7 Jajanan Pasar dengan Gula Merah yang Masih Hitz Hingga Kini

7 Jajanan Pasar dengan Gula Merah yang Masih Hitz Hingga Kini
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/bec1d9e0fd515f0b5fc70326a87f377b.jpeg

Di tengah kemajuan teknologi dan peradaban manusia, rupanya masih banyak yang menyukai hal-hal berbau tradisional. Hal itu terlihat dari gaya fashion dan kolektor barang antik yang makin menjamur. Tidak hanya fashion, dalam hal kuliner pun ternyata panganan tradisional seperti jajanan pasar masih hitz, lho! Terutama Jajanan Pasar dengan gula merah yang lumer di mulut.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Dijaman dengan kemajuan teknologi yang pesat ini, masih banyak orang yang menyukai hal hal yang berasal dari jaman dulu. Seperti trend fashion bergaya vintage dan tradisional, sampai trend mengkoleksi mobil atau motor keluaran jaman dahulu.
Tidak hanya dari segi fashion atau teknologinya saja, rasa rindu dan senang pada hal hal yang ada pada jaman dahulu ternyata juga ada dalam dunia kuliner Indonesia. Meski fastfood dan streetfood sedang sangat digandrungi kawula muda, tetapi ternyata banyak lho yang masih suka dan mencari makanan khas tradisional Indonesia. Terutama camilan jajanan pasarnya yang akan membuatmu nostalgia ke masa kecil milikmu atau mungkin Ibu - Bapakmu.
Jajanan Pasar yang memiliki topping sajian gula merah terutama, sedang banyak digandrungi dan masuk banyak situs dan postingan travel para muda mudi. Jajanan pasar apa sih yang masih hitz sampai sekarang?
 

1. Klepon
1. Klepon

Kue ini terbuat dari tepung beras yang diberi perasa pandan sehingga memunculkan warna hijau, adonan diisi gula merah lalu dikukus. Setelah dikukus akan ditaburi kelapa. Saat digigit, gula merah akan meleleh dalam mulutmu.
 

<baca juga>
2. Kue Putu Bambu
2. Kue Putu Bambu

Kalau kamu berusia awal 20an mungkin semasa kecil tidak asing dengan suara nyaring yang dihasilkan dari kukusan Kue putu bambu ini. Dimana bambu yang digunakan untuk jadi cetakan dan mengukus putu akan mengeluarkan asap dan berbunyi nyaring.

Setelah si pembuat memasukkan adonan dan gula merah ke dalam lonjongan kecil bambu dan mengukusnya, kemudian ketika bunyi sudah terdengar, kamu akan tahu jika putu bamboo mu sudah matang dan siap disantap dengan taburan parutan kelapa.
 

3. Kue Cucur
3. Kue Cucur

Adonan Cucur terbuat dari tepung terigu dan gula merah ini akan mengeluarkan warna kecoklatan dan aroma gurih gula jawa ketika selesai dipanggang. Cocok sekali jadi camilan santai saat sore hari.
 

<baca juga>
4. Kue Lupis
4. Kue Lupis

Lupis merupakan kue yang dibungkus daun pisang yang dibentuk segitiga, biasanya disajikan dalam acara hajatan pernikahan atau khitanan. Gula merahnya yang lumer dan ketan yang kenyal di luarnya, akan memberikan sensasi chewy ketika kamu mengunyah lupis.
 

5. Putu Mayang
5. Putu Mayang

Tepung kanji atau beras adalah bahan utama dalam membuat putu mayang. Selesai dicetak menyerupai mie, putu mayang akan disajikan dalam kuah yang terbuat dari gula merah. Kebayang dong kenyalnya putu mayang dan segarnya gula merah disatukan?
 

6. Dadar Gulung
6. Dadar Gulung

Di jaman sekarang, orang-orang banyak yang menyukai pancake asal negeri barat. Padahal Indonesia sudah memiliki pancake-nya sendiri lho dari jaman dulu. Yup, Dadar Gulung ini merupakan pancake Indonesia yang disajikan dengan gula merah campur parutan kelapa yang digulung oleh kulit dadar yang biasanya berwarna hijau ini.
 

7. Awug – Awug
7. Awug – Awug

Panganan satu ini merupakan panganan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur air dan garam juga gula merah. Kemudian dikukus dan disajikan dalam daun kelapa dengan topping parutan kelapa.
 

Itulah 7 Jajanan Pasar dengan Gula Merah yang masih Hitz hingga kini. Kamu sudah pernah nyobain semuanya, belum? Kalau belum, ayo segera pergi ke pasar atau toko kue terdekat dan rasakan sensasi manis dan lumer ke tujuh jajanan pasar ini di mulutmu!
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular