Mengenal Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Aman Digunakan Berulang Kali

Mengenal Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Aman Digunakan Berulang Kali
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/c2c77e265ce395d6c1a4b1145409732a.jpeg

Menstrual cup dapat menampung darah hingga 40 mil. Daya tampung ini jauh lebih besar dibanding jenis pembalut lainnya, hanya 7 mil. Namun apakah aman digunakan? Simak tentang serba-serbi menstrual cup di bawah ini ya!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Selain pembalut biasa (pads) dan tampon, saat ini terdapat produk pembalut lain di pasaran yang mulai banyak diminati kaum hawa, yakni menstrual cup atau cangkir menstruasi.  

Menstrual cup adalah produk pembalut yang berbentuk corong. Produk ini terbuat dari bahan karet atau silikon yang aman digunakan dan dapat dipakai berulang kali dalam jangka panjang atau bertahun-tahun. 

Mengenal Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Aman Digunakan Berulang Kali

Sama dengan pembalut lainnya, menstrual cup juga berfungsi sebagai penampung darah selama menstruasi. Bedanya, pembalut pads atau tampon menyerap darah menstruasi, sedangkan menstrual cup menampung darah menstruasi, sehingga menurunkan risiko terjadinya infeksi bakteri. Tak hanya itu, menstrual cup juga mencegah kulit lecet atau ruam, masalah yang terkadang ditimbulkan pembalut pads.

Mengenal Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Aman Digunakan Berulang Kali
Simpan menstrual cup dalam wadah bersih setelah selesai digunakan.
source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325093.php

Terdapat dua ukuran menstrual cup. Pertama, ukuran besar. Biasanya, ukuran ini digunakan wanita yang sudah melahirkan atau berusia 30 tahun ke atas. Kedua, ukuran normal, dipakai wanita yang belum melahirkan atau berusia kurang dari 30 tahun. 

Menstrual cup mempunyai daya tampung lebih besar dibanding jenis pembalut lainnya, yakni hingga 40 mil, tergantung banyaknya darah menstruasi. Sementara pembalut lain hanya mampu menyerap darah kurang-lebih 7 mil. 

Tak heran, bila menstrual cup dapat digunakan lebih lama, bahkan seharian,  6-12 jam. Namun, jika dalam waktu tertentu banyak darah yang keluar, kamu bisa mencopotnya dan menggunakannya kembali setelah tampungan darah tadi dibuang dan dibersihkan. 

<baca juga>
Cara Menggunakan Menstrual Cup
Cara Menggunakan Menstrual Cup
source: https://www.vice.com/

Cara menggunakan menstrual cup hampir sama dengan tampon. Namun, sebelum dimasukkan ke dalam vagina, basahi dulu pnggir menstrual cup dengan air agar lebih mudah dimasukkan.

Untuk memakainya, kamu harus memposisikan diri senyaman mungkin, bisa dengan posisi duduk, jongkok, atau salah satu kaki diangkat ke atas. Kemudian, lipat menstrual cup menjadi dua bagian, lalu masukan ke vagina secara perlahan hingga hanya tersisa ujung cangkir. Kamu bisa menggoyang menstrual cup secara pelan-pelan jika posisi belum pas. 

Bagi kamu yang berminat mencobanya, kamu bisa membeli di apotek, drug store, dan online shop tepercaya ya. Harganya relatif lebih mahal memang, tapi bisa digunakan jangka panjang. Jadi, lebih ekonomis. 
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular