4 Langkah Mengurangi Sampah Kecantikan

4 Langkah Mengurangi Sampah Kecantikan
source: https://i.ytimg.com/vi/QzyamlOdpIs/maxresdefault.jpg

Sampah yang bisa merugikan lingkungan ternyata tidak hanya dihasilkan dari sektor industri dan rumah tangga saja. Sampah kecantikan sekarang sudah mulai berdampak buruk bagi lingkungan. Jika tidak ada usaha untuk mengurangi, maka global warming akan semakin mengancam kehidupan di bumi. Tidak perlu melakukan hal yang sulit, empat langkah sederhana ini bisa menjadi awal yang baik.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Kurangi Penggunaan Kapas

1. Kurangi Penggunaan Kapas
source: http://www.heartbeadsusy.blogspot.com/

Hampir semua wanita memiliki kapas di meja riasnya. Benda yang satu ini sering digunakan untuk membersihkan makeup atau kotoran pada wajah. Dengan kegunaan yang begitu penting, penggunaan kapas dalam sekali pakai bisa menghabiskan beberapa helai sekaligus. Kebiasaan ini memang terlihat sederhana, tapi siapa sangka menggunakan kapas dalam jangka waktu yang lama menjadi ancaman untuk lingkungan.

Dilansir dari Femaledaily.com, kebiasaan memakai kapas sebenarnya bisa ditinggalkan. Membersihkan wajah bisa menggunakan cleansing oil atau cleansing balm yang bisa diaplikasikan dengan tangan. Sedangkan penggunaan toner juga bisa dituang langsung pada tangan lalu ditepuk ke wajah. Manfaat produk pembersih atau toner akan tetap maksimal tanpa kapas.

2. Gunakan Produk Ramah Lingkungan

2. Gunakan Produk Ramah Lingkungan
source: https://www.sustaination.id

Besarnya masalah sampah di masa sekarang merupakan kontribusi dari penggunaan produk sekali pakai. Terlebih produk-produk semacam itu terbuat dari bahan yang sulit terurai, misalnya saja pemakaian pembalut yang pasti rutin dihabiskan setiap bulan. Akumulasi penggunaan pembalut dari waktu ke waktu sudah pasti menghasilkan dampak buruk.

Sebagai solusinya sekarang sudah banyak tersedia menstrual cup yang bisa mengurangi penggunaan pembalut secara signifikan. Alat tersebut bisa digunakan berkali-kali sehingga tidak akan menghasilkan sampah. Jika belum berani menggunakan menstrual cup, kamu bisa mencoba menstrual pad yang juga ramah lingkungan.

<baca juga>
3. Pilih Produk Packaging Free

3. Pilih Produk Packaging Free
source: https://www.umma.id/

Sudah menjadi pemandangan umum bahwa semua produk kecantikan mulai dari makeup dan skincare menggunakan produk plastik. Tidak hanya itu, produk perawatan tubuh lain seperti sabun, shampo dan body lotion juga pasti dikemas dalam wadah plastik. Hal ini juga tentu semakin memperparah permasalahan sampah di mana-mana.

Ada cara sederhana untuk mengurangi sampah plastik dari produk kecantikan, yaitu dengan membeli produk packaging free. Saat ini sudah banyak brand yang menyediakan layanan isi ulang bagi produk-produknya. Bahkan kamu juga bisa membawa sendiri wadah dari rumah dan tidak meminta kantong saat belanja untuk langkah nyata mewujudkan Jakarta bebas kantong plastik.

4. Coba Reusable Sheet Mask

4. Coba Reusable Sheet Mask
source: https://www.spy.com/

Sheet mask juga masuk dalam kategori produk kecantikan sekali pakai. Belum lagi kemasannya kebanyakan terbuat dari plastik. Mulai tinggalkan sheet mask berkonsep single use ini dan beralihlah ke reusable sheet mask yang lebih aman bagi lingkungan. Penggunaan reusable sheet mask ini dipercaya sama efektifnya dengan sheet mask sekali pakai.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular