Jangan Anggap Remeh, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Telinga Budek Lho!

Jangan Anggap Remeh, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Telinga Budek Lho!
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/899a485cf658f4f5cb6c98ad5adb2299.jpeg

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang sangat sensitif. Banyak organ-organ penting di dalam telinga yang harus dijaga dan dibersihkan dengan hati-hati. Nah, berikut ini terdapat 7 kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, namun bisa membahayakan telinga dan membuat kehilangan pendengaran.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Menggunakan Cotton Bud
1. Menggunakan Cotton Bud

Cotton bud ​​memang digunakan sebagai alat pembersih telinga. Namun sayangnya, membersihkan telinga menggunakan cotton bud justru mengakibatkan kotoran yang ada di dalam telinga menggumpal dan terhenti. Hal ini sendiri tak lain karena biasanya kotoran telinga cenderung lengket. 
 

2. Menggunakan Obat Tetes Telinga
2. Menggunakan Obat Tetes Telinga

Kegunaan obat tetes telinga memang ditujukan untuk membersihkan telinga. Akan tetapi, menggunakan obat tetes telinga untuk menghentikan telinga berdengung dan masalah telinga lainnya dengan cara yang tidak tepat, justru akan menimbulkan masalah yang serius lho. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu fungsi dan efek samping obat tetes telinga tersebut.
 

<baca juga>
3. Menggunakan Ear Candle
3. Menggunakan Ear Candle

Membersihkan kotoran pada telinga dengan menggunakan metode ear candle dapat merusak sistem pendengaran lho. Meskipun kotoran telinga yang keluar banyak, telinga akan menjadi lembap dan meninggalkan bakteri yang malah semakin merusak liang telinga.
 

4. Menggunakan Earphone
4. Menggunakan Earphone

Penggunaan earphone sendiri memang berfungsi untuk membuat suara lebih keras. Akan tetapi, hal itu malah membuat perubahan dalam sistem pendengaran lho. Karena akibat dari hal tersebut pun kamu menjadi terbiasa mendengarkan suara yang dekat dan keras layaknya menggunakan earphone. 
 

<baca juga>
5. Mengonsumsi Obat-obat Jenis Tertentu
5. Mengonsumsi Obat-obat Jenis Tertentu

Beberapa obat jenis tertentu ternyata memiliki efek samping yang menyebabkan gangguan pendengaran. Obat-obat tersebut seperti obat pereda rasa nyeri, antibiotik, dan obat kemoterapi berbasis platinum. Oleh karena itu, sebaiknya tetap berhati-hati dalam menggunakan berbagai obat kimia.
 

6. Mengendarai Mobil Terbuka
6. Mengendarai Mobil Terbuka

Mengendarai mobil yang terbuka biasanya memang membutuhkan suara dengan level tertentu agar orang disebelah kita mampu mendengar percakapan secara jelas. Namun, tekanan dan paparan yang ada terhadap telinga secara berulang-berulang justru malah menyebabkan kehilangan pendengaran secara permanen lho. 
 

7. Merokok
7. Merokok

Terdapatnya kandungan nikotin di dalam rokok membuat pembuluh darah menyusut. Hal ini sendiri akan membuat kapiler kecil yang melayani telinga akan menjadi bermasalah, sedangkan hal terburuknya bisa berakibat seseorang kehilangan pendengaran secara bertahap.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular