yang berwarna merah gelap. 
 

Agar Tidak Salah Penanganan, Pahami Perbedaan Jenis-Jenis Jerawat Ini
source: https://www.dermloudoun.com/

5. Jerawat Kistik

Jerawat kistik juga banyak dikenal dengan nama jerawat batu. Jerawat ini muncul jauh di lapisan kulit yang dalam. Biasanya, jerawat batu ini disebabkan penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati yang diikuti dengan infeksi bakteri. Tampilan luar dari jerawat ini akan tampak seperti benjolan merah besar dengan tekstur lunak. Tekstur lunak ini berasal dari isi jerawat, yaitu nanah. Jika disentuh jerawat ini akan terasa sakit. 
 

Agar Tidak Salah Penanganan, Pahami Perbedaan Jenis-Jenis Jerawat Ini
source: https://skinkraft.com/


Itulah lima jenis jerawat yang perlu kamu ketahui. Pada umumnya, hal terpenting untuk mengatasi jerawat adalah dengan menjaga kulit tetap bersih agar infeksi tidak bertambah parah. Jika sudah sangat mengganggu, kamu sebenarnya dapat mengonsultasikan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular