Ladies, Ternyata Ini Lho Penyebab Ketiak Jadi Hitam

Ladies, Ternyata Ini Lho Penyebab Ketiak Jadi Hitam
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/2de035b548eab102fa5532d3e96581ba.jpeg

Kesempurnaan penampilan biasanya jadi hal yang dijunjung setiap wanita. Dari mulai pakain, makeup sampai tubuh menjadi perhatian khusus bagi wanita yang suka keindahan. Untuk bagian tubuh sendiri, perawatan wanita bukan hanya di bagian luar, bahkan sampai ke bagian dalamnya, termasuk ketiak.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Meskipun tidak selalu terlihat seperti wajah dan bagian tubuh lainnya, tapi ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang diperhatikan juga perawatannya karena mempengaruhi penampilan saat menggunakan pakaian tanpa lengan.

Masalah ketiak yang biasa muncul adalah permukaannya yang menghitam dan kasar. Kalau sudah terjadi, ketiak hitam bisa mengurangi kepercayaan diri seorang wanita. Oleh karena itu, simak beberapa penyebab ketiak hitam dan cara mengatasinya berikut ini yuk:

1. Iritasi Karena Pisau Cukur
1. Iritasi Karena Pisau Cukur

Mencukur bulu ketiak mungkin merupakan salah satu kegiatan rutin wanita. Tapi caranya yang salah malah bisa membuat ketiak menjadi hitam karena kulit ketiak yang tergolong sensitif. Sebaiknya bercukurlah sehabis mandi saat keadaan kulit sedang lembap dan halus. Disarankan juga untuk mengoleskan krim cukur untuk menghindari risiko iritasi.

<baca juga>
2. Menumpuknya Sel Kulit Mati
2. Menumpuknya Sel Kulit Mati

Ketiak sebagai bagian tubuh yang mengeluarkan keringat cukup banyak memang berpotensi menjadi tempat menumpuknya bakteri dan sel kulit mati. Hal inilah yang meyebabkan ketiak menghitam dan berbau.

Cara mengatasi ketiak hitam untuk kasus yang satu ini adalah pemilihan deodorant yang tepat. Pilihlah deodorant yang mengandung antiperspirant untuk menghilangkan bakterinya dan mengontrol produksi kelenjar keringat pada ketiakmu ya.

3. Baju yang Terlalu Ketat
3. Baju yang Terlalu Ketat

Kalau kamu termasuk yang sering mengenakan pakaian yang ketat, kamu wajib hati-hati, Ladies! Ruang gerak tubuh yang terbatas karena pakaian ketat akan membuat permukaan kulit ketiak jadi lebih sering bergesekan dengan pakaian dan akan memicu warna ketiak yang menghitam. 

Sebaiknya jangan terlalu sering memakai pakaian ketat dan pilihlah model pakaian yang longgar dan tentunya nyaman dipakai setiap hari.

<baca juga>
4. Kelainan Hiperpigmentasi Kulit
4. Kelainan Hiperpigmentasi Kulit

Hipermpigmentasi kulit merupakan kondisi kelainan permukaan kulit ketiak yang terlalu hitam dan merupakan gejala penyakit Addison yang terjadi ketika kelenjar adrenalin tidak berfungsi dengan baik.

Untuk kondisi ini obat-obatan mengandung vitamin C dan asam kojik bisa kamu konsumi karena mampu mencerahkan sekaligus mengurangi hiperpigmentasi kulit. Tapi jika sudah terlalu lama, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk penanganan medis yang tepat. 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular