Meski Kaya Akan Lemak, Makanan High-fat Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Lho!

Meski Kaya Akan Lemak, Makanan High-fat Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Lho!
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/ba337170b349f66fef6c1e87bc7ad078.jpeg

Untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat, terkadang kita memang harus memilih dan menjaga ketat pola makan sehat. Tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi, apalagi untuk beberapa makanan yang mengandung lemak tinggi. Namun ternyata, tidak semua makanan berlemak tinggi, tidak sehat untuk dikonsumsi lho. Ada beberapa jenis makanan hight-fat, yang justru sangat dibutuhkan untuk memenuhi asupan lemak tubuh.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Mungkin daftar makanan dibawah ini adalah makanan yang paling banyak dihindari, karena dianggap mampu menimbulkan berbagai penyakit lemak mematikan seperti obesitas, diabetes, kanker dan lain sebagainya. Namun, Beautynesian harus tau terlebih dahulu, bahwa tidak semua lemak berbahaya untuk tubuh. 

Menurut penelitian, ada dua jenis lemak yang harus kita ketahui, yaitu yang pertama LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang biasa kita sebut dengan lemak jahat, dan ada HDL (High Density Lipoprotein) yang disebut lemak baik. Nah, HDL inilah yang wajib kita penuhi kebutuhannya, karena HDL mampu memberikan efek perlindungan pada tubuh, terutama untuk jenis penyakit kardiovaskular. 

1. Keju
1. Keju

Makanan high-fat ini sepertinya merupakan jenis makanan yang paling banyak dihindari para Beautynesian ya? Selain dianggap bikin cepat gemuk, banyak mengkonsumsi keju dianggap juga dianggap mengundang berbagai penyakit mematikan lainnya. 

Namun jangan dipercayaWalaupun keju mengandung lemak, namun riset kesehatan telah membuktikan bahwa keju adalah salah satu jenis makanan rendah LDL. Bahkan jika kamu mengkonsumsinya secara rutin, kandungan probiotik yang terdapat dalam keju mampu meningkatkan pencernaan dan menciptakan berat badan yang sehat. 

Selain itu, keju juga kaya akan nutrisi baik itu fosfor, kalsium dan juga protein. Jadi, nikmatilah keju sebagai makanan sehat mulai sekarang. Kamu bisa menambahkan keju pada semangkuk salad, untuk sarapan atau cemilan yang lebih sehat lagi. 

<baca juga>
2. Alpukat
2. Alpukat

Sama seperti keju, alpukat juga sering dimasukkan kedalam makanan high-fat yang tidak sehat. Padahal, kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam alpukat mampu menurunkan peradangan terutama yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. 

Bahkan sebuah studi yang dilakukan pada 2014 oleh tim peneliti meksiko menyebutkan, minyak alpukat yang diberikan kepada tikus dalam kondisi syndrome metabolik seperti gula darah tinggi, trigliserida serta kolesterol, mampu mengatasi gejala itu semua dalam waktu yang cukup singkat.

Bahkan alpukat juga salah satu makana yang mengandung HDL, yang wajib anda konsumsi untuk memenuhi asupan lemak pada tubuh. Jadi mulai sekarang, jangan sungkan menambahkan alpukat kedalam salad buah yang Beautynesian konsumsi ya ?  

3. Coklat Hitam
3. Coklat Hitam

Ya coklat juga jenis makanan high-fat yang banyak dihindari, terutama bagi kamu yang sedang menjalani diet. Namun tidak dengan coklat hitam atau Dark chocolate.

Satu potong coklat hitam yang dikonsumsi setiap hari, mampu memberikan asupan lemak sehat pada tubuh, yang berguna untuk melidungi jantung. Para peneliti dari Louisiana State University menyebutkan bahwa, bakteri asam laktan serta Bifidobacterium yang merupakan bagian dari mikroba usus baik, tumbuh dan berfermentasi untuk menghasilkan senyawa anti-inflamasi. Dimana senyawa tersebut sangat berguna untuk melindungi kesehatan jantung kamu. 

Rasa manis yang ada pada coklat hitam juga mampu membuat kamu menjadi langsing. Jadi, masih menganggap coklat adalah jenis makanan jahat? 

<baca juga>
4. Selai Kacang
4. Selai Kacang

Jenis makanan berlemak tinggi yang harus dijadikan makanan sehat adalah selai kacang. Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada 2013 oleh Breast Cancer Research Treatment, menyatakan bahwa, anak perempuan yang secara teratur makan selai kacang pada usia 9-15 tahun, memiliki resiko 39% lebih rendah untuk megidap penyakit payudara jinak di usia 30 tahun. 

Bahkan kandungan lemak sehat yang ada dalam selain kacang, mampu membuat kamu merasa kenyang dan puas lebih cepat. Namun perlu di ingat, kamu boleh makan berbagai macam selai kacang yang hanya dibuat murni dari kacang. Tidak ada tambahan gula atau minyak nabati. Karena tambahan itu, akan memiliki pengaruh yang berbeda lagi. 

5. Telur
5. Telur

Mulai sekarang tidak perlu lagi menghindar dari telur, karena lemak yang terdapat didalam telur, tidak berpengaruh terhadap jumlah kolesterol LDL yang mampu menimbulkan penyumbatan pembuluh darah. 

Bahkan, mengkonsumsi telur dipagi hari untuk sarapan, mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Membuatnya untuk tidak makan cemilan-cemilan lagi sampai waktu makan selanjunya. Selain itu, telur juga banyak mengandung lemak omega-3, yang sangat berperan penting didalam tubuh. 

Jadi, masih mau menghindari 5 makanan high-fat di atas?


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular