Selain Keraton Surakarta, 4 Museum Instagrammable di Solo Ini Jadi Tempat Wisata

Selain Keraton Surakarta, 4 Museum Instagrammable di Solo Ini Jadi Tempat Wisata
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/95d0e6e5b7d241eb4c10b55da4ab1da8.jpeg

Kota Solo memiliki beberapa museum yang bisa dijadikan alternatif untuk liburan. Museum-museum tersebut tidak hanya kental dengan nuansa sejarah, tapi juga instagrammable.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Jika berkunjung ke kota Solo, Jawa Tengah, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Keraton Surakarta. Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta. Tapi, apakah kamu tahu bahwa Kota Solo tak hanya identik dengan Keraton Surakarta. Sekarang, banyak tempat-tempat wisata yang semakin berkembang dan instagrammable di Solo. Apa saja?
 

1. Museum Lokananta
1. Museum Lokananta

Terletak di Jalan Ahmad Yani 387, Surakarta, kini Lokananta telah ditetapkan sebagai situs cagar budaya oleh Pemerintah. Lokananta sendiri merupakan sebuah perusahaan rekaman musik pertama di Indonesia yang berdiri pada 29 Oktober 1956. Jika dilihat dari luar, sekilas bangunan museum Lokananta memang nampak tak terurus. Namun, ketika masuk ke dalam, para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai CD dan kaset hasil alih media dari piringan hitam.

Ada juga koleksi mesin-mesin keluaran tahun 1980-an dan koleksi piringan hitam. Buat kamu yang tertarik mengunjungi Lokananta, kamu bisa datang di hari Senin-Jumat pada pukul 08.00 - 16.00 WIB. Menariknya, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati wisata sejarah kepingan musik di Lokananta ini, alias gratis. 

<baca juga>
2. De Tjolomadoe
2. De Tjolomadoe

Dulunya, De Tjolomadoe merupakan pabrik gula yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lalu di bawah kepemimpinan Jokowi sebagai Wali Kota Solo, bangunan ini diubah menjadi museum yang menyuguhkan berbagai mesin lawas yang digunakan untuk memproduksi gula. Mesin-mesin tersebut masih terlihat sangat kuat dan kokoh.

Tata letak dan desain interior di dalam museum ini juga instagrammable, sehingga sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi. Selain museum, tempat ini juga dilengkapi dengan kafe dan toko souvenir yang menjual batik hingga aksesori berbahan batik.

Museum De Tjolomadoe yang merupakan bekas pabrik ini juga pernah disulap menjadi Concert Hall untuk penyanyi internasional sekelas David Foster pada Maret 2018 lalu, lho. Untuk jam kunjung, kamu bisa mengunjungi museum De Tjolomadoe setiap hari pada pukul 08.00 - 18.00 WIB dan hanya perlu membayar parkir kendaraan saja. 

3. The Herritage Palace
3. The Herritage Palace

Buat kamu yang suka fotografi landscape bertemakan bangunan lawas ala Eropa, di sinilah tempatnya. Serupa dengan De Tjolomadoe, The Herritage Palace ini dulunya juga merupakan bekas pabrik gula Gembongan di kawasan Sukoharjo. Sejak diresmikan pada 9 Juni 2018 lalu, The Herritage Palace sudah menarik banyak pengunjung.

Selain pemandangan bangunan bernuansa Eropa klasik, para pengunjung juga bisa menyaksikan koleksi mobil-mobil antik pada zaman Belanda. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai lukisan menakjubkan di wahana Museum 3D Trick Art yang ada di dalamnya. The Herritage Palace buka setiap hari Senin-Kamis pukul 10.00-18.00 WIB dan Jumat-Minggu pukul 09.00-21.00 WIB.

Untuk menikmati semua ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp65 ribu saja. Namun, jika hanya ingin sekedar melihat dan foto-foto dengan latar bangunan Eropa klasik, kamu hanya perlu membayar Rp10 ribu. Cukup terjangkau, bukan?

<baca juga>
4. Tumurun Private Museum
4. Tumurun Private Museum

Seperti namanya, museum ini sebenarnya memang museum pribadi yang dibuka untuk umum. Pemilik museum ini merupakan anak dari pendiri perusahaan terbesar di Asia, PT Sritex. Ia mendirikan museum ini sebagai bentuk penghormatan kepada sang ayah yang merupakan seorang kolektor sekaligus penikmat karya seni.

Berbagai karya masterpiece dari seniman Indonesia bisa kamu temui di dalamnya. Karena merupakan museum pribadi, museum ini tidak bisa dikunjungi secara dadakan. Kamu harus melakukan reservasi setidaknya satu hari sebelum berkunjung. Jumlah pengunjung juga hanya dibatasi 10 pengunjung setiap harinya. 

Itulah deretan museum instagrammable yang ada di Kota Solo. Kamu, paling suka yang mana nih?


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular