Dear Calon Pengantin, Lakukan Perawatan Ini Yuk Sebelum Menikah

Dear Calon Pengantin, Lakukan Perawatan Ini Yuk Sebelum Menikah
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/3eea1bc10f092c685f5d43f593984fd7.jpeg

Urusan persiapan pernikahan bukan hanya akad dan resepsi. Fisik yang prima, cantik, dan menawan juga harus menjadi perhatian. Jangan sampai kamu malah terlihat kusut dan kurang cantik di hari besar. Simak beberapa perawatan pra pernikahan yang patut dilakukan sebelum hari pernikahan.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Pernikahan adalah hal yang paling dinantikan dua insan yang saling mencintai. Segala keperluan pernikahan impian disiapkan sematang mungkin, termasuk perawatan diri. Sebagai perempuan tentu ingin tampil cantik dan menawan di hari bahagia termasuk di hadapan suami. Meski sibuk, paling tidak harus menyempatkan untuk perawatan diri, entah di salon ataupun dilakukan sendiri di rumah.

Kira-kira, perawatan apa aja sih yang sebaiknya dilakukan oleh para calon pengantin wanita?

Perawatan Badan
  • Lulur dan massage : Untuk mendapatkan kulit yang halus bercahaya, lakukan lulur paling tidak dua kali seminggu. Selain itu, lakukan massage untuk melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Sesuaikan varian lulur dengan kondisi kulit saat ini serta hasil yang diinginkan, apakah itu terlihat lebih cerah, menghaluskan, menghilangkan jerawat di bagian punggung atau dada, dan lain sebagainya.
  • Bekas luka dan jerawat: Perhatikan bekas luka ataupun jerawat yang ada di tubuh agar tidak mengganggu penampilan. Khusus di daerah lipatan, seperti ketiak dan selangkangan, bisa tambahkan krim pencerah khusus supaya warna kulit di sekitar area tersebut tidak gelap dan bisa mendekati warna kulit tubuh lainnya.
Perawatan Badan
source: https://balishukawedding.com/
  • Shaving: Tertarik untuk shaving rambut kaki dan ketiak agar lebih terlihat bersih di depan suami? Kamu bisa melakukan perawatan khusus waxing di salon khusus wax yang sudah banyak menjamur saat ini. Jika ingin mencoba sendiri, bisa juga dengan membuat sendiri sugar wax di rumah.
Siapkan madu, gula pasir, dan lemon. Larutkan semua bahan di atas api hingga gula mencair. Setelah cukup hangat, taburkan bedak tabur di atas rambut di bagian tubuh yang diinginkan. Ratakan sugar wax di atas tubuh searah pertumbuhan rambut, tempelkan kain keras di atasnya, tekan-tekan, lalu tarik secara cepat ke arah berlawanan rambut tumbuh. Ulangi di bagian lain dan rambut-rambut kecil yang belum terangkat.
<baca juga>
Perawatan Rambut
Perawatan Rambut
source: https://www.hairfinder.com/

Berhijab atau tidak, rambut wajib dirawat kapanpun. Kurangi styling maupun penggunaan tools yang menghasilkan panas agar rambut tidak bertambah rusak. Tetap rajin keramas seperti biasa dan beri nutrisi lebih pada rambut seperti kondisioner, hair spa, hair mask, vitamin rambut, dan sebagainya.

Ada baiknya memotong ujung-ujung rambut yang sudah terlihat rusak demi menjaga keindahan rambut. Melihat polusi udara yang makin parah, jangan sampai ketinggalan memberi perlindungan lebih pada rambut. Buat kamu yang suka pakai aksesoris rambut, seperti jepit atau topi, atur penggunaannya ya, jangan sampai menyakiti hingga membuat rambut patah dan rontok. Beri cukup waktu untuk rambut "bernapas" di suhu ruang agar tidak lembap yang menyebabkan gatal di kepala.

Manicure-Pedicure
Manicure-Pedicure
source: https://www.johnacademy.co.uk

Meski kecil, jari kaki dan tangan juga perlu dirawat. Bayangkan, ketika kamu bersalaman dengan banyak orang dan kukumu dalam keadaan kusam atau belum terpotong, malu banget, kan?! Ketika kamu memakai open toe shoes dan ternyata ada kotoran yang nyempil di kuku. Ewww, nggak banget!

Minimal kamu harus rajin memotong kuku kaki dan kanan jika sudah panjang dan kikir ujungnya agar lebih halus. Kamu bisa tambahkan hand cream dan foot cream untuk menjaga kelembapan. Hindari belang di kaki dan tangan dengan rajin memakai tabir surya. Jangan lupakan kaus kaki atau sarung tangan saat beraktifitas di luar ruangan, kurangi terpapar langsung sinar matahari.

Rawat kuku-kuku jari tangan dan kaki dengan menyikatnya secara lembut agar lebih berkilau serta beri sedikit krim. Oleskan nail polish bening sebagai top coat di atas kuku saat sedang tidak memakai nail polish berwarna agar kuku terlihat berkilau.

<baca juga>
Perawatan Wajah
Perawatan Wajah
source: https://www.infoaging.org/

Badan sudah, apalagi selanjutnya? Yup, jangan lupa merawat wajah cantikmu ya. Meski setiap hari sudah rajin skincare routine, jangan sampai terlewatkan. Lakukan eksfoliasi secara seimbang untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit. Rutin pakai masker minimal seminggu dua kali. Sebisa mungkin kurangi coba-coba skincare mendekati hari pernikahan. Jika ternyata skincare tidak cocok di wajah, kamu masih punya waktu untuk mengatasi reaksinya. Lakukan facial untuk lebih memaksimalkan perawatan.

Perawatan dari Dalam Tubuh
Perawatan dari Dalam Tubuh
source: http://koreatimes.co.kr

Sibuk merawat yang di luar, tapi dalam tubuh dilupakan. Duh, jangan sampai ya. Bagaimanapun kesehatan fisik adalah yang utama, mengingat panjangnya persiapan pernikahan impian ladies. Pastikan tidur cukup minimal 6 jam sehari dan berkualitas. Sempatkan olahraga paling tidak di akhir pekan ya, supaya tubuhmu tetap kuat. Makan makanan bergizi, kurang junkfood, buah, dan multivitamin secara seimbang.

Mungkin yang tidak kamu sadari, akan banyak mengalami stress dan tekanan lebih dari biasanya. Usahakan tidak denial jika kamu merasa terlalu overwhelmed dengan semua urusan, akui saja. Minggir sejenak dari rutinitas, tenangkan diri, hentikan semua aktifitas. Kamu bisa rileks sejenak dengan duduk, tarik dan buang napas secara perlahan. Lakukan beberapa kali hingga diri merasa cukup tenang. Sempatkan me time untuk kembalikan semangatmu.

Kebersihan Organ Intim
Kebersihan Organ Intim
source: https://kstarnews.co.id/

Menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim bukan hanya semata-mata untuk memuaskan suami, tapi juga untuk diri sendiri. Sebagai area sensitif, hindari perawatan yang dapat memicu adanya sakit ataupun luka pada organ intim. Jaga kelembapannya dengan rajin berganti pakaian dalam dan membasuh dengan air bersih setelah buang air.

Jangan lupa untuk melap organ intim hingga kering. Jika kamu memiliki masalah kewanitaan, ada baiknya dikonsultasikan sebelum menikah agar masih bisa diobati, apalagi jika berencana untuk segera memiliki anak.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular