Coffee Guide: Mengenal Berbagai Macam Minuman Kopi

Coffee Guide: Mengenal Berbagai Macam Minuman Kopi
source: http://www.bodybuilding.com/fun/images/2014/coffee-mythbusters_graphics-1.jpg

Bingung menentukan pilihan minuman pada saat ke coffee shop? Minuman berbahan dasar kopi memang banyak macamnya dan bisa jadi sangat membingungkan bagi mereka yang awam mengenai varian minuman ini. Berikut merupakan beberapa jenis minuman kopi yang sering kita temui di coffee shop, yang mungkin bisa membantumu dalam menentukan minuman kopi yang pas untukmu.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Espresso
Komposisi: kopi + air panas
Espresso merupakan minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan cara menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi.
Istilah umum yang digunakan untuk takaran kopi adalah "shot", dan 1 shot kira-kira sama dengan 7-8 gram kopi. Minuman espresso biasanya terdiri dari 1 shot kopi (disebut juga single shot), sedangkan doppio merupakan minuman yang terdiri dari 2 shot, dan triplo terdiri dari 3 shot kopi.
Americano
Komposisi: 1/3 espresso + 2/3 air panas
Pada awalnya minuman ini berasal dari tentara-tentara Amerika di Italia pada masa Perang Dunia I yang menganggap espresso ala Italia terlalu pahit. Akhirnya, single shot espresso ditambahkan dengan air panas dan terciptalah Americano. Rasa dari minuman ini tidak jauh berbeda dengan pure espresso, hanya saja teksturnya yang lebih encer.
Latte
Komposisi: 1/4 espresso + 3/4 susu (steamed milk) + microfoam
Latte atau yang dikenal juga dengan istilah cafe latte merupakan minuman yang terdiri dari espresso, susu (steamed milk), dan sedikit lapisan microfoam. Microfoam atau yang bisa disebut dengan milk foam merupakan busa yang dihasilkan dari susu yang telah dipanaskan.
Minuman ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir tahun 1950 oleh Lino Meirion yang merupakan pemilik sebuah cafe. Saat itu ada seorang pengunjungnya yang tidak terbiasa dengan rasa cappucino tradisional yang tajam sehingga meminta lebih banyak susu untuk dicampur dengan kopi tersebut, maka terciptalah cafe latte.
Cappuccino
Komposisi: 1/3 espresso + 1/3 susu (steamed mik) + 1/3 microfoam
Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman kopi yang paling populer. Cappucinno memiliki komposisi dengan perbandingan yang sama antara kopi, susu, dan busa susu. Tekstur busa yang dihasilkan sedikit berbeda dengan latte. Cappuccino memiliki busa lebih banyak dan dengan teknik pembuatan yang benar maka busa yang dihasilkan akan terasa sangat lembut.
Mocha
Komposisi: 1/3 espresso + 2/3 susu (steamed milk) + cokelat
Caffe mocha atau yang bisa disebut dengan mochaccino ini hampir mirip dengan latte dan cappuccino, tapi ditambahkan sirup ataupun bubuk cokelat. Di beberapa kedai kopi ada juga yang menambahkan topping whipped cream, dan minuman ini bisa disajikan hangat ataupun dingin.
Caffe Macchiato
Pada dasarnya minuman ini merupakan espresso yang ditambahkan dengan susu. Tapi ada dua macam macchiato, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.
Komposisi espresso macchiato: 4/5 espresso + 1/5 microfoam
Komposisi latte macchiato: 3/8 susu (steamed milk) + 1/8 espresso +1/2 microfoam
Cafe au Lait
Komposisi: 1/4 kopi hitam + 3/4 susu (steamed milk)
Cafe au lait yang dalam bahasa Perancis berarti kopi susu ini hampir serupa dengan caffe latte, hanya saja kopi yang digunakan berbeda.
Frappe
Minuman ini pertama kali diciptakan pada September 1957 oleh Dimitrios Vakondios secara tidak sengaja. Pada saat diadakannya Pameran Internasional Thessaloniki, Dimitrios yang merupakan seorang penjual produk Nestle tidak dapat menemukan air panas untuk membuat kopi. Akhirnya ia memutuskan untuk membuat minuman dingin dengan mengocok campuran dari kopi instan, minuman cokelat dan sedikit air dingin.
Brand starbuck memiliki minuman yang disebut dengan frappuccino, yang merupakan gabungan dari frappe dan cappuccino. Biasanya minuman ini ditambahkan dengan topping lain seperti whipped cream pada bagian atasnya.
Affogato
Komposisi: espresso + gelato
Affogato yang dalam bahasa Italia memiliki arti "tenggelam" ini merupakan minuman kopi yang diberi 1 scoop es krim vanilla. Cara terbaik penyajian minuman ini adalah dengan memasukkan es krim terlebih dahulu, kemudian espresso dituangkan di atasnya.
Irish Coffee
Komposisi: kopi + Irish whiskey + gula
Minuman yang berasal dari Irlandia ini selain mengandung kopi, whiskey, gula (biasanya menggunakan brown sugar), biasanya juga disertai double cream. Namun kini ada banyak varian Irish coffee, ada pula yang menambahkan whipped cream sebagai topping.
Semoga daftar di atas bisa membantumu menentukan pilihan minuman kopi yang pas untukmu ya!

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular