Kenali Blue Java Banana, Si Pisang Biru Rasa Es Krim yang Kaya Manfaat

Kenali Blue Java Banana, Si Pisang Biru Rasa Es Krim yang Kaya Manfaat
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/9e4b91f835091742632aaa1f36d9cf1b.jpeg

Jika selama ini kita melihat buah pisang umumnya berwarna hijau lalu kemudian menguning ketika matang, kini ada buah pisang dengan kulitnya yang berwarna biru. Pisang yang bernama Blue Java Banana ini cukup unik dan banyak menarik perhatian, apalagi rasanya yang begitu mirip es krim vanilla.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Penampilan yang Unik
Penampilan yang Unik
source: https://winnetnews.com

Pisang biru atau blue java banana ini ialah sejenis pisang yang berwarna biru yang begitu mencuri perhatian, karena penampilannya yang unik dan rasanya yang enak untuk disantap. Pisang ini merupakan hasil silang dari spesies pisang asli Asia Tenggara, yaitu Musa Balbisiana dan Musa Acuminata. Sebelum benar-benar matang, pisang ini memiliki kulit berwarna biru unik yang berasal dari lapisan lilin alaminya. Warna biru ini akan cenderung memudar ketika semakin matang.

Meskipun memiliki nama tengah Java, pisang biru ini bukanlah berasal dari pulau Jawa di Indonesia, melainkan berasal dari Hawaii. Selain itu kabarnya, pisang ini juga tumbuh di Asia Tenggara, dan beberapa wilayah di sentral Amerika. Pisang ini terbukti dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis yang cenderung dingin.

Blue java banana ini pada awalnya ditanam oleh para petani pisang di Hawaii sejak tahun 1920-an. Menurut informasi dari Huffington Post, ada lebih dari 100 jenis pisang yang tumbuh di Hawai, dan semuanya punya cita rasa yang berbeda.

Blue java banana ini juga dikenal dengan beberapa nama. Seperti dengan nama Ice Cream Banana (Hawaii), pisang Hawaii (Fiji), Krie (Filipina), dan Cenzio (Amerika Latin).
 

Rasa dan Tekstur yang Unik dan Menarik
Rasa dan Tekstur yang Unik dan Menarik
source: https://newtalk.com

Pisang ini juga dikenal karena rasanya yang mirip seperti es krim vanilla. Hal ini karena adanya senyawa alami dalam daging buahnya, sehingga memiliki rasa yang menarik yang sering dibandingkan dengan es krim atau puding vanilla.

Daging buahnya yang lembut juga ikut memberikan tekstur yang menyerupai hidangan penutup yang populer. Karena itulah blue java banana sering digunakan untuk membuat smoothie atau ditambahkan sebagai topping pada dessert.
 

<baca juga>

Selain dengan warna dan rasanya yang unik, blue java banana ini kaya akan manfaat, sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
1. Menjaga Kesehatan Jantung
source: https://suara.com

Kalium sangat penting untuk kesehatan jantung, dan pisang biru ini penuh dengan kalium. Mendapatkan cukup kalium dalam makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan terhindar dari penyakit jantung.
 

<baca juga>
2. Dapat Memperbaiki Suasana Hati
2. Dapat Memperbaiki Suasana Hati
source: https://pinterest.com

Pisang biru kaya akan vitamin B6, yang diperlukan untuk membantu tubuh mensintesis seretoninnya sendiri. Jika kita membuat smoothie, atau es krim pisang lezat dengan 2-3 pisang tersebut, maka akan mendapatkan lebih dari 75% dari vitamin B6.
 

3. Mengatur gula darah
3. Mengatur gula darah
source: https://med.com.id

Blue java banana mengandung pektin dan pati resisten (ketika belum matang sempurna). Pektin dan pati resisten dapat memoderasi kadar gula darah setelah makan dan membantu mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.
 

4. Membantu pencernaan
4. Membantu pencernaan
source: https://lifestyle.analisadaily.com

Pisang mengandung serat yang dapat membantu mencegah sembelit dan memulihkan serta mempertahankan fungsi usus. Pati resisten dalam pisang mentah juga lolos dari pencernaan dan berakhir di usus besar, dimana ia akan menjadi makanan bagi bakteri yang menguntungkan dalam usus. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa pektin membantu melindungi terhadap kanker usus besar.
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular