Jerawat Batu Muncul di Jidat? Segera Atasi dengan Cara Ampuh dan Aman ini!

Jerawat Batu Muncul di Jidat? Segera Atasi dengan Cara Ampuh dan Aman ini!
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/ade80d1cb1babfd62029e90790d09850.jpeg

Punya masalah dengan jerawat batu di jidat? Mungkin cara berikut bisa jadi solusinya!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Munculnya jerawat memang akan sangat menganggu penampilan dan kurangnya percaya diri. Jerawat muncul karena hormon anrodrogen - hormon yang menyebabkan perubahan pada kulit dan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan jerawat. 

Munculnya jerawat batu di dahi sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti malas membersihkan wajah, kurang berolahraga sehingga menyebabkan lemak menumpuk. Solusi yang tepat agar jerawat tidak muncul lagi adalah dengan mengobatinya. Ada beberapa cara yang bisa Ladies lakukan untuk mengobati bahkan menghilangkan jerawat batu di dahi. Berikut di antaranya!

Tidak memencet atau menekan jerawat
 
source:https://lifestyle.kompas.com

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah memencet atau menekan. Kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit memiliki jaringan parut atau bekas luka yang permanen. Jerawat yang pecah dapat menyebabkan bakteri, bakteri yang berasal dari tangan akan masuk ke dalam lapisan kulit.

Memecahkan jerawat juga akan membuat bakteri yang ada dalam jerawat mengenai pori-pori di sekitar kulit lainnya dan menimbulkan jerawat baru. Jadi, biarkan jerawat sembuh dengan sendirinya, ya.

Gunakan obat antibiotik
 
source:https://id.pinterest.com

Jerawat batu tidak bisa disembuhkan secara tuntas hanya dengan memakai obat jerawat saja. Bila memiliki masalah dengan jerawat batu, Ladies bisa konsultasi kepada tenaga ahli, yaitu dokter kulit atau ahli dermatologi.

Antibiotik adalah salah satu obat yang akan diberikan oleh dokter kulit untuk mambantu mengontrol bakteri. Antibiotik juga bisa meringankan peradangan pada jerawat batu. Obat antibiotik tablet akan diberikan sesuai dengan usia, tipe jerawat dan kondisi jerawat. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat oles lainnya yang mengandung benzoly peroxide.

Mengubah gaya hidup
 
source:https://www.go-dok.com

Walaupun sudah mengonsumsi obat-obatan untuk jerawat, menyingkirkan jerawat batu dan mencegahnya datang kembali perlu kamu lakukan. Mulailah kebiasaan baik seperti tidur yang cukup, rajin berolahraga dan jangan lupa selalu bersihkan kulit setelah berolahraga, selalu menjaga kebersihan tangan dan jangan terlalu sering menyentuh bagian wajah.

Kurangi kebiasaan buruk seperti memencet jerawat. Biasakan selalu membersihkan wajah dua kali sehari dengan menggunakan sabun, selalu menggunakan tabir surya, dan pilihlah obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid, asam glycolic atau alpha hyroxyl acid, yang mampu mengurangi berlebihnya minyak di permukaan kulit,

Menggunakan bahan-bahan alami

Selain cara di atas, ada juga cara alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat batu di dahi, di antaranya:
  • Lidah Buaya
source:https://id.pinterest.com

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang mampu mengobati berbagai penyakit kulit. Seperti luka bakas, untuk perawatan rambut dan bahkan jerawat. Adanya kandungan antioksidan, mineral, vitamin C dan E dapat membantu mengempeskan jerawat di wajah. Caranya:
  1. Siapkan lidah buaya secukupnya dan kupas kulitnya
  2. Setelah itu oleskan gel lidah buaya pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit
  3. Kemudian bilas dengan air hangat, lakukan 2 kali sehari pagi dan malam agar jerawat cepat mengering dan terkelupas sendiri.
  • Putih Telur
source:https://id.pinterest.com

Selain nikmat untuk dikomsumsi, putih telur juga dapat membantu untuk menghilangkan jerawat. Adanya kandungan enzim lusozim ini mampu membantu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya:
  1. Siapkan satu buah telur, lalu pisahkan kuningnya,dan ambil bagian putihnya saja.
  2. Lalu kocok putih telur tersebut sampai mengembang, dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.
  3. Diamkan 10 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Kunyit, Jeruk Nipis dan Madu
source:https://id.pinterest.com

Cara lainnya adalah dengan menggunakan masker kunyit, jeruk nipis, dan madu. Cara pembuatannya:
  1. Haluskan terlebih dahulu kunyit secukupnya, kemudian tambahkan jeruk nitips dan 2 sendok makan madu.
  2. Lalu aduk hingga merata sampai berbentuk pasta, gunakan sebagai masker wajah.
  3. Diamkan sampai 10 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.
  • Jeruk Nipis
source:https://id.pinterest.com

Jeruk nipis adalah buah yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Jeruk nipis memiliki kandungan untuk membunuh bakteri yang ada dikulit wajah. Cara memakainya:
  1.  Siapkan jeruk nipis 2-3 buah, dan belah jeruk nipis menjadi 2 bagian
  2.  Kemudian peras jeruk nipis dengan saringan, dan oleskan air perasan jeruk ke wajah yang berjerawat, biarkan sekitar 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat.
Efek dari menggunakan jeruk nipis ini yaitu rasa perih diwajah, namun lama kelamaan kulit akan terbiasa dan tidan merasakan lagi.
  • Tomat
source:https://id.pinterest.com

Banyaknya cairan dalam buah tomat, yang dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dari dalam dan luar tubuh. Ternyata buah tomat mampu memberikan khasiat yang luar biasa untuk wajah, terutama untuk wajah yang berjerawat dan dapat menghilangkan bekas jerawat secara alami. Begini cara memakainya.
  1.  Siapkan 1 buah tomat, iris menjadi beberapa bagian tipis.- Lalu haluskan tomat dengan sendok dan oleskan pada wajah secara merata.
  2.  Kemudian tunggu kurang lebih 15-25 menit, setelah itu cuci dan bersihkan.

Kompres menggunakan es batu
 
source:https://intisari.grid.id

Es batu juga dikenal ampuh untuk mengobati masalah kulit. Termasuk untuk mengobati jerawat baru. Jika mulai terasa muncul jerawat sebaiknya ambil es batu dan mengompresnya langsung ke area yang akan terasa ditumbuhi jerawat selama beberapa detik. Ini akan berfungsi untuk mengurangi kemerahan dan meredakan peredangan pada jerawat.

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular