Jarang Disadari, 5 Tanda Awal Kehamilan Ini Sering Diabaikan

Jarang Disadari, 5 Tanda Awal Kehamilan Ini Sering Diabaikan
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/1aad4266b5816f1bb8ff8224d1b419bf.png

Tanda awal kehamilan yang paling umum diketahui adalah terlambat datang bulan dan adanya rasa mual. Namun selain dua tanda tersebut, kehamilan biasanya disertai juga dengan tanda-tanda pendukung lainnya yang seringkali tidak disadari dan diabaikan begitu saja. Berikut ini 5 tanda awal kehamilan yang sering tidak disadari.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Peningkatan Suhu Tubuh
Peningkatan Suhu Tubuh
source: https://tandaawalkehamilan.com/wp-content/uploads/2018/12/Cara-Mengobati-Demam-pada-Ibu-Hamil.jpg

Tanda yang pertama adalah peningkatan suhu tubuh. Meskipun tidak begitu ekstrem, namun suhu tubuh akan meningkat dan terasa lebih hangat terutama ketika tidur. Hal ini disebabkan karena peningkatan metabolisme di dalam tubuh ketika masa kehamilan. Tanda ini jarang disadari oleh wanita hamil karena peningkatan suhu tubuh sudah biasa terjadi terutama ketika sedang kelelahan.

Nyeri Payudara
Nyeri Payudara
source: https://i2.wp.com/live-balancinglifewithjovita.com/wp-content/uploads/2019/03/img_7203.jpg?fit=606%2C540&ssl=1

Kehamilan membawa perubahan hormon karena terjadi peningkatan hormon progesteron dan estrogen. Selain itu, aliran darah ke payudara juga meningkat dan menyebabkan payudara menjadi lebih kencang dan sensitif. Tak jarang, hal ini juga akan menimbulkan rasa nyeri. Meskipun tanda ini cukup jelas terasa, namun nyeri payudara sering tidak disadari sebagai tanda kehamilan karena wanita biasa merasakannya menjelang datang bulan.

<baca juga>
Lebih Sering Buang Air Kecil
Lebih Sering Buang Air Kecil
source: https://flo.health/uploads/media/sulu-1230x-inset/08/948-Frequent%20urination%203.jpg?v=1-0&inline=1

Pada masa kehamilan, terjadi peningkatan volume darah yang menyebabkan ginjal bekerja lebih keras pula untuk menyaringnya. Dari aktivitas tersebut, dihasilkan cairan urin yang lebih banyak sehingga kandung kemih wanita hamil pun lebih cepat penuh. Jadi bagi kamu para calon ibu yang sedang menunggu tanda-tanda kehamilan, boleh dicek, nih, ketika tiba-tiba intensitas buang air kecil meningkat drastis.

Perut Kembung
Perut Kembung
source: https://asianparent-assets-id.dexecure.net/wp-content/uploads/sites/24/2019/08/Sindrom-dispepsia-lead.jpg

Tanda hamil muda berikutnya yang seringkali tidak disadari adalah perut kembung. Pada awal kehamilan, perut akan sering terasa kembung dengan rasa yang mirip seperti ketika mestruasi. Inilah yang menyebabkan tanda ini jarang disadari sebagai tanda kehamilan. Gejala perut kembung ini masih berhubungan dengan perubahan hormon.

<baca juga>
Lebih Mudah Lelah
Lebih Mudah Lelah
source: http://imgcdn.mommiesdaily.com/2016/03/lelah-saat-bangun-tidur.jpg

Merasa lebih mudah lelah dibanding biasanya? Bisa jadi itu adalah salah satu tanda kehamilan. Masih berhubungan dengan perubahan hormon, peningkatan hormon progesteron akan membuat wanita hamil menjadi lebih mudah lelah dan mengantuk meskipun tidak ada aktivitas khusus yang dijalani.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih apakah kehamilanmu ini mengandung anak perempuan atau laki-laki bisa baca artikelnya lebih lanjut di sini ya!


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular