Mudah dan Praktis, Ini Resep Buat Kue Bolu di Rumah

Mudah dan Praktis, Ini Resep Buat Kue Bolu di Rumah
source: https://oss.beautynesia.id/photo/temporary/52a7a6bf638a2ede208b08a73b4120b1.jpeg

Pastinya kesal kan ketika membuat kue namun hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan? Misalnya keras dan tidak mengembang alias bantat. Tapi jangan khawatir Ladies, kali ini Beautynesia akan memberikan beberapa tips dan trik membuat kue bolu anti bantat dan anti gagal yang bisa k,amu coba di rumah.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Membuat kue memang aktivitas menyenangkan bagi yang suka. Apalagi jika kamu pintar mengkreasikan kue menjadi inovasi baru yang unik dan lezat. Tapi ada kalanya kamu gagal membuat kue sesuai keinginan. Seperti gosong, menjadi keras, kaku atau bahkan tidak mengembang dengan sempurna. Hasilnya tidak menarik dan tidak bisa dimakan.

Salah satunya kita sering menemukan masalah tersebut pada saat membuat bolu. Nah, ternyata Ladies, dalam proses pembuatan kue bolu yang lezat dan tidak mengembang ada beberapa resep dan tips yang harus diikuti. Penasaran?

Resep membuat kue bolu anti bantat
 
source:https://id.pinterest.com/

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Telur 3 butir
  • SP 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 50 gram
  • Tepung terigu 100 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • MInyak goreng 50 ml
  • Air matang 50 ml
  • Pewarna makanan sesuai selera 1/2 sendok teh
Cara membuat kue bolu
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat kue bolu adalah mencampurkan tepung terigu dengan baking powder
  2. Pisahkan bagian putih dan kuning pada telur
  3. Lalu kocok putih telur sampai berbusa
  4. Kemudian setelah kocokan putih telur berbusa, masukkan gula dengan cara diayak dan selanjutnya masukkan SP dan kuning telur.
  5. Kocok bahan-bahan tersebut hingga mengental, lanjut dengan menambahkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan baking powder yang sudah diayak sebelumnya.
  6. Masukkan minyak dan air secara bergantian, kemudian kocok dengan mixer berkecepatan rendah.
  7. Agar tampilan kue menarik, bisa campurkan pewarna makanan lalu aduk hingga merata.
  8. Tuangkan adonan yang sudah tercampur tadi ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan kertas baking.
  9. Jika sudah, panggang dengan api kecil selama 70  menit hingga matang. Setelah itu tunggu dingin sebelum disajikan.

Tips mebuat kue bolu anti bantat

1. Semua bahan yang disediakan harus bersuhu ruangan
 
source:https://www.farmanddairy.com

Sebelum membuat kue pastinya hal pertama yang kita harus lakukan adalah memilih bahan yang pas dan cocok untuk digunakan saat membuat kue bolu. Ladies tahu? menggunakan telur yang dingin sebagai bahan pembuatan bolu akan membuat sulit naik saat dikocok.

Begitu juga margarin, selain itu jangan menuangkan margarin yang baru saja dilelehkan langsung ke dalam adonan alias ketika margarin masih panas-panasnya. Sebaiknya tunggu terlebih dahulu agak hangat setelah itu baru boleh dimasukkan ke dalam adonan.

2. Proses melelehkan margarin
 
source:https://www.landolakes.com

Walaupun tidak boleh langsung dimasukkan setelah dilelehan, margarin yang sudah cair juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruangan, lho. Nah triknya, saat proses mengaduk adonan yang sudah setengah berjalan, segera lelehkan margarin di atas panci dengan api super kecil. Jika margarin sudah mencair semua, segera matikan api dan angkat lalu pindahkan ke wadah. Selanjutnya, sambil tetap mengocok adonan, margarin hangat siap untuk dituang.

3. Pastikan untuk perhatikan wadah dan alat yang digunakan
 
source:https://www.walmart.ca

Tidak hanya bahan, dalam proses pembuatan kue selalu pastikan untuk memeriksa wadah dan alat yang akan digunakan. Wadah dan alat yang digunakan harus benar-benar kering dan bersih. Jangan sampai ada bekas air, minyak, atau bahkan mentega yang menempel. Wadah lembap pun tidak boleh digunakan, karena itu lah yang menjadi penyebab adonan bolu menjadi bantat.

Jika sudah selesai dicuci, gunakan lap wadah dan diamkan dahulu di suhu ruang semalaman agar kering dengan sendirinya. Kalau sudah alat dan wadah siap digunakan.

4. Cara menuang bahan-bahan untuk membuat kue bolu
 
source:https://id.pinterest.com/

Tips ketiga adalah cara menuang bahan-bahan ke dalam adonan. Dalam proses menuang bahan-bahan kedalam adonan juga harus berhati-hati dan perlahan-lahan. Seperti menuang tepung terigu (pastikan untuk mengayak terlebih dahulu supaya tidak ada gumpalan). Tuangkan sebagian terlebih dahulu, lalu aduk menggunakan spatula. Jika sudah tercampur rata baru lah tuang lagi tepung sampai habis.

Agar menganduknya tidak berkali-kali, gabungkan tepung terigu, baking powder, susu bubuk, atau maizena. Begitu juga dengan bahan cair seperti margarin yang bisa digabungkan dengan pasta, susu cair, atau santan.

Tapi sebelum itu, pastikan juga berat bahan sudah sesuai dengan resep, ya. Jika salah sedikit, bolu bisa otomatis menjadi bantat.

5. Lamanya mengocok adonan kue bolu
 
source:http://www.erabaru.net

Selanjutnya, untuk mengocok adonan tidak boleh dikocok terlalu lama. Saat mengocok telur, gula dan emulsifier gunakan mixer dengan kecepatan yang rendah. Lalu kemudian, naikkan kecepatan mixer supaya adonan mengembang dan naikkan ke kecepatan paling tinggi untuk mengokohkan adonan.

Untuk tingkat lamanya mengocok juga harus disesuaikan. Jika terlalu cepat berhenti, nantinya adonan akan kurang stabil dan cepat turun bahkan selama adonan masih dipanggang. Namun, kalau terlalu lama, adonan juga akan menjadi terlalu banyak. Nah, ini akan membuat udara masuk ke adonan dan menyebabkan bantet.

6. Mengatur temperatur oven untuk menganggang kue bolu
 
Source:https://lifestyle.okezone.come

Selesai dengan membuat adonan kue, pastikan sebelumnya sudah memanaskan oven. Jika terlalu lama menunggu, adonan yang sudah mengembang akan cepat turun kembali. Panaskan oven sekitar 5-10 menit. Kalau oven terlalu panas, akan membuat adonan menjadi cepat gosong. Jika adonan belum mengembang sempurna, jangan membuka tutup pintu oven.

Untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belu, Ladies bisa tusuk bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate. Bila sudah tidak ada lagi adonan yang menempel, tandanya kue sudah matang dengan sempurna dan siap disantap.

Itu dia tadi beberapa tips-tips yang bisa Ladies ikuti untuk membuat bolu supaya tidak bantat dan anti gagal. Membuat bolu memang sedikit banyak menggunakan beberapa trik khusus yang harus diperhatikan. Semoga tips ini bisa membantu Ladies untuk membuat bolu yang enak di rumah. Selamat mencoba!

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular