6 Tutorial Rok Lilit Batik yang Praktis untuk Kondangan

6 Tutorial Rok Lilit Batik yang Praktis untuk Kondangan
source: https://i.pinimg.com/564x/5b/0c/e8/5b0ce8651e3aee7a81e9985daea199b2.jpg

Rok lilit dianggap sulit untuk digunakan. Untuk itu kita memiliki 6 tutorial mudah penggunaan rok lilit yang dapat kamu gunakan.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Rok lilit banyak digunakan sebagai paduan untuk kebaya. Tetapi sayangnya masih banyak orang yang bingung dengan menggunakan rok lilit. Padahal rok cantik satu ini dapat dibentuk menjadi model yang cantik dan membuat tampilan lebih anggun, penasaran? Inilah inspirasi yang dapat kamu gunakan.

Rok Lilit Berlayer
Rok Lilit Berlayer
source: https://id.pinterest.com/vlalida/

Rok lilit kondangan satu ini dapat kamu gunakan dengan mudah, Ladies. Kamu hanya memerlukan kain panjang dapat berupa batik ataupun songket. Untuk membuat rok lilit kuat dan tidak terbuka saat digunakan kamu membutuhkan peniti. Cara menggunakan rok lilit untuk style kondangan ini kamu hanya perlu mengikuti hal berikut ini:

  1. Gunakan rok lilit dengan bagian kanan lebih pendek dari bagian kiri.
  2. Ukur bagian pinggang, kemudian ambil kain yang pas dengan pinggang sebelah kanan dan ikat dengan ujung kain sebelah kiri. Angkat ujung sebelah kanan dengan membuat bagian asimetris dan berlayer. Untuk membuat ikatan makin sempurna rapihkan dan kuatkan dengan peniti.
  3. Ambil sisa kain sebelah kiri tarik ke atas dan buat layer. Masukan bagian ujung yang telah dibuat layer ke bagian dalam rok. Hingga menutupi pertemuan ikatan tadi yang di no 2. Rapihkan bagian pinggang dan rok lilit kondangan cantik untuk digunakan.
<baca juga>
Rok Lilit Songket

 

Rok Lilit Songket
source: https://id.pinterest.com/meeriza92/

Untuk menggunakan rok lilit satu ini untuk style kondangan sangat mudah, kamu hanya perlu sebuah rok lilit dengan dua tali yang telah disiapkan. Tali ini biasannya telah ada dalam rok lilit. Sehingga penggunaanya lebih mudah daripada kamu menggunakan kain lilit. Hal yang harus kamu lakukan:

  1. Pertama gunakan rok lilit dengan bagian samping kiri lebih pendek dari kanan. Biasannya pada rok lilit sudah disiapkan kancing pada bagian pinggang. 
  2. Setelah bagian kiri tertutup, ambil bagian kanan, lipat menjadi kerutan sampai ujung. Kemudian ikatkan pada tali yang berada pada pinggang. Masukan tali dan sisa ujung rok dan rok lilitmu dapat langsung kamu gunakan.
Rok Lilit Juntaian

 

Rok Lilit Juntaian
source: https://id.pinterest.com/vinayapt/

Rok lilit ini favorit para wanita untuk ke kondangan. Modelnya yang cantik dan selalu pas dipadukan dengan kebaya. Untuk membuat rok lilit satu ini sangkat mudah kamu hanya membutuhkan rok lilit yang cantik yang serasi dengan kebaya yang akan kamu gunakan. Cara membuatnya:

  1. Pertama gunakan rok lilit sesuai dengan pinggang kamu, ikatkan tali atau kancing yang berada dalam rok lilit tersebut. 
  2. Setelah menjadi rok, tarik bagian yang lebih panjang, dan atur menjadi ruffle. Tari kebagian atas, dan masukan sedikit pada bagian dalam rok. Untuk membuat kuat dan tidak keluar kamu dapat menggunakan bros cantik ataupun peniti di bagian dalam.
<baca juga>
Rok Lilit Sederhana dengan Ring Gold

 

Rok Lilit Sederhana dengan Ring Gold
source: https://id.pinterest.com/nadapd/

Rok lilit satu ini lebih simple dan mudah untuk digunakan. Walaupun begitu modelnya tidak kalah cantik dan membuat penampilan anggun. Kamu dapat menggunakan rok lilit satu ini dengan paduan kebaya ataupun blouse cantik untuk style kondangan. Carannya mudah kamu hanya memerlukan rok lilit dan ring gold

  1. Pertama gunakan rok lilit dengan bagian kiri lebih pendek dari sebelah kanan. Tarik ujung sebelah kiri dan ikatkan ke tali yang ada dalam rok sebelah kanan. Rapihkan dan buat sedikit kerutan.
  2. Ambil ujung bagian kanan, tarik ke atas sehingga menimbulkan kerutan dan juntaian. 
  3. Masukan ring gold ataupun gesper ke dalam ujung kanan dan tarik kesamping. Masukan sisa ujung sebelah kanan dan rapihkan rok lilit. Rok lilit cantikpun dapat kamu padukan dengan kebaya cantik kesukaanmu.
Rok Lilit dengan Ikat Pinggang

 

Rok Lilit dengan Ikat Pinggang
source: https://id.pinterest.com/n09092518/

Inspirasi rok lilit yang cantik untuk kondangan selanjutnya adalah dengan menggunakan belt atau ikat pinggang. Untuk ikat pinggangnya sendiri kamu bebas untuk menggunakan yang kamu sukai, tetapi untuk membuat tampilan cantik gunakanlah yang berwarna metalic, gold ataupun silver. Sesuaikan juga dengan kain lilit dan kebaya yang digunakan. Cara untuk membuat rok lilit ini:

  1. Gunakan rok lilit dengan salah satu bagian lebih panjang. Ikatkan bagian yang pendek sehingga membentuk rok atau apabila kamu menggunakan kain lilit cukup satukan kain, karena rok akan aman dengan ikat pinggang. 
  2. Tarik bagian sisi yang lebih panjang ke atas dan amankan dengan ikat pinggang.
  3. Rapihkan dan buatlah juntailaian. Rok lilit siap digunakan untuk kondangan.
Ruffle Rok Lilit

 

Ruffle Rok Lilit
source: https://id.pinterest.com/leknoi2/

Rok lilit satu ini terbilang sangat simple dan anggun untuk digunakan. Untuk menggunakan rok lilit ini kamu membutuhkan ikat pinggang untuk mengamankan rok agar tidak melorot. Berbeda dari sebelumnya rok lilit satu ini akan menutupi ikat pinggang yang digunakan. Sehingga pilihlah ikat pinggang yang berukuran kecil. Cara untuk menggunakan rok lilit ini adalah:

  1. Gunakan rok lilit dengan bagian kiri dan kanan berbeda panjang. 
  2. Gunakan seperti biasa, apabila ada kancing pada bagian dalam, dapat digunakan. Tetapi apabila tidak juga tidak apa-apa.
  3. Setelah membentuk rok, ambil bagian yang paling panjang, dan bentuk menjadi ruffle dengan cara melipatnya. Setelah terbentuk lipatan yang diinginkan gunakan ikat pinggang untuk menahan rok.
  4. Rapihkan bagian ikat pinggang dengan memasukan ujung atas rok kedalam ikat pinggang, sehingga ikat pinggang tertutupi.

Gimana tutorial rok lilit diatas? Cukup mudahkan untuk digunakan?


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular