Mulai Gaya Hidup Sehat dengan 5 Makanan Kukus Ini, Tetap Bisa Makan Enak Tanpa Tersiksa!

Mulai Gaya Hidup Sehat dengan 5 Makanan Kukus Ini, Tetap Bisa Makan Enak Tanpa Tersiksa!
source: http://prodarticles.viuing.io/wp-content/uploads/2018/06/Oh-My-Venus-Tteokbokki-3-1024x576.png

Memulai untuk diet dan gaya hidup yang lebih soal emang nggak mudah, apalagi soal makanan. Rasanya susah banget untuk mencoba makanan baru yang belum biasa di lidah. Coba masak sendiri yuk menu-menu ini. Semuanya enggak digoreng, tapi tetap bisa jadi makanan enak dan nikmat.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Semua orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan kuat untuk beraktifitas. Perubahan gaya hidup seiring bertambahnya usia memang tidak bisa dihindari, termasuk soal makanan. Banyaknya restoran cepat saji memudahkan kita untuk memilih makanan. Gizi yang seimbang sangat dibutuhkan tubuh, salah satunya melalui cara memasaknya.

Jika selama ini banyak mengonsumsi makanan yang digoreng, sekali-kali coba dengan makanan yang dikukus. Enggak selamanya makanan kukus tidak enak, lho. Asal tahu pilihan makanannya, dijamin tetap bisa makan dengan nikmat dan lezat. Selain bikin sehat, sekaligus bisa menyeimbangkan berat badan.

Tahu Telur Kocok

Bahan utama dari tahu telor kocok tentu saja tahu putih dan telur. Tahu terlebih dahulu dihancurkan lalu campurkan dengan telur yang telah dikocok.

  • Campurkan dengan irisan kasar wortel dan daun bawang secukupnya. Ladies bisa menambahkan variasi sayur lainnya bila suka. Tambahkan garam dan merica secukupnya, aduk rata semua bahan.
  • Kemudian, tuangkan adonan dalam wadah tahan panas (bisa loyang alumunium atau mangkok kaca).
  • Kukus selama 15-20 menit atau sampai mengembang dan matang hingga dalam. Setelah selesai, sajikan dengan saus botolan favorit.
Tahu Telur Kocok
source: https://cookpad.com/id
<baca juga>
Sosis Telur

Mungkin Ladies sering melihat jajanan ini di pinggir jalan dan dimasak dengan cara digoreng. Jajanan pinggir jalan juga bisa dibuat lebih sehat, lho. Siapkan sosis dan telur ayam.

  • Kocok telur ayam secukupnya dengan daun bawang. Tambahan tepung bumbu serbaguna pada telur kocok.
  • Setelah itu, masukkan sosis utuh yang sudah dikupas kulitnya ke dalam plastik es mambo, lalu tuangkan telur kocok hingga menutupi sosis.
  • Kukus sosis telur hingga matang. Setelah matang, keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin.
  • Keluarkan sosis telur dari plastik, sajikan selagi hangat bersama dengan saus botolan.
Sosis Telur
source: https://greatist.com/
Gulung Ikan Pedas
  • Buat yang ngaku pecinta pedas, wajib coba menu satu ini. Pertama, siapkan ikan tenggiri sekitar 250 gram. Bersihkan ikan dan haluskan dagingnya, lalu beri air perasan jeruk nipis.
  • Campur daging ikan dengan tepung bumbu serbaguna, sedikit tepung tapioka agar lebih menyatu, aduk rata.
  • Setelahnya, tambahkan putih telur, gula, daun bawang, cabai bubuk, garam, dan merica. Aduk hingga rata.
  • Untuk bungkusnya, celupkan daun sawi putih sebentar pada air panas agar lebih lemas dan sedikit layu. Ambil satu, taruh adonan daging ikan di atas daun sawi putih, gulung hingga tertutup. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  • Kukus semua gulungan sawi selama 30-40 menit hingga matang. Sajikan selagi hangat.
Gulung Ikan Pedas
source: https://www.justonecookbook.com/
<baca juga>
Ayam Kukus Jahe

Kalau biasanya makan ayam dengan digoreng, cobain yuk menu satu ini. Bagian ayam yang dipakai adalah paha atas dengan kulitnya dan tanpa tulang. Siapkan bumbunya, antara lain bawang putih, jahe parut, air jeruk nipis, cuka beras, kecap asin, garam, dan minyak wijen.

  • Bumbu-bumbu tersebut dicampur jadi satu.
  • Lalu, aduk dan remas daging ayam dengan bumbu, diamkan selama minimal 1 jam. Lebih lama lebih baik agar bumbu lebih meresap.
  • Setelah selesai didiamkan, taruh ayam di pinggan tahan panas dan kukus selama 40 menit hingga matang.
  • Setelah matang, iris daging secara melintang.Taburkan bubuk merica hitam dan cabai bubuk setelah ayam matang. Lebih nikmat lagi kalau makannya didampingi nasi. Hemmm, sedap!
Ayam Kukus Jahe
source: https://cooking.nytimes.com/
Jamur Kukus Ikan
  • Untuk masakan istimewa ini, siapkan jamur kancing segar atau kalengan, iris tipis. Selanjutnya, potong dadu daging fillet ikan kakap dan lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar.
  • Sambil menunggu ikan, siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar sangrai, dan garam.
  • Gunakan blender atau ulekan batu untuk menghaluskan. Masukkan semua bumbu halus ke dalam campuran jamur dan daging kakap, lalu tambahkan telur, santan kental, dan irisan daun jeruk yang sudah dibuang tulangnya. Aduk semuanya hingga tercampur rata.
  • Panaskan kukusan dan bungkus tutup panci dengan serbet. Siapkan pinggan atau wadah kecil tahan panas.
  • Tuangkan seluruh adonan secara merata, lalu tambahkn irisan cabai merah di atasnya. Kukus selama 30 menit hingga matang. Dinginkan masakan hingga adonan cukup set dan agak keras.
Jamur Kukus Ikan
source: https://www.primarasa.co.id/

Ladies, mudah kan membuatnya? Bahannya pun mudah ditemukan di supermarket atau pasar tradisional. Jangan lupa untuk ajak keluarga atau teman terdekat cicipi masakan kamu. Happy cooking!


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular