Bukan Cuma Menurunkan Berat Badan, Rajin Minum Green Tea Bisa Melawan Kanker

Bukan Cuma Menurunkan Berat Badan, Rajin Minum Green Tea Bisa Melawan Kanker
source: https://image.freepik.com/free-photo/hand-serving-tea_23-2147985088.jpg

Mau tahu manfaat apa saja yang akan kalian peroleh dengan mengonsumsi green tea secara teratur? Simak yuk informasinya berikut ini.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Tahu enggak Ladies, Greentea ditemukan di China pada 3000 SM lho. Kemudian dipopulerkan di Jepang dan India oleh para Biksu Buddha yang minum teh hijau dalam melakukan perjalanan sebagai sarana meditasi dan untuk kesehatan.

Nah, dilansir dari Stylecraze.com ternyata teh hijau punya segudang manfaat jika dikonsumsi secara teratur dan dengan aturan yang pas, mau tahu apa saja? Ini dia beberapa manfaatnya, simak yuk!

Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan
source: https://id.pinterest.com/pin/117445502770187495/?nic=1a

Teh hijau memiliki kandungan Epigallocatechin-3-gallate atau disingkat EGCG yang bisa membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak tubuh, dan mengurangi ukuran pinggang. Sementara katekin dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan oksidasi lemak.

Selain itu bisa juga membantu mengurangi nafsu makan dengan mengatur gen dan hormon rasa lapar sehingga mengarah pada penurunan berat badan. Bahkan teh hijau memiliki nol kalori, jadi tidak perlu khawatir saat konsumsi dalam jumlah yang banyak.

<baca juga>
Bantu Lawan Kanker

Bantu Lawan Kanker
source: https://id.pinterest.com/pin/100768110398041971/?nic=1a

Kanker payudara, kanker usus besar, kanker nasofaring, kanker serviks dan prostat serta kanker paru-paru adalah jenis kanker yang bisa dibantu pengobatannya oleh teh hijau. Kandungan antioksidan tinggi yang terkandung dalam teh hijau menjadi salah satu pemicunya.

EGCG dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 16%. Selain itu teh hijau juga bisa mengurangi risiko kanker pencernaan sebanyak 17% jikan dikonsumsi selama enam bulan. EGCG juga bisa membantu mendetoksifikasi racun lingkungan dan agen penyebab kanker lho, Ladies. Wah, bermanfaat banget ya minuman yang satu ini.

Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan Fungsi Otak
source: https://id.pinterest.com/pin/219972763024845593/?nic=1a

EGCG dan asam amino dalam teh hijau ternyata mengandung antioksidan yang bisa melindungi otak lho. Bisa meningkatkan fungsi otak dan kognisi, mengingkatkan suasana hati, bahkan meningkatkan daya ingat sehingga mengurangi risiko alzheimer dan parkinson.

<baca juga>
Bagus untuk Kulit dan Rambut

Bagus untuk Kulit dan Rambut
source: https://id.pinterest.com/pin/699535754602340141/?nic=1a

Tahu tidak, antioksidan yang terkandung dalam teh hijau ternyata juga mampu menunda penuaan pada kulit dengan cara menunda penuaan kolagen sehingga kulit akan tampak lebih muda. Selain itu juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga melindungi kulit dari peradangan yang biasanya diakibatkan oleh jerawat, keloid, dan penyakit kulit lainnya.

Dalam Journal of Cosmetic Science menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau dapat mengurangi keriput pada kulit kepala dan bisa mengurangi kebotakan atau kerontokan rambut. Karena mengandung vitamin C, E, dan polifenol teh hijau bisa merangsang pertumbuhan rambut, melembutkan, dan membuat rambut menjadi berkilau.

Mengurangi Risiko PCOS

Mengurangi Risiko PCOS
source: https://image.freepik.com

Sindrom Ovarium Polkistik adalah kelainan hormon pada wanita di mana jumlah hormon pria lebih banyak dan dominan dibanding dengan hormon wanita. Biasanya ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur dan munculnya rambut wajah yang berlebihan.

Teh hijau membantu dengan menurunkan berat badan sehingga risiko PCOS pun bisa lebih rendah. Teh juga juga mampu megurangi kadar testosteron dan menurunkan kadar insulin, tak hanya itu, kandungan polifenol dapat mengurangi jumlah dan ketebalan kista.

Kurangi Depresi dan Gangguan Cemas

Kurangi Depresi dan Gangguan Cemas
source: https://id.pinterest.com/pin/779685754221268200/?nic=1a

Katekin dalam teh hijau dapat membantu menurunkan gejala depresi dan kecemasan. Antioksidan juga membantu mengurangi depresi bagi mereka yang mengalami stroke. Polifenol berguna untuk mengurangi hormone stress yang berkaitan langsung dengan depresi dan kecemasan itu sendiri.

Baik untuk Kesehatan Mulut

Baik untuk Kesehatan Mulut
source: https://image.freepik.com

Memiliki sifat antibakteri, teh hijau bisa membantu melindungi rongga mulut dari infeksi bakteri terutama yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sifat anti inflamasinya membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit karies gigi sehingga meningkatkan kesehatan gigi. Polifenol dapat mengurangi risiko kanker mulut.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan mengonsumsi teh hijau. Perlu diingat ya, kalian tidak boleh mengonsumsi lebih dari 3-4 cangkir teh hijau dalam sehari.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular