Bagi Penderita Maag, Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Asam Lambung Ini

Bagi Penderita Maag, Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Asam Lambung Ini
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/5bd3f879c8778dfaf802b9e27b2f3e99.jpeg

Kamu pasti setuju bahwa pola makan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh setiap orang. Pola makan yang sehat tentunya juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat serta bugar ya, ladies. Makanan dan minuman yang kamu konsumsi pasti punya manfaatnya masing-masing untuk tubuh. Namun, jika kamu memiliki penyakit maag, hindari makanan dan minuman penyebab asam lambung di bawah ini, ladies.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng atau biasa kita sebut dengan gorengan memang sangat sulit untuk ditolak ya, ladies. Namun, dibalik rasanya yang lezat tersebut ternyata gorengan merupakan salah satu makanan yang bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung. Kandungan lemaknya yang tinggi dapat merangsang melemahnya otot pada katup kerongkongan. Akibatnya asam lambung bisa dengan mudah naik dan menjalar ke ulu hati, dada, hingga kerongkongan.

1. Makanan yang digoreng


 

2. Makanan pedas

Makanan pedas sering menjadi penyebab gangguan pencernaan seperti mulas dan diare. Ternyata makanan pedas yang berasal dari cabai juga bisa memperparah kondisi lambung lho. Cabai memiliki kandungan zat bernama capsaicin. Capsaicin adalah ekstrak alkaloid yang memberikan rasa pedas yang khas pada cabai.

Ternyata, capsaicin bisa memperlambat kerja sistem pencernaan, di mana pada orang yang sedang mengalami maag akan semakin memperburuk kondisinya. Begini, ketika laju sistem pencernaan melambat, otomatis proses pencernaan makanan pun memakan waktu yang lebih lama.

2. Makanan pedas


 

<baca juga>
3. Buah yang terlalu asam

Buah yang memiliki kandungan terlalu asam bisa melukai lambung. Kandungan asam pada buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, maupun jeruk bali dan berbagai buah-buah yang termasuk ke dalam kelompok citrus dapat menyebabkan rasa mulas yang terasa seperti terbakar, dan sangat berhubungan dengan penyakit maag.

3. Buah yang terlalu asam
source: https://pixabay.com/


 

4. Daging yang berlemak

Sama halnya dengan gorengan, daging yang memiliki kandungan lemak yang tinggi juga dapat memicu naiknya asam lambung. Daging berlemak tinggi dapat membuat otot pada katup kerongkongan (esofagus) bagian bawah melemah. Kondisi ini tentu akan membuat katup kerongkongan mudah terbuka, sehingga memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Daging dengan lemak tinggi juga memiliki waktu yang lama untuk dicerna, secara tidak langsung akan merangsang naiknya produksi asam lambung.

4. Daging yang berlemak


 

<baca juga>
5. Kopi

Penderita maag biasanya memang tidak dianjurkan meminum kopi. Hal ini dikarenakan kandungan kafein di dalamnya terbukti dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Karenanya, asam lambung pun bisa dengan leluasa naik kembali ke kerongkongan, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi kopi, ya!

5. Kopi
source: https://unsplash.com/


 

6. Susu dengan kandungan lemak yang tinggi

Tidak hanya makanan berlemak, kamu juga perlu menghindari susu tinggi lemak ya, ladies. Produk yang mengandung lemak yang tinggi ini akan menyebabkan refluks asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Sebaiknya, pilihlah susu rendah lemak atau low fat. 
 

6. Susu dengan kandungan lemak yang tinggi
source: https://unsplash.com/


 

7. Minuman bersoda

Soda memang terasa segar jika diminum di cuaca panas. Namun ternyata soda dan minuman berkarbonasi juga berperan dalam memicu peningkatan asam lambung. Minuman ini dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah, yang kemudian membuat asam lambung naik. Sebaiknya hindari minuman ini dan pilihlah jenis minuman yang lebih sehat ya, ladies.

7. Minuman bersoda
source: https://unsplash.com


Itu dia beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu kenaikan asam lambung. Hal yang perlu diingat adalah kesehatan tubuhmu merupakan hal yang penting ya ladies. Maka dari itu, sebaiknya mulailah menjaga pola makan.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular