Jaga Tubuh Tetap Sehat, Kamu Wajib Konsumsi Deretan Makanan yang Kaya Vitamin B12 Ini

Jaga Tubuh Tetap Sehat, Kamu Wajib Konsumsi Deretan Makanan yang Kaya Vitamin B12 Ini
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/6d/Good_Food_Display_-_NCI_Visuals_Online.jpg/800px-Good_Food_Display_-_NCI_Visuals_Online.jpg

Vitamin B12 bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah dan berperan menjaga keseimbangan sistem saraf pusat. Penting jaga kesehatan, yuk dapatkan vitamin B12 dengan konsumsi makanan berikut!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Vitamin B12 merupakan salah satu jenis Vitamin B. Vitamin B12 ini disebut juga dengan nama kobalamin. Perlu kamu ketahui, kobalamin termasuk dalam jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat dari kobalamin atau Vitamin B12 adalah sebagai berikut:

  1. Membantu menjaga kesehatan mata, kulit dan sistem saraf pusat.
  2. Sebagai penghasil sel darah merah sehingga orang yang kekurangan Vitamin B12 akan terkena anemia.
  3. Membantu pelepasan energi pada makanan yang telah dikonsumsi oleh tubuh.
  4. Sebagai salah satu zat yang membantu dalam aktivasi asam folat dalam tubuh manusia.
  5. Vitamin yang ikut berperan penting pada proses pembentukan DNA.

Nah, setelah mengetahui manfaat Vitamin B12, penting sekali untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang kaya akan kandungan Vitamin B12? Berikut adalah 10 makanan yang kaya akan Vitamin B12!

1. Kepiting

Sudah bukan rahasia lagi kepiting adalah salah satu makanan yang sangat lezat dan gurih. Baik orang dewasa maupun anak-anak menyukai makanan yang satu ini. Selain lezat, daging kepiting juga kaya akan kandungan Vitamin B12. 3 ons kepiting memiliki kandungan Vitamin B12 sebesar 10,3 mcg. Selain kaya akan Vitamin B12, kepiting juga kaya jenis vitamin lainnya, seperti magnesium, Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin A.

1.	Kepiting
source: https://cdn.pixabay.com/photo/2016/12/30/10/52/seafood-1940291_960_720.jpg
<baca juga>
2. Kerang

Kerang termasuk salah satu makanan yang kaya Vitamin B12. Semangkuk kerang dapat memenuhi kebutuhan harian akan Vitamin B12 bagi orang dewasa. 3 ons kerang mengandung 84 mcg Vitamin B12. Plihlah kerang yang masih fresh. Selain memiliki kandungan Vitamin B12, kerang juga kaya akan lemak, kalori, asam lemak omega 3, protein, kalium, kalsium, magnesium, selemium, mangan, Vitamin C dan Vitamin A.

2.	Kerang
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/49/Clam_chowder_with_whole_clams.jpg/800px-Clam_chowder_with_whole_clams.jpg
3. Sarden

Sarden adalah golongan makanan yang kaya Vitamin B12 di mana dalam 3 ons sarden mengandung 7,6 mcg Vitamin B12. Selain kaya akan Vitamin B12, sarden juga kaya akan asam lemak omega 3, Vitamin D dan kalsium. Kandungan kalsium dalam 3 ons sarden sama dengan kalsium pada 8 ons susu. Artinya, mengonsumsi sarden bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

3.	Sarden
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c2/Grilled_Sardines_5.50%E2%82%AC_Marisqueira_O_Varino_Nazar%C3%A9_%283785526688%29.jpg
<baca juga>
4. Salmon

Satu lagi makanan bersumber dari laut yang kaya akan Vitamin B12, yaitu salmon. Perlu kamu ketahui, dalam 3 ons daging salmon memiliki kandungan Vitamin B12 sebesar 4,8 mcg. Selain itu, daging salmon juga kaya akan asam lemak omega 3 dan kaya akan protein.
 
Kandungan nutrisi dalam daging salmon dinilai bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Namun, perlu diingat cara memasak salmon yang baik dan menyehatkan adalah memasaknya dengan cara dipanggang.

4.	Salmon
source: https://cdn.pixabay.com/photo/2018/11/19/12/10/grilled-3825149_960_720.jpg
5. Daging Merah Sapi

Salah satu manfaat Vitamin B12 dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging merah sapi. Daging sapi terutama daging merah kaya akan kandungan nutrisi, seperti: protein, magnesium, Vitamin B riboflavin dan Vitamin B12.
 
Perlu kamu ketahui, dalam 3 ons daging merah sapi memiliki kandungan Vitamin B12 sekitar 1,3 mcg. Selain itu, kandungan Vitamin B riboflavin dapat membantu mengatasi sindrom pra mentruasi (PMS).
 
Banyaknya kandungan nutrisi pada daging merah bukan jaminan aman dalam mengonsumsinya. Asal tidak berlebihan dalam mengonsumsi daging merah, kita dapat terhindar dari risiko penyakit jantung. Hal tersebut karena daging merah tinggi akan kandungan kolesterol yang dapat membahayakan jantung.

5.	Daging Merah Sapi
source: https://www.needpix.com/photo/1020144/sauerbraten-meat-meat-dish-pot-roast-braised-roast-side-dishes-spaetzle-eat-hearty
6. Jeroan Sapi dan Kambing

Mungkin di antara kamu banyak menyukai makanan olahan dari bahan utama jeroan sapi dan kambing. Nah, makanan yang terbuat dari olahan jeroan sapi dan kambing ini, ternyata termasuk makanan yang kaya Vitamin B12.
 
Jeroan sapi dan kambing yang dimaksud, seperti ginjal dan liver. Perlu kamu ketahui, seporsi ginjal sapi dan kambing memiliki kandungan Vitamin B12 yang tinggi. So, bagi kamu yang memiliki riwayat anemia, kamu dapat mengonsumsi jeroan sapi dan kambing.

6.	Jeroan Sapi dan Kambing
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b3/Pates_p1150435.jpg/1200px-Pates_p1150435.jpg
7. Telur Ayam

Sudah bukan rahasia lagi, telur ayam kaya akan nutrisi. Selain memiliki kandungan Vitamin D dan protein yang tinggi, telur ayam memiliki kandungan Vitamin B12 sekitar 0,6 mcg. Manfaat Vitamin B12 yang dapat diambil dari sebutir telur ayam adalah dapat memperkuat tulang.
 
Bagi kamu yang suka mengonsumsi telur ayam sebaiknya perlu memperhatikan bagaimana cara memasak telur yang benar. Cara memasak telur yang tepat dan sehat untuk dikonsumsi adalah dengan cara merebusnya dan dapat juga dibuat telur orak-arik tanpa bumbu yang berlebihan.

7.	Telur Ayam
source: http://res.publicdomainfiles.com/pdf_view/139/13974474014280.jpg
8. Tahu

Makanan yang satu ini adalah makanan yang berasal dari olahan kedelai, yaitu tahu. Siapa sangka tahu kaya akan kandungan nutrisi, seperti: karbohidrat, lemak nabati, protein, mineral,  kalori, fosfor, kalsium, kalium, Vitamin E dan Vitamin B12.
 
Perlu kamu ketahui, kandungan Vitamin B12 di setiap 100 gram tahu adalah 24 mcg. Selain itu, tahu ini juga aman dikonsumsi karena mengandung asam lemak tak jenuh. So, bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi tidak perlu takut untuk mengonsumsi tahu asal tidak berlebihan.

8.	Tahu
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/66/Tofu_4.jpg/1024px-Tofu_4.jpg
9. Keju

Mungkin di antara kamu ada yang takut untuk mengonsumsi keju karena ada yang beranggapan keju mengandung lemak yang tinggi. Namun anggapan tersebut kurang tepat karena kandungan lemak di setiap jenis keju berbeda-beda. Oleh karenanya dalam mengonsumsi keju harus memilih jenis keju yang rendah lemak.
 
Setiap jenis keju memiliki kandungan gizi yang berbeda, namun secara umum keju mengandung protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, Vitamin A, Vitamin B dan Vitamin B12. Perlu kamu ketahui, di setiap 100 gram keju mengandung Vitamin B12 sebesar 3,1 mcg. Oleh karena itu, manfaat Vitamin B12 pada keju sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang.

9.	Keju
source: http://updatedtrends.com/wp-content/uploads/2014/10/low-fat-cheese-options.jpg
10. Susu Skim/Low Fat

Susu mengandung Vitamin D yang kaya akan kalsium. Hal yang sama juga berlaku pada susu skim (low fat) atau susu rendah lemak yang kaya akan kalsium. Selain itu, susuk skim ini termasuk dalam daftar makanan yang kaya Vitamin B12.
 
Kandungan Vitamin B12 dalam 240 ml susu skim adalah 1,2 mcg. Selain kaya akan kalsium dan Vitamin B12, susu skim juga kaya akan mineral. Dengan mengonsumsi susu skim setiap harinya maka kamu akan mendapatkan manfaat Vitamin B12 yaitu membantu aktibasi asam folat.

10.	Susu Skim/Low Fat
source: https://economictimes.indiatimes.com/magazines/panache/3-glasses-of-milk-per-day-can-keep-heart-diseases-away/articleshow/65838726.cms

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular