Biar Duit Gak Cepat Habis, Ini Rahasia Menabung yang Pas Buat Milenial!

Biar Duit Gak Cepat Habis, Ini Rahasia Menabung yang Pas Buat Milenial!
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/f509e3ead52e193e94afae815db21eb4.png

Generasi milenial jaman now identik dengan gaya hidup modern yang cenderung mementingkan citra diri dibanding melihat kebutuhan. Tapi terpikir nggak, bagaimana kalau suatu saat nanti kamu nggak bisa lagi menikmati itu semua karena kehabisan uang atau nggak punya pekerjaan alias menganggur?

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Kamu perlu persiapan soal uang demi menyambung hidup ke depan. Karena hidup nggak selalu ‘di atas’ sesekali kamu akan ‘turun’ ke bawah. Ketika itulah kamu akan terselamatkan dengan uang tabungan.

Jangan selalu melihat gaya hidup mewah teman atau orang lain di media sosial yang membuat kamu terpengaruh untuk meninggikan gaya hidup di luar kemampuan. Coba pikir sekali lagi, daripada kamu setiap weekend menghamburkan uang di café hanya untuk nongkrong, lebih baik kamu tabung uangnya untuk sesuatu yang lebih penting di masa nanti. Jangan merasa susah dulu. Coba deh cara menabung yang nggak ribet, seperti yang kami bahas berikut ini.


 

Tentukan Budget Untuk Ditabung Setiap Bulan
Tentukan Budget Untuk Ditabung Setiap Bulan

Cara menyisihkan uang tabungan yang tepat adalah dengan menentukan budget setiap bulannya. Sesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan ya, Beautynesian. Nggak perlu maksa dalam jumlah banyak jika belum sanggup. Tentukan saja sesuai uang gaji atau penghasilan yang kamu dapatkan. Angka idealnya adalah sekitar 20-30% dari total penghasilanmu. Jangan menabung dari sisa uang yang ada, melainkan kamu harus langsung menyisihkannya setelah menerima uang.

 

<baca juga>
Menabung Uang 20 Ribu di Celengan atau Jar
Menabung Uang 20 Ribu di Celengan atau Jar

Pernah dengar kan tentang menabung uang 20 ribu rupiah? Pasti kamu bertanya kenapa harus 20 ribu? Karena uang 20 ribu termasuk yang paling sedikit peredarannya dibanding nominal uang lainnya. Dalam satu bulan, kamu pasti jarang menerima uang 20 ribu dibanding pecahan uang lainnya.

Maka dari itu, banyak pakar keuangan menyarankan untuk mengumpulkan dan menabung setiap kali kita mendapat uang 20 ribu. Kamu bisa gunakan celengan atau jar yang terbuat dari kaca untuk menyimpannya. Tentukan durasi penyimpanan, misalnya dalam 6 bulan, 1 tahun atau 3 tahun. Jangan pernah dibuka hingga waktunya telah tiba ya. Pasti kamu bakal terkejut melihat jumlahnya.

 

Gunakan Metode Tanggalan
Gunakan Metode Tanggalan

Ini juga menjadi salah satu cara menabung unik untuk kamu ikuti, yakni dengan mengandalkan metode tanggal kalender. Maksudnya gimana? Jadi, kamu diwajibkan menabung dengan nominal uang sesuai dengan angka di kalender. Contohnya, tanggal 5 nominalnya Rp5000, tanggal 10 nominalnya Rp 10.000 dan begitu seterusnya.

Urutkan mulai tanggal 1 sampai 30 setiap bulan. Simpan uang di dalam jar kaca atau amplop. Setelah akhir bulan, ambil uang tersebut dan amankan dalam rekening tabunganmu. Jika kamu menjalani metode ini secara continue selama 1 atau 2 tahun, uang tabunganmu akan mencapai jutaan rupiah, lho. Wah kamu bisa membeli apa saja dengan uang tabungan ini. Tapi harus sesuai dengan yang dibutuhkan dan bukan yang diinginkan.

 

<baca juga>
Yuk, Mencoba Investasi
Yuk, Mencoba Investasi

Bagi yang awam dengan dunia investasi, pasti agak takut mendengarnya. Sebagian orang justru lebih memilih menabung dengan cara investasi daripada mengumpulkan uang di rekening. Saat ini ada banyak jenis tabungan investasi yang disediakan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, seperti deposito, tabungan berjangka, reksa dana, saham, dan lainnya.

Tapi jika kamu belum berminat dengan beberapa pilihan tadi, kamu bisa coba berinvestasi dengan cara lain. Misalnya menabung emas batangan di bank, atau mengumpulkan uang untuk dibelikan sebatang emas.

Cari bentuk investasi dengan nilai uang yang cukup stabil dan tidak mudah turun. Kamu juga bisa menabung dan menginvestasikan uang dengan membeli rumah atau sebidang tanah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginanmu di masa depan. Dengan demikian, uang yang kamu hasilkan tidak terbuang sia-sia dan habis untuk gaya hidup semata. Sah-sah aja kalau sesekali kamu mau nongkrong atau belanja di mall, asalkan budget-nya dibatasi dan jangan menghabiskan uang lewat batas tersebut.

Siapa bilang menabung itu sulit. Selama kamu bertahan dengan komitmen dan tetap konsisten menabung (dan bisa menahan godaan belanja) pasti uangmu yang sedikit akan menjadi 'bukit'. Yuk, mulai dulu aja dan buktikan kemudian.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular