Serba-serbi CV untuk Kamu yang Ingin Cepat Dapat Kerja

Serba-serbi CV untuk Kamu yang Ingin Cepat Dapat Kerja
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/565dd7736092868de1310b3584bd4773.png

CV (Curriculum Vitae) adalah tiket untuk mendapat pekerjaan. Ole karena itu kamu tidak boleh asal. Begini serba-serbi CV yang harus kamu ketahui jika ingin cepat dapat kerja yang kamu inginkan.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Sulit mendapatkan pekerjaan tanpa CV, terutama jika kamu seorang fresh graduate atau lulusan baru. CV adalah tiket masuk dunia pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan impian. Daripada bingung dan justru salah membuat CV, lebih baik kamu baca artikel ini ya, Ladies. Di artikel ini, Beautynesia akan membahas serba serbi CV yang harus kamu ketahui. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Bagaimana Cara Membuat CV Bagi Fresh Graduate?
Bagaimana Cara Membuat CV Bagi Fresh Graduate?
source: https://www.pexels.com

Dibandingkan dengan orang yang sudah berpengalaman, mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate mungkin lebih susah dilakukan. Tapi, tidak ada yang tak mungkin, Ladies. Meski berstatus sebagai fresh graduate, kamu tetap memiliki kesempatan besar mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Lantas, bagaimana cara membuat CV yang tepat bagi fresh graduate?

PancaNita Manalu, Regional Head of HR at Green Park Content, membagikan tips-tips penting bagi para fresh graduate untuk membuat CV yang menarik. Menurutnya, fresh graduate perlu meng-highlight prestasi dan pencapaian selama mengemban pendidikan di dalam CV.

"Posisi ini (mencari pekerjaan sebagai fresh graduate) dilalai semua orang. We all used to be fresh graduate with no experiences. Tapi sekarang orang yang baru lulus bukan berarti no experiences. Saya sendiri lulus tahun 2009, sudah punya pengalaman 3 tahun sebagai asisten dosen, pengawas di ujian, dan lain-lain. Bagi fresh graduate, penting untuk meng-highlight dia punya achievement dan involvement," ungkapnya. 

PancaNita menambahkan, prestasi dan keterlibatan fresh graduate di berbagai kegiatan penting untuk dimasukkan ke dalam CV untuk menunjukkan kemampuan dan ketertarikan. Tentu saja, kegiatan yang dimasukkan dalam CV harus berhubungan dengan posisi kerja ya, Ladies. Informasi seputar hobby, prestasi, pekerjaan sampingan, dan berbagai kegiatan-kegiatan menarik lainnya bisa kamu masukkan ke dalam CV sebagai poin plus.

<baca juga>
Apa yang Membuat CV Spesial?
Apa yang Membuat CV Spesial?
source: https://www.pexels.com

Menurut Ladies, apa yang membuat CV spesial? Mungkin kamu punya banyak jawaban yang bisa jadi benar. Namun yang terpenting adalah isinya, Beautynesian. Bahkan jika CV yang kamu buat begitu bagus dari segi desain, jika isinya tak menarik, rasanya sulit bagimu untuk dilirik.

Menurut PancaNita, yang dapat membuat CV spesial adalah dengan meng-highlight pengalaman-pengalaman yang kamu punya. Jika kamu sudah punya pengalaman kerja, cobalah mendaftar prestasi-prestasi yang pernah kamu raih selama bekerjaa di perusahaan. Mendaftar skill dan keahlian dapat setidak banyak menggambarkan kemampuanmu secara keseluruhan.

Ingat Ladies, kamu punya banyak saingan. Perusahaan yang kamu tuju tidak hanya melihat CV-mu. Bagaimana caramu bersaing dengan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan CV lainnya? Jawabannya adalah dengan mencantumkan informasi-informasi paling penting dan menarik dari dirimu.

Untuk memudahkan perusahaan mengenalmu dalam waktu singkat, buatlah summary di CV. PancaNita menyarankan pembuatan summary pada CV berupa basic intoduction yang tidak lebih dari satu paragraf. Coba saja, dan kamu akan lihat sendiri manfaatnya.

Apa yang Harus Dimasukkan Dalam CV?
Apa yang Harus Dimasukkan Dalam CV?
source: https://www.pexels.com

Tidak perlu bingung memilih data-data yang harusnya kamu masukkan dalam CV. PancaNita menjelaska, kamu cukup memasukkan informasi yang berkaitan dengan posisi yang kamu tuju. 

"Kalau sedang mengincar posisi sebagai guru, kamu bisa masukkan informasi bahwa kamu adalah certified teacher misalnya. Intinya, masukkan skill sesuai posisi pekerjaan yang diiinginkan. Kalau kamu apply pekerjaan sebagai dokter tapi mencantumkan skill sebagai MC, pastinya enggak nyambung," ungkapnya.

<baca juga>
Apa yang seharusnya tidak dimasukkan dalam CV?
Apa yang seharusnya tidak dimasukkan dalam CV?
source: https://www.pexels.com

Kamu sudah tahu apa yang seharusnya dimasukkan dalam CV. Lalu, apa yang tidak boleh? Banyak orang tidak memperhatikan hal ini, Ladies. Kamu mungkin ingin memasukkan semua informasi tentang dirimu dalam CV. But wait, tidak begitu cara kerjanya. CV harus dibuat secara profesional, karena tujuanmu adalah mendapatkan pekerjaan di bidang profesional, bukan? Jadi, ada beberapa informasi yang perlu kamu hindari untuk dimasukkan di CV. 

PancaNita menyebutkan bahwa informasi detail tentang kondisi fisikmu tidak perlu dimasukkan dalam CV. Informasi-informasi seperti "sexy body type", "Chinese", dan informasi seputar fisik maupun etnik lainnya tidak perlu kamu masukkan dalam CV, Ladies. Fokuslah pada keahlian dan kemampuan yang mungkin bisa kamu kontribusikan kepada perusahaan tujuanmu.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular