10 Makanan Penurun Kolesterol

10 Makanan Penurun Kolesterol
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/2e488b60583632fce17c9db319a45f03.jpeg

Hari Raya Idul Adha baru saja selesai. Menu masakan berbahan daging tentunya banyak dan lezat untuk disantap. Tapi jangan sampai menu makanan yang lezat-lezat tersebut membuat lupa bahwa terlalu banyak menyantap daging akan menyumbang kolesterol yang juga banyak. Untuk mengantisipasi kenaikan kolesterol jahat, yuk konsumsi 10 makanan penurun kolesterol ini!

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Jeruk Nipis, Anggur, dan Jambu Merah Ampuh Atasi Kolesterol Jahat
Kolesterol memang ada pada setiap tubuh manusia. Kolesterol ada dua, yakni LDL dan HDL. Namun yang patut diwaspadai adalah LDL, yaitu kolesterol jahat yang akan menyebabkan timbulnya bermacam penyakit. Batas normal kolesterol dalam tubuh, yaitu 160-200 mg saja, jika melebihi ambang batas tersebut maka dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah dan bisa memicu timbulnya penyakit. 
 
Makanan penurun kolesterol cepat salah satunya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung flavonoid, antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bisa saja merusak sel-sel di dalam tubuh yang masih sehat. Cukup minum air perasan jeruk nipis yang diseduh dalam air hangat ketika pagi saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur supaya kadar kolesterol jahat dalam tubuh segera berkurang. 
Selain jeruk nipis, ada anggur yang masuk dalam daftar 10 makanan penurun kolestrol. Anggur juga mengandung flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan, seperti pada jeruk nipis. Berkat kandungan flavonoid nya, anggur bisa dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mengurangi lemak jahat yang sudah menumpuk, kamu bisa meminum jus anggur minimal satu kali sehari. Minum yang rutin ya!
Kandungan nutrisi pada jambu merah sangat lengkap lho, Ladies. Kandungan nutrisi seperti antioksidan, kalium, vitamin A, vitamin C dan yang lain tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh jika sering dikonsumsi. Maka tak heran jika salah satu makanan penurun kolesterol cepat adalah jambu merah. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jambu merah dapat melindungi jantung dari paparan radikal bebas. Selain itu, adanya kalium dan serat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Patut dicoba bukan?
Biji-Bijian, Makanan Penurun Kolesterol Cepat
Nutrisi tinggi yang terkandung dalam biji-bijian nyatanya meningkatkan kemampuan sel dalam tubuh untuk bisa berkembang dengan baik. Hal itu membuat sel memiliki kemampuan mencegah efek negatif dari radikal bebas yang datang dari dalam atau luar tubuh. Biji-bijian utuh kaya akan nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, vitamin B, serat, dan lain-lain. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang bisa merusak tubuh, terutama serat yang bisa melarutkan kolesterol jahat.  
<baca juga>
Brokoli, Penurun Kadar Kolesterol Jahat

Brokoli dikenal sebagai makanan penurun kolesterol cepat. Mengapa bisa demikian? Seban, brokoli mengandung banyak serat yang ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Saat kolesterol jahat tidak menumpuk, otomatis aliran darah juga akan lancar sehingga bisa mencegah timbulnya penyakit jantung. Selain itu, brokoli juga bisa membantu proses detoksifikasi secara alami lho, Ladies. 

Cokelat Hitam, Ampuh Basmi Kolesterol Jahat
Cokelat hitam ternyata sangat baik untuk tubuhmu lho, Ladies! Tak hanya bisa membuat mood menjadi baik, cokelat hitam juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan theobromine nya bisa mengurangi keberadaan lemak jahat serta di sisi lain mampu menaikkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Cara menyenangkan mengurangi kolesterol jahat, bukan? 
<baca juga>
Apel dan Alpukat Masuk ke dalam 10 Makanan Penurun Kolesterol
Bagian kulit, apel mengandung pektin yaitu serat alami yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Pektin bisa menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk urine. Tak hanya mengandung pektin saja, apel juga mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Mengonsumsi apel secara rutin bisa mencegah terserang penyakit jantung, lho!
 
Kalau kamu bingung dengan cara apa menurunkan kolesterol, kamu bisa mencoba mengonsumsi alpukat. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam alpukat bisa menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk. Alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang bisa menyerap kolesterol yang didapat dari makanan. 
 
Pepaya dan Salmon, Makanan Penurun Kolesterol Cepat
Tak heran jika pepaya termasuk dalam 10 makanan penurun kolesterol karena pepaya kaya akan antioksidan seperti likopen, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E dan vitamin C pada pepaya jika berkolaborasi akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol sehingga kolesterol jahat tidak akan mudah terbentuk dan menjadi plak. 
 
Ikan salmon sejak dulu memang dikenal kaya akan omega-3 yang sangat berperan dalam menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) serta menaikkan produksi kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Mengonsumsi ikan salmon minimal 2 porsi dalam satu minggu dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh karena akan menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk. 

Selain mengonsumsi makanan sehat di atas, kamu juga harus ingat dengan makanan pantangan kolesterol ya! Suasana Idul Adha masih sangat terasa, stok daging di rumah juga tentu masih melimpah. Bagian-bagian tubuh hewan kurban seperti jeroan dan kulit agaknya harus kamu hindari ya karena termasuk dalam makanan pantangan kolesterol.

Selain itu, supaya kadar kolesterolmu tetap terjaga, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pantangan kolesterol yang lain seperti fast food dan gorengan. Memang nikmat, tapi tentu akan menyebabkan masalah di tubuh, bukan? Coba konsumsi makanan lain yang lebih sehat.

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular