DIY Facial Mist dari Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

DIY Facial Mist dari Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/ae21bbc57fd8248c3194fc58cc35d2e1.jpeg

Dibanding jenis kulit lainnya, kulit berminyak rentan mengalami masalah, terutama jerawat. Meski demikian, bukan berarti kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap seperti facial mist.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Keberadaan facial mist sangat diperlukan, apalagi penggunaannya praktis, dapat dipakai di mana dan kapan saja. Selain menyegarkan, facial mist juga efektif mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Berikut ini beberapa DIY facial mist alami untuk kulit berminyak. Yuk, siapkan bahan-bahannya di rumah.

Daun Intaran dan Cengkeh
Daun Intaran dan Cengkeh

Daun intaran atau mimba dan cengkeh diyakini tidak hanya membantu mengendalikan produksi minyak berlebih, tapi juga melawan jerawat dan masalah lain yang disebabkan kulit berminyak. Mimba dan cengkeh memiliki sifat antiseptik, antibakteri, serta antiinflamasi yang dapat membunuh bakteri, menenangkan kulit, juga menghidrasi kulit wajah. 

Caranya, ambil segenggam daun mimba dan empat batang cengkeh atau empat tetes minyak esensial cengkeh, lalu campurkan 200 mililiter air putih dan rebus hingga mendidih. 

Setelah matang, angkat dan saring. Diamkan hingga dingin dan masukan ke botol semprot. Kamu bisa menyemprotkan tiga sampai empat ke wajah, lalu biarkan meresap selama beberapa menit. Facial mist ini dapat digunakan sepanjang hari setiap kali dibutuhkan. 

<baca juga>
Teh Hijau dan Vitamin E
Teh Hijau dan Vitamin E

Teh hijau kaya antioksidan dan antiinflamasi yang menyehatkan serta menenangkan kulit. Selain itu, teh hijau mengandung fenol yang membantu mengendalikan produksi minyak di kulit. Sedangkan vitamin E adalah antioksidan hebat yang membantu melembutkan serta mengencangkan kulit. 

Siapkan dua kantong teh hijau, dua gelas air putih, dan tiga tetes minyak vitamin E. Masak air putih hingga mendidih, lalu celupkan kantong teh hijau ke dalam air. Biarkan meresap selama sekitar satu jam. Setelah itu, keluarkan kantong teh dan tuangkan larutan ke dalam botol semprot. Kemudian tambahkan minyak vitamin E ke dalamnya dan kocok rata.

Lidah Buaya, Lemon, dan Mawar
Lidah Buaya, Lemon, dan Mawar

Ketiga bahan ini kaya akan antioksidan, antiinflamasi, dan antiseptik. Lidah buaya dikenal melembapkan dan menghidrasi kulit serta memperbaiki penampilan kulit, salah satunya bekas jerawat. 

Lemon kaya akan astringen yang membantu mengendalikan produksi minyak berlebih. Mawar memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang menenangkan, menyegarkan,  meremajakan kulit, serta melembutkan dan mengenyalkan. 

Ambil satu sendok makan (sdm) gel lidah buah, satu sdm air lemon, segenggam kelopak mawar. Campurkan gel lidah buaya dan air lemon, aduk hingga rata. Tambahkan kelopak mawar dan 200 mililiter air putih, lalu masak selama 10-15 menit hingga mendidih. Biarkan campuran mendingin, saring, dan masukan ke botol semprot dan kocok hingga tercampur. 

<baca juga>
Mentimun
Mentimun

Dikenal karena sifatnya yang melembapkan, mentimun mempunyai khasiat menenangkan dan menghidrasi kulit serta membantu meremajakan dan mengatasi minyak berlebih di kulit. 

Caranya, siapkan dua buah mentimun, lalu parut dan peras. Ambil air perasan mentimun dan masukan ke botol semprot. Kamu bisa menyemportkan dua atau tiga kali ke wajah saat dibutuhkan. 

Air Kelapa dan Lidah Buaya
Air Kelapa dan Lidah Buaya

Air kelapa mengandung cytokinins yang mampu meregenerasi kulit dan melawan kulit dari tanda-tanda penuaan. Sedangkan lidah buaya berfungsi menghidrasi serta menenangkan kulit. Lidah buaya juga cocok untuk semua jenis kulit.

Caranya, campurkan air kelapa dan gel lidah buaya, aduk hingga menyatu. Kemudian masukkan ke dalam botol semprot. 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular