Menstrual Pads Vs Menstrual Cup, Mana yang Lebih Baik?

Menstrual Pads Vs Menstrual Cup, Mana yang Lebih Baik?
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/e1b69ff7549e2b768f048bef4be5a745.jpeg

Istilah Menstrual pads dan menstrual cup belakangan ini menjadi populer. Klaim aman serta ramah lingkungan menjadikan kedua produk ini sering dibanding-bandingkan. Lantas, manakah sebenarnya yang paling baik untuk digunakan? Simak informasi selengkapnya di bawah ini

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Menstruasi menjadi siklus bulanan bagi setiap wanita dan tidak bisa terelakkan. Pada masa ini wanita harus pandai-pandai memilih jenis pembalut. Sekarang ini banyak bermunculan terobosan-terobosan terbaru pembalut yang akan digunakan.

Beberapa di antaranya adalah menstrual pads dan menstrual cup. Keduanya sering dibanding-bandingkan dan tidak jarang mendatangkan pertanyaan. Mana kira-kira yang terbaik?
Apa Sih Menstrual Pads Itu?

Apa Sih Menstrual Pads Itu?
source: http://mamabananasadventures.com

Menstrual pads adalah jenis pembalut yang terbuat dari kain. Jika dilihat dari segi bentuknya, menstrual pads memiliki kesamaan dengan pembalut sekali pakai pada umumnya. Namun satu hal yang perlu digarisbawahi adalah sifatnya yang reusable alias bisa diurut digunakan berkali-kali. 

Menstrual pads biasanya bermotif karena tergantung pada kain yang dipakai. Tentu saja hal ini akan semakin terlihat serasi dengan dalaman wanita.

<baca juga>
Kelebihan Menstrual Pads

Kelebihan Menstrual Pads
source: http://mamabananasadventures.com/

Kehadiran menstrual pads reusable disertai banyak klaim. Salah satu klaim terbesar adalah sifatnya yang ramah lingkungan karena terbuat dari kain yang bisa dicuci dan digunakan berulang-ulang. Hal ini sekaligus mengisyaratkan bahwa kehadiran menstrual pads diharapkan bisa mengurangi sampah pembalut sekali pakai. Terlebih lagi gencarnya program zero waste dimasa sekarang ini.
 
Sisi lain yang tidak kalah penting adalah aman bagi kesehatan. Menstrual pads ini tidak mengandung bahan kimia sebagaimana pembalut sekali pakai pada umumnya. Bahan kimia seperti klorin tidak akan dibutuhkan untuk menstrual pads karena warna alami kain lah yang digunakan.
 
Nyaman untuk dipakai, terhindar dari bau tidak sedap dan murah adalah klaim selanjutnya dari menstrual pads ini. Bahan menstrual pads yang terbuat dari kain membuatnya mudah mengikuti lekuk organ sehingga pemakainya menjadi nyaman. Tidak perlu takut menggembung dan tidak perlu takut bocor. Menstrual Pads juga menghindarkan dari bau tidak sedap karena terdapat Puri kain yang membuat sirkulasi udara menjadi lancar ke daerah vagina. Alhasil, tidak ada namanya bau tidak sedap selama haid. 
 
Tidak kalah penting adalah harganya yang murah, sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan bagi seorang wanita. Ingat jangka waktu pemakaian menstrual pads yang berlangsung lama, maka pengeluaran untuk membeli pembalut tiap bulannya bisa ditekan. Beda halnya apabila menggunakan pembalut sekali pakai yang tentu saja harus stok banyak dan membuat pengeluaran bulanan tetap ada untuk pembalut.

Kekurangan Menstrual Pads

Kekurangan Menstrual Pads
source: http://mamabananasadventures.com/reusable-menstrual-pads-dirty-ones.html

Menstrual pads memiliki beberapa kekurangan yang perlu untuk diketahui. Kekurangan tersebut adalah daya serapnya yang tidak sebaik pembalut sekali pakai tidak perlu melakukan penggantian secara berkala. Pada hari pertama hingga ketiga disarankan untuk melakukan cek menstrual pads setiap 3-4 jam sekali. Bahkan jumlah ini bisa lebih banyak apabila aktivitas yang dilakukan lebih banyak. Selain itu perawatannya juga terbilang cukup rumit karena pencuciannya haruslah bersih.

Adanya sisa darah di dalam menstrual pads tentu bisa menyebabkan kemungkinan tumbuhnya jamur maupun bakteri. Satu lagi, menstrual pads mempunyai masa kedaluwarsa. Hal ini berarti, tidak selama-lamanya menstrual pads ini bisa digunakan. Ketika dicuci lapisannya akan semakin menipis sehingga daya serapnya pun turut menurun.

<baca juga>
Apa Sih Menstrual Cup Itu?

Apa Sih Menstrual Cup Itu?
source: https://9lives.co.za/using-a-menstrual-cup/

Menstrual cup adalah produk pengganti pembalut berbentuk corong yang terbuat dari silikon maupun karet. Berbeda halnya dengan pembalut yang dapat menyerap darah menstruasi, menstrual cup difungsikan untuk menampung darah selama masa menstruasi.

Menstrual cup ini mulai banyak diperbincangkan serta tak sedikit kontroversi yang menyelimutinya. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan wanita di Indonesia yang pada umumnya yang menggunakan pembalut ketika masa haid.

Kelebihan Menstrual Cup

Kelebihan Menstrual Cup
source: https://9lives.co.za/using-a-menstrual-cup/

Terdapat beberapa kelebihan dari menstrual cup, diantaranya adalah tahan lama, mempunyai kapasitas besar, menjaga bakteri baik dan PH vagina, tidak menimbulkan bau dan lebih aman. 
Daya tahan dari menstrual cup sendiri bisa 6 bulan hingga 10 tahun. Hal ini tergantung dari jenis dan cara perawatannya.

Kapasitasnya juga besar, yakni bisa menampung hingga 40 ml darah haid. Bentuk dari menstrual cup ini membuat darah haid tidak terpapar dengan udara. Alhasil, bau tidak sedap yang biasanya terjadi selama masa menstruasi tidak akan terjadi. 
 
Selain itu, menstrual cup juga bisa menjaga pH dan bakteri baik pada vagina karena menstrual cup hanya akan menampung darah. Menstrual cup juga lebih aman karena meminimalkan risiko terjadinya infeksi bakteri.

Kekurangan Menstrual Cup

Kekurangan Menstrual Cup
source: https://9lives.co.za/using-a-menstrual-cup/

Meskipun memiliki banyak kelebihan menstrual.cup juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya sulit untuk digunakan, lebih berantakan, perlu penyesuaian ukuran, dan kemungkinan alergi membutuhkan perawatan ekstra. 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular