Mana yang Lebih Bagus untuk Kulit, Produk Skincare yang Mengandung AHA atau BHA?

Mana yang Lebih Bagus untuk Kulit, Produk Skincare yang Mengandung AHA atau BHA?
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/27d0a17ff18094d4e1d51247561bb35a.jpeg

Diformulasikan untuk mengatasi komedo, pengangkatan sel kulit mati, hingga melembapkan kulit wajah yang kering, tentu saja menjadikan kedua kandungan ini cukup diminati. Nah, kira-kira antara kandungan AHA dan BHA ini mana yang paling bagus ya? Yuk simak artikel ini!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Apa itu AHA dan BHA?
Apa itu AHA dan BHA?
source: https://www.instagram.com/bybluten/

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) merupakan senyawa asam yang cukup efektif untuk eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati pada wajah. AHA memiliki komponen pelembap dan dapat larut dalam air. Sementara itu, BHA kebalikan dari AHA, dimana komponen pada BHA memiliki sifat mengeringkan. BHA dapat larut dalam minyak, karena memiliki sifat komponen yang merupakan susunan lemak.
 

Kandungan AHA
Kandungan AHA

Bentuk lain dari AHA ialah glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, dan citric acid. Umumnya, AHA banyak ditemukan pada produk skincare seperti pelembap dan anti-aging yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit yang kering. Beberapa studi menunjukkan penggunaan AHA bisa menyebabkan iritasi jika wajah terkena paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, produk yang mengandung AHA ini lebih baik digunakan di malam hari, Ladies, selain menjauhkan kamu dari iritasi, kandungan pelembap dalam AHA sangat dibutuhkan kulit selama beregenerasi di malam hari. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pastikan produk skincare kamu mengandung AHA dengan konsentrat sekitar 5-10%.
 

<baca juga>
Kandungan BHA
Kandungan BHA

Kandungan lain dari BHA yang paling umum ditemukan ialah salicylic acid. Karena komponen pada BHA yang mudah larut dalam minyak, maka saat penggunaannya tidak perlu menunggu kulit kering setelah membersihkan wajah menggunakan toner. Produk skincare yang mengandung BHA biasanya diformulasikan khusus untuk kulit berminyak atau berjerawat.

Kandungan BHA lebih juara dalam mengatasi jerawat, komedo, kulit berminyak, dan mencegah peradangan pada kulit. Berbeda dari AHA, kandungan BHA terbilang cukup aman jika digunakan pada siang atau malam hari. Agar bekerja lebih efektif, pastikan produk skincare kamu mengandung BHA dengan konsentrat sekitar 1-4%.
 

Mana yang Lebih Bagus, AHA atau BHA?
Mana yang Lebih Bagus, AHA atau BHA?

Ya, meskipun AHA dan BHA sama-sama bekerja untuk membantu proses eksfoliasi, faktanya kedua kandungan ini memiliki komponen yang berbeda. Oleh karena itu, pemilihan penggunaan kedua produk ini harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah kamu ya, Ladies.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular