Wajib Tahu, Ternyata Ini Manfaat Bunga Kencana Ungu bagi Kesehatan!

Wajib Tahu, Ternyata Ini Manfaat Bunga Kencana Ungu bagi Kesehatan!
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/5d64a2fdd895e87528bf4bd8008c8eaf.jpeg

Bunga kencana ungu atau memiliki nama latin Ruellia Tuberosa merupakan salah satu tanaman liar yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho! Berikut manfaat-manfaat dari bunga berwarna ungu ini!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Mengatasi Gatal
1. Mengatasi Gatal

Ladies, meskipun rasa gatal merupakan hal yang lumrah terjadi namun jika rasa gatal ini terjadi dalam waktu yang lama pastinya sangat mengganggu kenyamanan hingga merusak kulit kamu. Nah, bunga kencana ungu bisa kamu manfaatkan untuk mengobati gatal pada kulit kamu. Caranya, cuci bersih bunga kencana ungu lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu balurkan pada area kulit kamu yang gatal-gatal.
 

2. Mengobati Batuk
2. Mengobati Batuk

Batuk memang menjadi salah satu penyakit ringan yang sangat menyiksa kita, Ladies. Nah, agar batuk tidak semakin parah dan membuat kamu semakin tersiksa, cobalah minum ramuan dari bunga kencana ungu. Untuk rebusan bunga kencana ungu ini, kamu juga bisa menambahkan madu agar lebih enak.
 

<baca juga>
3. Menyembuhkan Peradangan
3. Menyembuhkan Peradangan

Secara tradisional, akar dari bunga kencana ungu ini memiliki khasiat sebagai minuman herbal untuk mengobati luka lambung dan usus dua belas jari. Untuk membuat ramuan ini, kamu harus menjemur akar bunga kencana ungu di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering, haluskan akar bunga ini lalu rebus ke dalam air. Kemudian minumlah ramuan ini dalam kondisi yang hangat.
 

4. Mengobati Diabetes
4. Mengobati Diabetes

Untuk mengobati diabetes basah, daun pada bunga kencana warna ungu juga bisa membuat luka menjadi kering. Ambil beberapa daun bunga kencana ungu, lalu cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu balurkan pada area luka.
 
Untuk pengidap diabetes kering, daun bunga kencana ungu harus di jemur hingga kering. Nah, daun kering inilah yang akan direbus dan dijadikan teh. Teh dari daun bunga kencana ungu ini harus diminum setiap pagi dan sore hari.
Selain daun kering, ternyata daun yang tidak kering juga bisa kamu gunakan untuk membuat teh sebagai ramuan untuk mengobati diabetes kering secara herbal.
 

<baca juga>
5. Mencegah Hipertensi
5. Mencegah Hipertensi

Untuk mencegah hipertensi, kamu bisa memanfaatkan 12 bunga segar kencana ungu sebagai minuman. Caranya, kamu hanya perlu merebus 12 bunga kencana ungu yang segar dalam satu liter air. Nah, hasil dari rebusan bunga kencana ungu inilah yang harus kamu minum di pagi dan sore hari.
 

6. Mengobati Saluran Kemih dan Ginjal
6. Mengobati Saluran Kemih dan Ginjal

Untuk permasalahan yang satu ini, kamu hanya perlu merebus 75-112 gram seluruh batang segar atau 25-38 gram batang dari bunga kencana ungu yang sudah kering dalam satu liter air. Ramuan inilah yang harus diminum sebelum sarapan agar permasalahan pada saluran kemih dan ginjal dapat teratasi secara alami.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular