Tips Jitu Jalani Haid tanpa Drama, Cobain deh!

Tips Jitu Jalani Haid tanpa Drama, Cobain deh!
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/47e838cecd251707afab6cd63d3e4a7f.jpeg

Sering kali tiap bulannya para perempuan mengeluhkan betapa tidak nyaman dan menyulitkannya masa menstruasi. Sampai emosinya meledak-ledak dan disebut baperan oleh orang sekitar. Girls, ada tips nih untuk kamu lewati menstruasimu dengan nyaman!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Menstruasi atau haids adalah hal yang lumrah dialami para perempuan setiap bulannya. Perempuan menjadi sangat sensitive ketika tengah mengalami siklus menstruasinya. Rasa sakit, mood yang tiba – tiba buruk, perasaan tidak nyaman, dan perubahan emosi yang tidak stabil seringkali membuat para perempuan kerepotan tiap bulannya.

Girls, repot ya kalau tiap bulan seperti itu? Kamu penasaran enggak sih, apakah ada tips atau cara untuk melewati masa datang bulanmu dengan aman dan nyaman?
Beautynesia.id punya nih tips untuk kamu agar menstruasi-mu bulan ini dan seterusnya lancar sentosa tanpa drama!
 

1. Pastikan Hitung Tanggal Datangnya Menstruasi, dan Buat Persiapan!
1. Pastikan Hitung Tanggal Datangnya Menstruasi, dan Buat Persiapan!

Sebenarnya tidak perlu tepat tanggal, yang penting kamu tahu kisaran tanggal kapan kamu akan didatangi oleh si merah. Cara menghitungnya adalah hitung 20 hari ke depan dari hari menstruasi terakhirmu, dengan begitu kamu bisa memprediksi kapan kamu akan menstruasi. Lakukan persiapan agar saatnya tiba, kamu tidak akan terkejut. Siapkan pembalut selalu di tasmu. Pastikan stock pembalutmu mencukupi.
 

<baca juga>
2. Perhatikan Asupan
2. Perhatikan Asupan

Setelah menentukan tanggal, dua atau tiga hari sebelumnya pastikan kamu makan lebih banyak buah-buahan atau sayuran dibanding hari biasanya. Jangan lupa asupan air putih sangat penting sekali.
Lebih bagus jika setiap hari pun kamu rajin memakan buah dan sayur. Tetapi untuk hari tertentu seperti menjelang menstruasi asupan gizimu harus lebih diorganisir. Hal ini dilakukan agar aliran darah kotor yang keluar, lancar dan tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan. Untukmu yang kurang minum susu, biasanya sakitnya akan lebih terasa. jadi, perbanyaklah makanan dan minuman bernutrisi, ya!
 

3. Hindari Stres
3. Hindari Stres

Saat menstruasi, hindari untuk berpikir terlalu banyak dan bekerja fisik. Kalau pun kamu memang diharuskan untuk banyak bergerak secara fisik, pastikan kamu punya cara untuk self-healing seperti mendengarkan lagu, menonton film atau mungkin berjalan-jalan di taman.
Jika rasa sakit sudah terlampau diatas normal dan menyebabkan kamu sulit beraktifitas, ambil cuti dan istirahatlah. Tenangkan pikiranmu dan jangan banyak melihat atau menonton keributan bisa menekan tingkat stresmu.
 

<baca juga>
4. Jangan Minum Obat dan Siapkan Air Hangat Dalam Botol
4. Jangan Minum Obat dan Siapkan Air Hangat Dalam Botol

Hindari sebisa mungkin untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia. Bahan kimia jika terlalu sering dikonsumsi hanya akan membuatmu ketergantungan. Jika kamu tengah menstruasi dan merasakan sakit yang teramat sangat, cara ini sangat ampuh dan mudah sekali diikuti.

Siapkan botol bekas obat sirup yang sudah dicuci atau botol plastic bekas, isi air hangat. Kemudian gulung botol dengan handuk atau kain. Setelah itu, posisikan tubuhmu untuk berbaring menghadap kanan, buka sedikit bajumu dan letakkan botol tadi disekitar area perutmu. Biarkan rasa hangat menyerap kedalam kulit dan perutmu yang tengah tegang karena sedang bekerja keras mengeluarkan darah kotor dari tubuhmu.
 

5. Jangan Pedulikan Mitos
5. Jangan Pedulikan Mitos

Dilarang keramas, tidak boleh makan es batu atau air dingin, tidak boleh berenang. Tahu kah kalian? Semua itu sebenarnya adalah mitos, dan tidak ada penelitian yang membuktikannya.
Kamu bisa minum air dingin, karena air yang sudah masuk ke tubuhmu akan dicerna. Apalagi es yang masuk tentu akan mencair. Begitupun dengan mitos lainnya diatas, nyatanya tidak ada penelitian tentang hal itu. Jadi jangan sampai kamu stress dan tersiksa karena semua mitos itu ya!
 

6. Jangan Menyembunyikan Emosimu
6. Jangan Menyembunyikan Emosimu

Perubahan emosi mendadak, dan rasa sensitif akan dialami perempuan saat menstruasi. Hal itu adalah lumrah dan memang benar adanya. Karena perempuan yang tengah menstruasi akan mengalami perubahan hormon yang menyebabkan emosi yang fluktuatif atau naik turun.
Perhatikan setiap tips diatas, jangan sampai ada yang terlewat, ya. Maka kamu akan jalani masa menstruasimu dengan lebih nyaman!
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular