Iklan Minuman Beralkohol di Korsel Enggak Boleh Lagi Dibintangi Seleb Wanita, Kenapa?

Iklan Minuman Beralkohol di Korsel Enggak Boleh Lagi Dibintangi Seleb Wanita, Kenapa?
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/9cc2f0e2c21dd26661a5990943b82243.jpeg

Sebagian dari kamu mungkin belum tahu kalau iklan minuman beralkohol di Korea Selatan dibintangi oleh selebriti wanita. Sejumlah selebriti populer pernah membintangi iklan minuman beralkohol di Korsel, dan hal ini juga bisa disebut sebagai sebuah prestasi. Tapi kini, pemerintah Korsel kabarnya bakal melarang seleb wanita buat membintangi iklan minuman beralkohol, nih. Kenapa, sih? Berikut informasinya!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Bagi masyarakat Korea Selatan mengkonsumsi alkohol atau soju sudah menjadi budaya. Bahkan dalam mempromosikan produknya, perusahaan minuman beralkohol di Korsel tidak segan-segan membayar mahal untuk menjadikan selebritis populer Korea sebagai Brand Ambassador.

Beberapa nama seleb wanita terkenal pernah menjadi Brand Ambassador minuman beralkohol di Korsel. Mulai dari Suzy yang menjadi Brand Ambassador merek soju Chum Churum, Irene 'Red Velvet' yang membintang soju Cham Iseul, serta Kim Sejong 'Gugudan' yang didapuk sebagai bintang iklan Good Day.

Membintangi iklan minuman beralkohol di Korsel juga bisa disebut sebagai prestasi karena hanya seleb wanita populer saja yang bakal mendapat kesempatan ini. Seleb wanita yang dipilih membintangi iklan minuman beralkohol di Korsel akan menemukan foto-foto mereka terpampang di mana-mana, baik di poster yang di pajang di bar dan restoran, maupun ditempel di kemasan botol soju. 

Tapi sekarang, hal itu bakal dilarang, Ladies. Kenapa, ya? Berikut informasinya!

Revisi peraturan standar iklan minuman beralkohol di Korsel
Revisi peraturan standar iklan minuman beralkohol di Korsel
source: https://kumparan.com/

Awalnya pemerintah Korea Selatan setuju menjadikan seleb wanita sebagai bintang iklan minuman beralkohol yang diatur dalam undang-undang. Namun hal ini kini berubah. Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan memutuskan untuk merevisi peraturan standar iklan minuman beralkohol pada 4 November lalu.

Salah satu pasal yang direvisi adalah pasal 10 Undang-Undang Kesehatan Nasional Korea Selatan yang menyatakan bahwa alkohol dan rokok berbahaya untuk kesehatan. Revisi tersebut berujung pada larangan bagi brand-brand soju di Korsel untuk memajang foto seleb wanita dalam botol minuman beralkohol.

​​​​​​Dikutip dari Naver, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Korea Selatan menjelaskan, "Jika kemasan rokok didesain dengan foto pasien yang menjalani operasi kanker, setidaknya botol minuman beralkohol tidak menampilkan foto-foto selebriti."

<baca juga>
Hanya Korsel yang menjadikan seleb wanita sebagai bintang iklan minuman beralkohol
Hanya Korsel yang menjadikan seleb wanita sebagai bintang iklan minuman beralkohol
source: https://kumparan.com/

Kamu tahu tidak Ladies, Korea Selatan merupakan satu-satunya negara dalam Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) yang memperbolehkan selebriti untuk dijadikan Brand Ambassador minuman beralkohol, lho. Hal ini pun memang berpengaruh besar pada penjualan soju atau minuman beralkohol lainnya.

"Peran selebriti dan orang-orang terkenal lainya memang memiliki dampak besar untuk anak-anak dan remaja. Tetapi setidaknya, wajah mereka (selebriti) tidak dipampang dalam botol minuman beralkohol karena dapat mendorong konsumsi alkohol yang berlebihan," demikian tutur Nam In-sun, perwakilan Komite Nasional Kesehatan dan Kesejahteraan.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular