Hati-Hati! Ini Dia Letak Jerawat yang Tidak Boleh Dipencet

Hati-Hati! Ini Dia Letak Jerawat yang Tidak Boleh Dipencet
source: https://i.ytimg.com/vi/l1klys-g_hI/maxresdefault.jpg

Memencet jerawat ternyata dapat memperburuk kondisi kulit, lho! Untuk itu, simak ulasan tentang cara mengobati jerawat dan letak-letak jerawat yang tidak boleh dipencet berikut ini.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Saat jerawat muncul, kita kerap kali tidak sabar dan tergoda untuk memencetnya agar cepat "sembuh." Sayangnya, itu semua malah dapat mendorong bakteri masuk lebih dalam ke dalam kulit hingga berisiko menyebabkan pembengkakan dan kemerahan yang lebih parah.

Memencet jerawat juga berisiko menimbulkan bopeng dan mungkin meninggalkan bekas berlubang atau bekas luka permanen. Itulah sebabnya bersabar adalah kunci utama dalam menghadapi jerawat. Biarkan mereka tumbuh dan hilang dengan sendirinya. Untuk itu, simak ulasan tentang cara mengobati jerawat dengan cepat dan tepat tanpa dipencet berikut ini.


 


Cara Mengobati Jerawat

Mengatasi jerawat yang membandel memang sangat menjengkelkan. Saat satu jerawat mulai sembuh, biasanya akan muncul lagi satu atau bahkan lebih di bagian yang lain. Namun, itulah tantangan utama yang harus dihadapi, yaitu kesabaran. Kunci utama dari penanganan jerawat yang tepat adalah bersabar tanpa mengharapkan hasil yang instan dan super cepat. Kamu juga harus menghindari kebiasaan memencet jerawat karena itu akan memperparah kondisi jerawat yang ada.
 

Hati-Hati! Ini Dia Letak Jerawat yang Tidak Boleh Dipencet
source: https://www.cosmopolitan.com/


 

<baca juga>


Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat yang membandel:

1. Berikan waktu 1 bulan saat menggunakan sebuah produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Sadari bahwa mengganti produk setiap beberapa hari akan memperburuk kondisi jerawatmu. Biarkan satu produk berproses dalam waktu setidaknya 4 minggu untuk memperlihatkan hasil yang lebih optimal.
 
Hati-Hati! Ini Dia Letak Jerawat yang Tidak Boleh Dipencet
source: https://www.thriveglobal.com/


2. Cari tahu penyebab jerawat yang kamu miliki. Tiap orang memiliki jerawat dengan penyebab yang berbeda-beda. Itulah sebabnya, memilih produk perawatan yang tepat berdasarkan masalah kulit yang ada menjadi sangat penting. Berikut ini adalah beberapa bahan aktif yang berperan dalam fungsi berbeda saat menghadapi jerawat:

  • Benzoil peroksida mengatasi bakteri penyebab jerawat
  • Retinoid membuka pori-pori dan mengurangi minyak di kulit
  • Asam salisilat meredakan peradangan dan meringankan sumbatan pori-pori


3. Selalu rutin membersihkan kulit wajah setelah berkeringat. Sadari bahwa kebersihan kulit adalah hal penting untuk menjaga kulit terhindar dari jerawat. Untuk itu, pastikan agar selalu membersihkan kulit setiap bagun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Hal ini juga penting agar dapat menghindari penumpukkan kotoran dan bakteri di pori-pori yang nantinya dapat menyebabkan jerawat.
 

Hati-Hati! Ini Dia Letak Jerawat yang Tidak Boleh Dipencet
source: https://www.cleanprogram.com/


 

<baca juga>


4. Jangan pernah memencet jerawatmu. Memencet jerawat mungkin terlihat seperti cara tercepat untuk mengatasi dan membersihkannya. Padahal memencet jerawat sebenarnya dapat memperburuk keadaan. Ketahui juga bahwa setiap kali kamu menyentuh, menggaruk, atau memencet, itu sama saja kamu sedang memperburuk kondisi jerawatmu. Apalagi pada beberapa bagian wajah seperti dahi, hidung, dan pipi, jerawat yang dipencet akan menjadi semakin parah dan berbekas.
 

Hati-Hati! Ini Dia Letak Jerawat yang Tidak Boleh Dipencet
source: https://www.drbatras.com/


Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu pahami saat ingin mengatasi masalah jerawat. Jika memang sudah sangat buruk, kamu lebih disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dermatologis. Dokter ahli kulit akan mampu memberikan penanganan dan solusi terbaik untuk masalah jerawatmu.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular