5 Tanda Kamu Mungkin Mengalami Masalah Jantung yang Harus Diketahui

5 Tanda Kamu Mungkin Mengalami Masalah Jantung yang Harus Diketahui
source: https://cdn-prod.medicalnewstoday.com/content/images/articles/313/313958/chest-pain.jpg

Apakah kamu curiga ada yang salah dengan jantungmu? Waspadai tanda-tanda ini, dan temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Mudah lelah
Mudah lelah
source: https://images.pexels.com/photos/371109/pexels-photo-371109.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940
Kelelahan yang dimaksud bukan sekedar karena kurang tidur, namun kelelahan ekstrim. Jika kamu merasa lelah terus-menerus, ini mungkin pertanda kamu mengalami masalah jantung. Banyak wanita mengabaikan tanda ini karena yakin kondisi tubuh akan membaik dengan sendirinya. Padahal, kelelahan ekstrim bisa jadi pertanda masalah yang lebih serius.

Kelelahan ekstrim yang kamu alami terjadi karena kurangnya oksigen. Saat kadar oksigenmu rendah, jantung akan bekerja dua kali lebih keras untuk memompa oksigen dalam tubuhmu. Tapi perlu diingat, jangan menyimpulkan masalah jantung berdasarkan gejala ini saja. Ada beberapa gejala lainnya yang perlu kamu perhatikan.
Kaki membengkak
Kaki membengkak
source: https://www.usnews.com/dims4/USNEWS/9c1a3a7/2147483647/thumbnail/1280x853/quality/85/?url=http%3A%2F%2Fcom-usnews-beam-media.s3.amazonaws.com%2Fe7%2F15%2F49e98a61471c996b8d51c079ab12%2F170301-swollenfeet-stock.jpg
Pembengkakan kaki terjadi karena beberapa alasan. Mulai dari kehamilan, varises, hingga kelelahan karena berjalan kaki dalam jarak tempuh yang jauh. Tapi berbeda ketika kamu mengalami penyakit jantung.

Dilansir dari https://www.health.com, menurut Michael Miller, MD, profesor Kedokteran dan Kardiovaskular di Fakultas Kedokter, pembengkakan kaki bisa terjadi akibat jantung tidak memompa darah secara kurang efisien. Hal ini bisa juga menjadi tanda gagal jantung, karena pembengkakan adalah salah satu gejala katup jantung tidak menutup secara normal.

Tetapi, selain gejala gagal jantung, pembengkakan pada kaki juga bisa disebabkan oleh diabetes. Gejala gagal jantung biasanya akan disertai dengan gejala lainnya, seperti sesak napas dan juga kelelahan.
<baca juga>
Rasa sakit saat berjalan
Rasa sakit saat berjalan
source: https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/2018-7/Feet_Floor_Home-1200x628-Facebook.jpg
Selain pembengkakan dan kelelahan, tanda selanjutnya adalah rasa sakit ketika berjalan. Saat berjalan, kamu akan menggunakan otot pinggul dan kaki. Ketika keduanya sering kram, itu artinya ada penumpukan lemak di bagian arteri kaki yang berhubungan dengan penyakit jantung. Jika kakimu terus merasakan kram dan kesemutan, itu mungkin pertanda bahwa ada kemungkinan 50 persen kamu pengalami penyumbatan jantung, Ladies
Pusing berkelanjutan
Pusing berkelanjutan
source: https://media.allure.com/photos/585c0da26e92de8d3ad26562/16:9/w_1280,c_limit/headache.jpg
Gejala ini sering dirasakan oleh penyakit selain jantung. Tapi ketika kamu pergi ke gym dan berkunang-kunang, ini tandanya jantungmu tidak memompa darah dengan maksimal. Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi, misalnya saja snemia, atau inflamasi otot. Menurut Dr. Miller, tekanan darah yang berasal dari jantung berujung pada rasa pusing dan kunang-kunang dikarenakan otakmu kekurangan oksigen.
<baca juga>
Detak jantung yang sangat keras saat tidur
Detak jantung yang sangat keras saat tidur
source: https://greatergood.berkeley.edu/images/made/images/uploads/Five_Tips_for_Women_Who_Have_Trouble_Sleeping_640_480_c1-fb.jpg
Beautynesian, pernahkah kamu mendengar detak jantungmu sendiri saat akan tidur? Beberapa pasien dengan katup jantung rusak katanya dapat mendengar suara jantung mereka saat tertidur.  Karena tidak nyaman, seringkali mereka mengubah posisi tidurnya. Detak jantung yang berdebar kencang bisa jadi dikarenakan adanya tekanan darah rendah, anemia, dehidrasi, dan juga efek obat-obatan.

Sumber: https://www.health.com

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular