Niat dan Tata Cara Salat Gaib untuk Presiden BJ Habibie

Niat dan Tata Cara Salat Gaib untuk Presiden BJ Habibie
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/2bd962478e8b4c31d9fd3dc355721749.jpeg

Berakhirnya umur di dunia atau meninggal adalah hal yang tak pernah dapat dihindari. Baik yang akan meninggalkan maupun yang ditinggalkan. Yang ditinggalkan, bagi umat muslim, dianjurkan untuk melakukan salat jenazah. Adapun yang berada jauh dari tempat kita, ada salat gaib namanya. Apa sih salat gaib itu? Bagaimana caranya? Simak di bawah ini, yuk!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Pada Rabu lalu tepatnya 11 September 2019, mantan presiden ke-3 kita, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie (83) meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Darat (RPSAD) Gatot Subroto, Jakarta. Semua yang ditinggalkannya berduka dan juga berterimakasih atas jasa-jasanya. Mengingat banyaknya jasa yang telah diberikan untuk negeri ini dan juga kisah cinta abadi Habibie Ainun, banyak yang melakukan salat gaib untuk mendoakan beliau.

Niat dan Tata Cara Salat Gaib untuk Presiden BJ Habibie
source: https://www.instagram.com/b.jhabibie/
BJ Habibie quotes : "Saya diberi kenikmatan oleh Allah ilmu teknologi, sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama lebih manfaat untuk umat Islam, kalau saya disuruh milih antara keduanya maka saya akan memilih ilmu agama."
source: https://www.instagram.com/b.jhabibie/

Apa itu shalat gaib? Shalat gaib adalah shalat yang hampir mirip dengan shalat jenazah tapi dilakukan dengan jarak jauh. Seperti kita yang akan melaksanakan shalat gaib tersebut untuk BJ Habibie. Namun shalat gaib tidak diperuntukkan untuk siapa saja yang meninggal dunia, karena jika sudah ada umat muslim lain yang menshalatinya, maka salat jenazah alias salat gaib untuk yang berada jauh jaraknya sudah gugur kewajibannya dan menjadi sunnah. Kecuali memang tidak ada muslim yang mensalatinya.

source: https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2019/09/12/f37a25cd-c108-4db4-977b-bb3e1c82564c_169.jpeg?w=780&q=90

Lain halnya untuk orang-orang yang memberi banyak manfaat. Sebagian ulama menganjurkan melaksanakan salat gaib untuk orang yang memberikan manfaat dalam hal agama, harta, ilmu, dan juga amalannya. Seperti BJ Habibie meninggal dan kita ingin melaksanakan salat gaib misalnya.

Tata cara salat gaib itu mirip dengan salat jenazah, yaitu dilakukan dengan empat takbir tanpa rukuk dan sujud. Namun perlu diketahui perbedaannya, karena jenazah tidak ada di depan mata maka salatnya menghadap ke kiblat.

Pada takbir pertama (takbiratul ihram) mambaca surat Al Fatihah tanpa membaca doa iftitah terleih dahulu. Pada takbir yang kedua membaca shalawat nabi. Kemudian pada takbir yang ketiga mendoakan si mayat dengan bacaan,

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

“Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, lindungilah dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.” - (HR. Muslim)

Pada rakaat keempat, atau rakaat terakhir berhenti sejenak kemudian salam.

Niat dan Tata Cara Salat Gaib untuk Presiden BJ Habibie
source: https://id.pinterest.com/
Habibie quotes : "Belajarlah bersyukur dari hal-hal yang baik di hidupmu, dan belajarlah menjadi kuat dari hal-hal yang buruk di hidupmu."
source: https://id.pinterest.com/

Begitulah tata cara salat gaib bagi yang ingin melaksanakannya untuk BJ Habibie. Semoga semua amalan baik beliau diterima Allah subhanahu wa ta'ala.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular