5 Makanan Pencegah Kanker Getah Bening

5 Makanan Pencegah Kanker Getah Bening
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/afbd90e541ef2227fd27d4c8f79c0710.jpeg

Kanker getah bening adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang ditandai dengan pembekakkan kelenjar getah bening. Penyakit ini muncul ketika jumlah sel-sel limfosit atau sel darah putih di kelenjar getah bening menjadi ganas.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Artis perempuan senior Ria Irawan sudah cukup lama mengidap kanker getah bening. Baru-baru ini, penyakit tersebut kembali kambuh menyerang tubuhnya. Meski begitu, demikian ada beberapa makanan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker getah bening. Apa saja?

Makanan Fermentasi

Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan usus dan mengatur keseimbangan pH serta menjaga saluran pencernaan. Asam laktat alami dan enzim fermentasi yang diproduksi selama proses fermentasi memiliki efek yang menguntungkan pada metabolisme dan efek yang baik untuk menghambat pertumbuhan penyakit kanker.

​​​​​​​Yogurt merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi. Beberapa produk minuman fermentasi yang banyak dijual di pasaran juga dapat menjadi pilihan. Selain itu ada pula pilihan makanan fermentasi lain seperti sauerkraut, kefir, kombucha dan tempe.

<baca juga>
Anggur

Anggur

Anggur terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan anti oksidan tinggi. Manfaat yang bisa didapat dari buah anggur ada di dalam daging dan kulitnya. Satu buah anggur merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan asupan polifenol yang disebut resveratrol.

Resveratrol telah teruji dapat menghambat pertumbuhan kanker dan tumor pada kelenjar getah bening, hati, lambung dan payudara. Oleh sebab itu anggur sangat cocok dikonsumsi oleh pengidap kanker kelenjar getah bening. 

Kunyit

Kunyit

Kunyit memiliki zat kurkumin yang aktif berperan mengurangi peradangan dan membantu tubuh mendeteksi dan menghancurkan sel-sel kanker yang bermutasi. Kadangkala kanker menyerang tidak hanya satu organ tubuh. Zat kurkumin berguna untuk mencegah agar kanker tidak semakin menyebar ke anggota tubuh lain. 

Kunyit dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dalam bumbu makanan. Salah satu cara mengonsumsi kunyit secara langsung adalah dengan mengolahnya menjadi minuman segar seperti kunyit asam. Di India, kunyit hampir selalu digunakan dalam setiap bumbu makanan. Sebuah penelitian telah menyebutkan bahwa orang India terbukti memiliki presentasi penyakit kelenjar getah bening 10 kali lebih rendah dibandingkan dengan negara lainnya.

<baca juga>
Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Sayur dapat merupakan salah satu makanan yang dapat dimasukan ke dalam menu harian. Untuk pengidap kanker getah bening, pilih sayuran  dengan dominan warna hijau. Menurut AICR, dalam sayuran hijau terdapat kandungan karotenoid yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Sayuran hijau sangat ampuh menjadi anti oksidan dan anti peradangan. 

 

 

Kedelai

Kedelai

Kedelai mengandung serat yang cukup tinggi. Bukan hanya kanker getah bening, kedelai cukup baik dikonsumsi oleh para pengidap kanker lain pula. Akan tetapi yang menjadi catatan penting hindari kedelai transgenik dan memilih kedelai organik. 

Nah, kelima makanan yang sudah diulas di atas juga baik loh dikonsumsi oleh siapapun. Tidak harus mengidap kanker, ladies yang merasa sehat juga dapat mengonsumsi makanan atau minuman tersebut sebagai langkah awal mencegah kanker. 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular