7 Manfaat Minum Yakult yang Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

7 Manfaat Minum Yakult yang Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/eac16657e24e8ac012a63e8ab35d3307.jpeg

Hampir semua orang pernah minum Yakult, baik secara rutin maupun hanya sesekali. Yakult yang memiliki rasa manis campur asam ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh, terutama pada sistem pencernaan. Apa saja manfaat Yakult untuk kesehatan yang dimaksud? Simak yuk!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Yakult adalah minuman susu fermentasi yang mengandung probiotik (bakteri hidup) yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mikroorganisme di saluran pencernaan. Dalam sebotol Yakult terdapat lebih dari 6,5 milyar bakteri L casei Shirota strain. Bakteri inilah yang membantu menyehatkan pencernaan dengan mengurangi pengaruh bakteri jahat.

Dilansir oleh doktersehat.com, sebagai minuman kesehatan yakult memiliki sejumlah khasiat atau manfaat yang banyak bagi tubuh jika minum yakult secara rutin. Berikut ini manfaat yakult untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
source: https://instagram.com/yakult_indonesia?igshid=7pz55d6y13cz

Agar tubuh senantiasa terhindar dari serangan penyakit, maka dibutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat berguna menangkal bakteri atau virus penyebab penyakit. Kandungan bakteri ‘baik’ (Lactobacillus casei shirota strain) yang ada pada yakult menghasilkan manfaat minum yakult untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Bakteri Lactobacillus casei shirota strain akan membantu melawan bakteri jahat atau virus tersebut sebelum sempat menginfeksi tubuh.

Sekalipun kamu sudah terlanjur terserang penyakit, maka manfaat yakult adalah untuk mengobati penyakit tersebut. Namun, perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi minuman probiotik ini.

<baca juga>
Menyehatkan Usus
Menyehatkan Usus
source: https://instagram.com/yakult_indonesia?igshid=7pz55d6y13cz

Mengenai masalah sistem pencernaan, usus adalah organ pencernaan utama yang harus selalu terjaga kesehatannya. Usus yang bermasalah akan menyebabkan sejumlah penyakit gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga radang usus.

Masalah pada usus sendiri umumnya lebih disebabkan oleh infeksi bakteri yang berasal dari makanan, utamanya makanan yang tidak higienis. Nah, disinilah peran yakult dengan Lactobacillus casei shirota strain tersebut untuk mencegah dan mengatasi gangguan pada usus akibat bakteri. Manfaat minum yakult setiap hari adalah untuk menambah jumlah bakteri ‘baik’ di dalam usus sehingga bisa memukul mundur bakteri ‘jahat’ yang menjadi penyebab gangguan pencernaan.

Mengatasi Sakit Lambung (Maag)
Mengatasi Sakit Lambung (Maag)
source: https://www.pexels.com/

Gejala penyakit maag umumnya disebabkan karena ketidak teraturan dalam makan hingga karena seringnya mengkonsumsi makanan yang kurang baik bagi lambung kamu. Untuk meredakan gejala maag yang sedang kambuh, kamu bisa minum yakult. Mungkin kamu sedikit berpikir, “bagaimana bisa yakult yang memiliki rasa asam justru bisa mengatasi maag?”.

Nyatanya, salah satu manfaat yakult memang untuk mengatasi maag secara alami. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan kandungan bakteri ‘baik’ pada minuman yang lebih  nikmat dikonsumsi dalam keadaan dingin ini. Tak hanya mengatasi maag, manfaat minum yakult setiap hari juga bisa mencegah terjadinya penyakit lambung tersebut.

<baca juga>
Mengobati Perut Kembung
Mengobati Perut Kembung
source: https://www.pexels.com/

Dilansir dari hellosehat.com, perut kembung adalah kondisi di mana ada penumpukan gas di dalam perut, khususnya sistem pencernaan, sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, jika jumlah udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan terlalu banyak, tentu akan menumpuk. Kondisi inilah yang mungkin kerap membuat kamu merasa tidak nyaman karena perut seolah sangat penuh, bahkan bisa tampak membesar. 

Biasanya perut kembung disebabkan oleh konsumsi makanan mengandung lemak, kacang-kacangan, makanan dengan manisan buatan dan minuman bersoda. Rasa kembung tersebut lantas diikuti oleh sejumlah gejala lainnya, seperti mual dan tubuh terasa lemas. Nah, manfaat Yakult juga mencakup pengobatan perut kembung. Sifat probiotiknya diklaim mampu mencegah dan mengatasi reaksi alami tubuh terhadap makanan berlemak.

Menurunkan Kadar Lemak pada Tubuh
Menurunkan Kadar Lemak pada Tubuh
source: https://instagram.com/yakult_indonesia?igshid=7pz55d6y13cz

Kabar gembira untuk kamu yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Selain rajin mengonsumsi berbagai jenis makanan penurun berat badan melalui metode diet tertentu, kamu bisa minum yakult secara rutin. Manfaat yakult untuk kesehatan yang satu ini dikarenakan sifat probiotik pada yakult yang efektif mengikat lemak dan mencegahnya dari penumpukan. Penumpukan lemak dalam jumlah yang besar akan mengakibatkan diabetes, kolesterol, obesitas, penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Membantu Ibu Hamil Ketika Buang Air Besar
Membantu Ibu Hamil Ketika Buang Air Besar
source: https://www.pexels.com/

Para ibu hamil kerap mengalami gangguan pencernaan berupa sembelit atau sulit buang air besar (BAB). Akibatnya, tidak jarang ibu hamil mengejan ketika sedang BAB. Aktivitas mengejan tersebut tentu saja tidak diperkenankan karena bisa mempengaruhi janin yang berada di dalam kandungan.

Guna mengatasi sembelit pada ibu hamil, minum yakult maksimal 2 kali sehari. Manfaat yakult yang sebagian besar melancarkan pencernaan secara otomatis juga mampu mengatasi sembelit sehingga ibu hamil tidak perlu sampai mengejan untuk mengeluarkan feses.

Menjaga keseimbangan mikroorganisme
Menjaga keseimbangan mikroorganisme
source: https://asia.nikkei.com/NAR/Articles/Yakult-eyes-another-record-profit-in-fiscal-2015

Usus manusia adalah rumah bagi berbagai jenis mikroorganisme. Kebanyakan dari mikroorganisme tersebut menyukai suhu ideal, tingkat keasaman, dan suplai nutrisi tubuh manusia di usus. Manfaat bakteri di sistem pencernaan sangat penting. Tanpa bakteri, tubuh tidak akan bisa mencerna makanan, mensintesis vitamin-vitamin tertentu, menyerap air, dan menangkis bakteri berbahaya yang seringkali mencoba menyerang usus.

Usus adalah organ tubuh di mana terdapat banyak sekali bakteri di dalamnya. Bakteri pada usus tersebut lantas terbagi dua yakni bakteri jahat dan bakteri baik. Bakteri baik yang ada di sistem pencernaan biasanya disebut bakteri probiotik. Ada juga beberapa jenis makanan yang mengandung bakteri probiotik dan bisa meningkatkan keseimbangan bakteri. Probiotik adalah mikroorganisme yang memproduksi asam laktat. Bakteri ini biasanya ada di susu fermentasi, yoghurt, kombucha, dan kedelai. Manfaat yakult adalah untuk menambah jumlah bakteri ‘baik’ (L. casei shirota strain) tersebut sehingga kesehatan usus tetap terjaga.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular