[Konten Spesial] Kesuksesan Rollover Reaction Memerdekakan Perempuan Indonesia Lewat Makeup

[Konten Spesial] Kesuksesan Rollover Reaction Memerdekakan Perempuan Indonesia Lewat Makeup
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/ed1ffed221b24ebd6f502435113cdbec.jpeg

Rollover Reaction menjadi salah satu pionir brand lokal yang hadir untuk memerdekakan cantikmu. Karena cantik itu mudah dan bebas, seperti kamu berkreasi dalam makeup di wajah.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

"Cantik itu mudah. Cantik itu bebas. Cantik itu bisa didefinisikan semua orang tanpa ada batasnya."

Ya, untuk tampil cantik tidaklah sulit. Kuncinya, percaya diri dan syukuri apa yang kamu miliki. Misalnya saja warna kulit, yang kerap menjadikan perempuan Indonesia kurang percaya diri dan larut dalam standar kecantikan yang tidak sesuai. Bahkan memaksakan diri untuk memilikinya. 

Rollover Reaction menjadi salah satu pionir brand lokal yang hadir untuk memerdekakan cantikmu. Dalam wawancara ekslusif Beautynesia bersama Dinar, salah satu pendiri Rollover Reaction mengatakan Rollover Reaction mendorong perempuan Indonesia untuk tampil percaya diri dengan apa yang mereka punya. Lewat koleksi makeup, Rollover Reaction, justru memberi edukasi dan perlahan mengubah pandangan 'cantik' yang kerap diidentikan dengan rambut lurus, tubuh kurus, atau kulit putih.

[Konten Spesial] Kesuksesan Rollover Reaction Memerdekakan Perempuan Indonesia Lewat Makeup

Didirikan 2014, Dinar Amanda dan ketiga sahabatnya, Tinanda Nabila, Sarah Novia, dan Novianti Haryanto sadar betul bahwa perempuan Indonesia butuh produk makeup lokal berkualitas tanpa harus jauh-jauh untuk membeli di luar negeri. Ditambah saat itu, belum banyak produk lokal yang 'peduli' dengan cantiknya perempuan Indonesia. 

"Lima tahun lalu itu ruangnya kosong. Ada celah di situ, bahkan kita di Indonesia negara manufaktur. Ketika beli kosmetik mahal-mahal atau jastip ternyata pas dilihat manifaktunya Indonesia. Tapi sayang, generasi kita itu kurang interesting dengan produk lokal. Jadi kenapa enggak untuk buat?," ujar Dinar selaku Co-Founder Rollover Reaction.

[Konten Spesial] Kesuksesan Rollover Reaction Memerdekakan Perempuan Indonesia Lewat Makeup

Sesuai dengan artinya, kemunculan Rollover Reaction memberikan reaksi-reaksi positif bahkan sejak merilis produk pertamanya, yaitu Lip and Cheek Cream. 

"Bahkan lip and cheek ini di market Indonesia itu nggak ada formulanya. Jadi kita develop dari awal, kita juga direct ke vendorlah untuk bikin sesuai yang kita mau. Sebelumnya aku coba dulu sampai bibir aku kering, kebas dan bahkan pecah-pecah sampai ketemu formula yang bagus dan buat cream to powder," ceritanya.

Memang, butuh riset panjang untuk menemukan formula yang tepat. Selain itu, Dinar dan sahabat-sahabatnya sadar betul akan kebutuhan produk yang praktis dan cocok di warna kulit perempuan Indonesia. 

"Jadi kita buat produk multifungsi dan sepraktis mungkin untuk dipakai di bibir, mata dan pipi. Selain itu warnanya juga kecoklatan karena kulit wanita Indonesia itu warm, kan. Kalau inget dulu, kebanyakan lipstik warna pink atau orange yang kurang cocok. Jadi, memang nggak ada orang yang develop dan mikirin sampai dipakai kulit wanita Indonesia zaman sekarang tuh gimana," jelas Dinar.

<baca juga>
[Konten Spesial] Kesuksesan Rollover Reaction Memerdekakan Perempuan Indonesia Lewat Makeup
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

Dinar sempat tidak percaya diri dengan lip and cheek yang diproduksinya. Apalagi produksi kosmetik mewajibkannya, harus memproduksi dalam jumlah yang banyak. Namun, Rollover Reaction disambut hangat oleh masyarakat. Produknya laris manis. Bahkan perlahan memajukan industri kecantikan Tanah Air.

"Awalnya kita buat target pesimis dan realistis. Kejual sebulan cuma 60 dari 1000. Kita mikir siapa yang mau beli, intinya sehari kejual dua. Ternyata pas launching antusiasnya beda. Produknya sold, bahkan kejual ke seluruh Indonesia sampai kita harus restock lagi."

Rollover Reaction berhasil membuat produk yang unik. Lewat lip and cheek, Dinar dan ketiga sahabatnya menjawab keresahan perempuan Indonesia untuk tampil cantik.

"Nggak ada tolak ukurnya karena ini something new. Ternyata ini beyond, hal-hal yang ditunggu-tunggu dan fresh. Banyak yang menghargai. Ternyata bener strategi kita, dari brandingnya juga yang belum pernah dilihat dimana-mana, bikin orang penasaran."

Mengedukasi Perempuan Indonesia
Mengedukasi Perempuan Indonesia
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

Produk Rollover Reaction memang identik dengan warna yang warm atau hangat. Hal ini rupanya salah satu cara untuk Dinar mengedukasi perempuan Indonesia, terutama warna kulit. Rollover Reaction sadar betul, kulit perempuan Indonesia cenderung berwarna sawo matang dan kuning langsat. 

"Stigma orang Indonesia tuh harus diubah, bukan masalah kulit putih tapi lebih mainin ke skintone. Karena mau pakai brightening apapun kalau skin onenya warm nggak bisa mereka jadi putih dengan skintone pink. Untuk itu, gimana caranya skintone kita jadi terlihat lebih bagus," tutur Dinar 

<baca juga>
Mengedukasi Perempuan Indonesia
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

Selain lewat produk, Dinar memberi edukasi lewat campaign yang dihadirkan Rollover Reaction. Coba saja kamu perhatikan media sosial Rollover Reaction, model yang mengenakan produknya pun beragam. Ada yang berkulit sawo matang, rambut curly, atau perempuan bertubuh curvy.

"Kita pengin lebih progresive juga sebagai lokal brand. Aku juga seneng ada dalam bagian ini, bikin campaign pengennya inclusive. Duh, udah nggak update banget yg stereoptipe yang harus kulit putih lah, rambut panjang lah. Kita malah suka banget kulit olive, rambut kriwil itu lucu banget,"

"Sebagai brand punya tanggung jawab gimana komunikasikan lewat makeup. Ini itu salah satu tools loh supaya kamu bisa berkreasi, misalnya suka memakai lipstik warna hitam ya kenapa enggak. Kita justru brand yang bakalan encorage, karena wanita punya keunikannya masing-masing," lanjutnya.

Mengedukasi Perempuan Indonesia
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/
Kolaborasi Public Figur dan Seniman Inspiratif
Kolaborasi Public Figur dan Seniman Inspiratif
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

Tak berhenti sampai situ, Rollover Reaction juga menghadirkan wanita-wanita inspiratif dalam produk kolaborasi edisi terbatas. Pertama, dalam koleksi  Maxwell merupakan edisi terbatas dari kolaborasi Puch dan Ykha Amelz. Kemudian Penny, kolaborasi Hellua (the lipstickmafiaaa) dan pola artistry.

Kolaborasi Public Figur dan Seniman Inspiratif
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

Kedua, Rollover Reaction berkolaborasi dengan aktris Asmara Abigail dan pelukis Talitha Maranila dalam koleksi bertajuk Mata Hari Glazed yang merupakan produk riasan mata terdiri dari glittery dan liquid tint eye. Asmara dinilai sebagai sosok unik dan inspiratif. Di samping itu, dia memiliki kulit sawo matang yang dinilai cocok untuk merepresentasikan keberagaman kulit wanita Indonesia. Talitha juga dianggap seniman muda inspiratif yang bisa mempresentasikan pandangannya ke bahasa visual yang menarik.

"Abigail ini kulitnya sawo matang dan matanya sedikit belo. Dia justru senang banget dibilang alien. Karena dia berbeda dengan yang lain dia justru bangga. Nah, aku mau menampilkan karakter yang berbeda-beda," kata adik dari Puch ini.

Kolaborasi Public Figur dan Seniman Inspiratif
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

Dinar mengatakan dalam setiap kolaborasinya ingin mengangkat profil wanita yang berbeda-beda. Seperti kolaborasi ketiga yang belum lama ini launching. Bertajuk CHUNKY! Di Kala Senja, Rollover Reaction berkolaborasi dengan artis cantik Putri Marino. Selain warna yang warm, ada cerita lain di balik pemilihan istri Chicco Jerikho ini. Di mana dia memiliki sifat introvert dan bagaimana menarik dirinya keluar dari zona nyaman ke dunia nyata serta berkembang menjadi dirinya saat ini.

"Kita memang ingin mengangkat profil wanita yang berbeda-beda. Ada Putri Marino, dia itu udah cantik tapi ternyata pemalu dan merasa kurang sama dirinya sendiri. Jadi ini usaha kita juga edukasi," cerita Dinar lagi.

Kolaborasi Public Figur dan Seniman Inspiratif
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

Di samping itu, Rollover Reaction juga menonjolkan seni dalam setiap kolaborasinya itu. Semua seniman yang dibawa memiliki keunikan sendiri. Dinar yang merupakan lulusan Desain mengaku ingin menjadikan kosmetik platform karya seni. 

"Makeup itu art yang ada di wajah, secara harafiah aku bawa ke visual ke packagingnya. Aku bawa seniman perempuan yang cantik, kece-kece, pintar, talented dan jago art juga. Jadi dua-duanya, baik itu artis dan senimannya memiliki nilai cantik dengan cara yang berbeda."

Hal inilah yang menjadikan Rollover Reaction berbeda. Meskipun sudah banyak brand makeup lokal saat ini, Rollover Reaction justru dua langkah lebih maju. Buktinya, produk-produk makeup yang dihadirkan sukses menjadi sesuatu yang dibutuhkan untuk memerdekakan cantiknya perempuan Indonesia.

Kolaborasi Public Figur dan Seniman Inspiratif
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

Dinar juga sadar persaingan di dunia kecantikan saat ini mulai ketat. Namun, hal ini dianggap positif baginya. Selain inudstri kecantikan yang maju, hal ini juga dijadikan motivasi untuk kerja keras mengeluarkan produk variasi lebih banyak dan paling penting fokus terhadap perkembangan Rollover Reaction sendiri. 

Kolaborasi Public Figur dan Seniman Inspiratif
source: https://www.instagram.com/rollover.reaction/

"Ini positif kok, orang jadi merasa punya lokal proud dan berpikir ngapain beli di luar mahal-mahal produk di sini udah berkualitas. Tapi balik lagi sih, Rollover Reaction dari awal dibangun kita selalu thinking a head. Mikirnya dua langkah lebih maju, yang paling penting fokus terhadap perkembangan sendiri dan kita juga punya loyal kostumer," jelas Dinar.

Kini, Rollover Reaction telah sukses. Produknya laris manis, bahkan sudah memiliki store di Plaza Indonesia. Rollover juga menjadi sebuah women company di bawah PT
Dalea Kreasi Nadisanti bagi ke-30 karyawannya. Dinar, dan ketiga sahabatnya membuktikan bahwa perempuan bisa sukses dengan caranya sendiri. Bahkan siapapun bisa tampil cantik dengan cara yang mudah seperti arti cantik menurut Rollover Reaction.

"Cantik itu mudah. Cantik itu bebas. Cantik itu bisa didefinisikan semua orang tanpa ada batasnya."


Editor: Rizki Astuti


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular