Tips Hadapi Teman "Beracun" Agar Hidup Lebih Tenang

Tips Hadapi Teman "Beracun" Agar Hidup Lebih Tenang
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/025fd11559d73ed4c5819e4b124a5f6a.jpeg

Banyak yang harus kamu lakukan dan perhatian agar hidup lebih tenang. Salah satunya mengetahui cara menghadapi teman "beracun", Ladies. Jangan sampai, hanya karena kamu enggak mau sendirian, kamu justru tenggelam dalam lingkar pertemanan yang tidak sehat dan membangun. Yuk, ketahui tips hadapi teman "beracun" agar hidup lebih tenang berikut!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Source: hipwee.com
1. Pahami diri sendiri
Source: journal.sociolla.com

Tips hadapi teman 'beracun' yang pertama adalah memahami dirimu sendiri terlebih dahulu. Sebelum menyalahkan orang lain, tentu kita perlu berkaca terlebih dulu. Cobalah bertanya pada dirimu, apakah benar dirimu berada di lingkungan ‘beracun’ atau hanya kamu yang tidak mampu berpikiran terbuka?

Kita memang perlu mengevaluasi diri sendiri, sebelum menilai orang lain. Menilai diri sendiri tentu bukan hal yang mudah, diperlukan kebijaksanaan dan kebesaran hati untuk bisa melihat diri sendiri dari sudut pandang yang netral. Namun hal ini perlu dilakukan untuk melihat dengan jernih 'beracun' atau tidaknya temanmu.

<baca juga>
2. Pahami orang lain
Source: journal.sociolla.com

Setelah memahami diri sendiri, tips hadapi teman 'beracun' yang bisa kamu lakukan adalah memahami orang lain. Kamu juga perlu memahami temanmu dalam batas yang sewajarnya. Kamu perlu mencari tahu apa yang membuat temanmu menjadi 'beracun'.

Jangan-jangan temanmu tidak pernah bermaksud untuk melakukan hal yang menyinggung atau berdampak negatif padamu. Bisa jadi juga, temanmu tidak mengetahui bahwa kebiasaan yang dilakukannya sudah masuk ke dalam tahap 'beracun'.

Mungkin dia menganggap kebiasaan ini adalah cara untuk mengungkapkan rasa sayangnya. Kita juga tidak boleh memaksa mereka bertindak seperti yang apa kita inginkan, apabila kita melakukan pemaksaan seperti itu, maka letak toxic itu justru ada pada diri kita.

3. Bicara dengan teman toxic secara langsung
Source: journal.sociolla.com

Memahami teman 'beracun' saja tidak cukup, kamu juga perlu bicara langsung dengannya. Tanpa membicarakan secara langsung kepadanya, hubungan pertemananmu tidak akan jadi membaik.

Jika kamu hanya memendam, sewaktu-waktu kamu justru akan meledak dan memperparah hubungan pertemananmu. Sebelum membicarakannya, pastikan dirimu sedang dalam kondisi tenang, jangan berbicara saat sedang marah dan meledak-ledak. 

Lakukan mediasi dengan cara yang baik. Bertindaklah sebagai teman yang saling mengerti. Ingat, selalu hati-hati dalam memilih kata, jangan sampai memilih kata yang dapat menyinggung perasaan temanmu.

<baca juga>
4. Tetapkan batasan antara dirimu dan dirinya
Source: hipwee.com

Jika kamu sudah membicarakan mengenai permasalahan yang ada, namun tidak ada respon positif dari temanmu atau dia justru membuat kondisi semakin buruk. Saatnya kamu untuk menetapkan batasan antara dirimu dan dirinya. Hal ini bisa membantu kamu menjadi lebih tenang tanpa perlu diselimuti pikiran rumit atas apa yang terjadi dalam hubungan pertemananmu,

Selain itu, hal ini juga memberikan waktu kepada temanmu untuk intropeksi dan memikirkan kembali kebiasaan yang sudah dia lakukan kepadamu. Sehingga, di kemudian hari dia bisa berubah menjadi lebih baik dan hubungan pertemananmu bisa berubah ke arah yang lebih positif.

5. Pergi dari teman 'beracun'
Source: hipwee.com

Apabila Beautynesian sudah melakukan semua cara di atas, mulai dari saling memahami, mediasi dengan pembicaraan, hingga memberi jarak dalam hubungan, tetapi masih tidak mengubah apapun dan temanmu masih tetap toxic, maka tips hadapi teman 'beracun' yang terakhir yang bisa Beautynesian lakukan adalah dengan mengambil sikap tegas.

Sikap tegas yang perlu dilakukan adalah pergi dari lingkungan teman yang 'beracun'. Mungkin memutuskan untuk pergi merupakan suatu keputusan yang berat, namun yakinlah apabila terus-terusan berada pada lingkungan yang buruk, maka cepat atau lambat kamu juga akan mendapat keburukan tersebut.

Setidaknya dengan pergi dari teman 'beracun', kamu bisa kembali menikmati hidup dengan tenang dan mengurangi satu beban yang selama ini kamu rasakan. Setuju enggak, Ladies?

Semoga bermanfaat!


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular