Sering Lakukan Hal Ini Saat Cuci Muka? Duh, Mending STOP dari Sekarang!

Sering Lakukan Hal Ini Saat Cuci Muka? Duh, Mending STOP dari Sekarang!
source: https://i.postimg.cc/cHZsBmkJ/shutterstock-1320012167-1-2048x.jpg

Mencuci muka merupakan salah satu rutinitas untuk menjaga kebersihan wajahmu sehari-hari. Sayangnya, masih banyak kesalahan saat kamu mencuci muka, Ladies. Padahal jika kita melakukannya dengan salah justru berpotensi merusak kulit bahkan membuat jerawatan.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Melakukan cuci muka merupakan salah satu ritual menjaga wajah supaya bersih dari kotoran dan debu. Namun, masih banyak sebagian dari kalian yang tidak sadar bahwa kesalahan dalam kebiasaan mencuci muka.

Jika kesalahan tersebut masih kita lakukan hingga sekarang, mari ubah kebiasaan itu, Beautynesian. Karena mencuci muka dengan sembarangan bukan mendapat wajah yang mulus dan bersih, tapi membuat wajahmu jerawatan dan merusak kulit.

1. Mencuci tangan sebelum mencuci muka
1. Mencuci tangan sebelum mencuci muka

Tahap pertama ini sering dilupakan banyak orang, padahal tangan merupakan sumber bakteri yang menempel setelah kita beraktivitas di luar ruangan. Enggak kebayang kan jika kamu mencuci muka tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, hiyy.

<baca juga>
2. Membilas muka terburu-buru sehingga menggosok kulit wajah
2. Membilas muka terburu-buru sehingga menggosok kulit wajah

Agar wajah lebih bersih dan segar, kamu memerlukan waktu setidaknya dua menit agar kotoran pada wajah hilang secara keseluruhan. Konsentrasikan pijatan di daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak. Dan apapun  jenis kulit yang kamu punya, tidak perlu untuk menggosok wajah terlalu keras. Karena ini akan mengancam elastisitas dan membuat kulit tertarik oleh pembersih muka, seperti masker, cleanser, atau pembersih lainnya.

Lalu kamu perlu menghindari kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk, sebaiknya gunakan tisu atau tepuk-tepuk wajah. Karena terdapat banyak bakteri yang mengendap pada handukmu. Jika memang mau menggunakan handuk, bedakan handuk khusus wajah dan mandi.

3. Terlalu sering mencuci muka
3. Terlalu sering mencuci muka

Hal ini bukan membuat mukamu menjadi lebih bersih, justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produk minyak berlebih (sebum). Kamu hanya perlu mencuci muka selama dua kali sehari, yaitu pagi dan malam.

Saat di pagi hari, kamu wajib mencuci muka karena ketika kamu tidur kulit akan melakukan pembersihan diri, mendorong limbah, dan kotoran sisa keluar menuju kelenjar keringat dan pori-pori. Jadi tetap ada residu sampah yang tersisa pada kulit. Lalu kamu harus rutin melakukannya setiap hari.

<baca juga>
4. Selektif memilih produk
4. Selektif memilih produk

Jangan tergiur rekomendasi teman atau iklan televisi soal pembersih mukamu, Ladies. Karena, masing-masing kulit wajah berbada masalahnya. Pertama, kamu harus kenali permasalahan kulit yang dialami, supaya kamu tahu produk pembersih seperti apa yang tepat.

Pilihlah produk yang tidak terlalu ringan, yang akan membuat kamu merasa harus cuci muka hingga lebih dari dua kali sehari. Tapi, tidak terlalu keras juga, yang akan membuat wajah iritasi atau kering dan kencang setelah cuci muka.

Pembersih muka yang bagus harus benar-benar menghilangkan segala jenis kotoran, sisa makeup, dan debu yang menempel. Namun tidak melucuti terlalu banyak minyak alami dan sel-sel kulit sehat kamu.

5. Jangan bilas menggunakan air panas
5. Jangan bilas menggunakan air panas

Sebenarnya air panas bukan hal yang akan membuat pori-pori wajahmu terbuka, karena pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup. Air panas justru akan membuat kulit kering dan iritasi. Maka tinggalkan kebiasaan dan kepercayaan yang selama ini kamu terapkan. Kamu bisa bedakan hasil yang berbada dan puas tentunya, Beautynesian.

6. Menggunakan pelembap saat kulit sudah kering
6. Menggunakan pelembap saat kulit sudah kering

Langkah terakhir ini mungkin salah satu tahap yang penting dalam rutinitas serangkaian skincare kamu. Moisturizer atau pelembap akan menyegel kelembapan alami dari kulitmu dan bertindak sebagai penghalang terhadap racun, radikal bebas, dan partikel asing yang berbahaya bagi kulit.

Oleskan pelembap segera setelah cuci muka saat wajih masih terasa lembap, lalu pijat wajah dengan lembut. Selalu pijat dalam gerakan ke atas untuk menghindari kulit tertarik. Hal ini berlaku pada serum dan produk perawatan wajah lainnya.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular