Menstrual Cup Bisa Jadi Pengganti Pembalut? Cari Tahu Informasi Lengkapnya di Sini Yuk!

Menstrual Cup Bisa Jadi Pengganti Pembalut? Cari Tahu Informasi Lengkapnya di Sini Yuk!
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/bc70ec1f24c77e8b23e33afd019bf83b.jpeg

Saat ini menstrual cup atau cangkir menstruasi menjadi barang yang cukup banyak dibicarakan. Produk ini digadang-gadang bisa menjadi alternatif pengganti pembalut yang lebih baik bagi lingkungan. Tapi sebenarnya apa itu menstrual cup dan bagaimana cara kerjanya? Cari tahu di artikel ini, yuk!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Menstruasi adalah siklus bulanan yang pasti akan dialami oleh wanita dengan kondisi sistem reproduksi yang subur. Umumnya untuk menampung darah menstruasi digunakan pembalut atau tampon. Tapi saat ini muncul produk lain, penampung darah menstruasi yang tengah banyak dibicarakan, yaitu menstrual cup. Bisa berkali-kali digunakan dan minim timbulkan iritasi, benarkah menstrual cup adalah alternatif yang lebih baik dari pembalut?

Mengenal Menstrual Cup
Mengenal Menstrual Cup

Menstrual cup atau dikenal juga sebagai cangkir menstruasi adalah produk yang berguna untuk menampung darah menstruasi. Menstrual cup berbentuk seperti corong, biasanya terbuat dari karet atau silikon. Berbeda dengan pembalut atau tampon yang menampung darah menstruasi dengan cara menyerapnya, menstrual cup menampung darah menstruasi ke dalam sebuah ruangan kedap udara sehingga tidak menimbulkan bau dan lebih minim risiko darah bocor.  

<baca juga>
Cara Memakai Menstrual Cup
Cara Memakai Menstrual Cup

Pada dasarnya menstrual cup digunakan dengan cara memasukkannya ke dalam vagina. Untuk kamu yang baru pertama kali mencoba menggunakan menstrual cup bisa melumasi bibir corong menstrual cup dengan air atau pelumas water based agar lebih mudah dimasukkan

Kemudian jepit atau lipat corong menstrual cup menjadi dua dengan salah satu tangan, lalu masukkan corong dalam keadaan terlipat dan menghadap ke atas ke dalam vagina secara perlahan. Bagian corong yang terlipat akan otomatis terbuka ketika sudah masuk ke dalam vagina.

Setelah posisi mentrual cup terasa nyaman, masukkan kembali sedikit jari ke dalam vagina, putar bagian bawah corong untuk memasang segel kedap udara sehingga darah menstruasi tidak akan bocor. Menstrual cup yang terpasang dengan benar tidak akan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti terasa mengganjal. Posisi menstrual cup yang tepat yaitu berada beberapa cm dari saluran leher rahim.

Kelebihan Menstrual Cup
Kelebihan Menstrual Cup

Meskipun pemakaian menstrual cup terdengar sedikit menakutkan, tapi ternyata menstrual cup
memiliki banyak kelebihan dibanding pembalut. Menstrual cup merupakan produk pengganti pembalut yang ramah lingkungan karena bisa dicuci dan digunakan berulang.

Daya tahan menstrual cup bahkan bisa mencapai 10 tahun. Selain itu menstrual cup juga memiliki kapasitas yang besar, yaitu sekitar 40 ml. Sementara pembalut atau tampon hanya bisa menyerap darah sekitar 7 ml.

Menstrual cup yang bekerja dengan hanya menampung darah menstruasi juga bisa menjaga keseimbangan PH dalam vagina karena cairan alami vagina tidak akan ikut terserap seperti saat menggunakan pembalut. 

<baca juga>
Kekurangan Menstrual Cup
Kekurangan Menstrual Cup

Memiliki banyak kelebihan tak membuat menstrual cup luput dari kekurangan. Penggunaan
menstrual cup dinilai lebih sulit karena harus dimasukkan ke dalam vagina. Selain itu menstrual cup yang tersedia dalam berbagai ukuran juga mengharuskan penggunanya untuk mencoba beberapa produk hingga menemukan ukuran yang cocok.

Menstrual cup dinilai lebih berantakan, terutama ketika benda itu dicabut dari vagina, kemungkinan darah menstruasi bisa terciprat dan tercecer. Terakhir menstrual cup berisiko menimbulkan alergi, terutama bagi orang-orang yang memiliki riwayat alergi pada produk berbahan lateks, salah satu bahan pembuat menstrual cup

Tips untuk yang Ingin Mencoba Menstrual Cup
Tips untuk yang Ingin Mencoba Menstrual Cup

Menstrual cup memang menjadi produk yang sangat menarik, terutama bagi kamu yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan sering mengalami ruam akibat penggunaan pembalut.
Tapi bagi kamu yang ingin mencoba produk ini sebaiknya jangan sembarangan dalam membelinya.

Pilih menstrual cup yang sudah terjamin mutunya, seperti sudah memiliki izin edar BPOM. Untuk kamu yang memiliki alergi terhadap bahan lateks, pilih menstrual cup berbahan silikon. Jangan lupa untuk selalu mencuci bersih menstrual cup sebelum digunakan dan sterilisasi menstrual cup dengan cara merebusnya di air mendidih maksimal sebulan sekali.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular