Catat, Ini 7 Tips Ampuh Hemat Uang Jajan Anak Sekolah Hingga 50 Persen!

Catat, Ini 7 Tips Ampuh Hemat Uang Jajan Anak Sekolah Hingga 50 Persen!
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/6d6045667c8912fa7befcaba7229c7b0.jpeg

Berhemat memang harus dibiasakan sejak dini dan dapat dimulai dari hal-hal kecil. Seperti, menghemat uang jajan pemberian orang tua. Meski awalnya sulit, tapi kalau sudah terbiasa, akan ada banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya yaitu, jaminan keuangan yang baik dimasa depan. Nah, tips berikut ini dapat diterapkan loh untuk menghemat uang jajan.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Pilih Sekolah Dekat Rumah
1.	Pilih Sekolah Dekat Rumah
source: https://www.pixabay.com/
Faktanya, sistem zonasi bentukan pemerintah saat ini yang dianggap kontroversial oleh sebagian masyarakat tidak sepenuhnya buruk kok. Salah satu keuntungan yang diperoleh yaitu, dapat menghemat uang jajan dan biaya transportasi hingga 100 %. Bayangkan saja, saat jarak rumah dekat dengan sekolah, kamu sudah tidak lagi butuh tambahan biaya naik angkot atau membeli BBM tiap minggu. Cukup dengan berjalan kaki atau naik sepeda ontel untuk pergi ke sekolah. Selain hemat juga sehat!
2. Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah
2.	Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah
source: http://www.labourteachers.org.uk
Meski uang jajan yang diberikan jumlahnya tidak terlalu besar, alangkah baiknya tetap membudayakan hidup hemat. Hal yang sering diabaikan para pelajar biasanya malas sarapan pagi di rumah. Mereka lebih memilih jajan atau sarapan di kantin sekolah. Padahal uang sarapan dapat ditabung untuk membeli kebutuhan lain yang lebih penting loh!
<baca juga>
3. Jangan Malu Membawa Bekal Makan Siang
3.	Jangan Malu Membawa Bekal Makan Siang
source: https://www.chalkbeat.org
Case malu membawa bekal dari rumah biasanya terjadi pada anak atau murid laki-laki. Padahal makanan rumah jauh lebih higenis dan sehat. Serta yang terpenting dapat menghemat uang jajan kamu sampai 50 % lebih loh. Kamu bisa menggunakan jatah uang jajan untuk ditabung dan membeli barang kesayangan. Gimana, masih malas atau malu membawa bekal?
4. Optimalkan Penggunaan Fasilitas Gratis
4.	Optimalkan Penggunaan Fasilitas Gratis
source: https://www.pixabay.com/
Jadi seorang pelajar, tak cukup hanya pintar mengerjakan soal-soal ulangan saja ya. Kamu harus jeli dan lincah membaca peluang/kesempatan yang ada. Misalnya, mengoptimalkan penggunaan fasilitas gratis yang diberikan oleh pemerintah. Manfaatkan fasilitas Wifi gratis demi irit kuota internet, rajin membaca buku di perpustakaan, hunting buku bazar murah dari pemerintah, dan rajin mengikuti seminar pendidikan gratisan untuk menambah ilmu pengetahuan.
<baca juga>
5. Membuat Daftar Kebutuhan Primer
5.	Membuat Daftar Kebutuhan Primer
source: http://oiam.org/freeschool/sen/
Nah, dalam mata pelajaran ekonomi sedikit dibahas tentang penggolongan kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan pokok/primer, sekunder, dan tersier. Yang mana, kita wajib memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu yang sifatnya paling utama sebelum beralih pada kebutuhan lain. Cobalah terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah membuat daftar kebutuhan utamamu sebagai pelajar. Jika kebutuhan tersebut sifatnya tidak terlalu penting, lebih baik tidak dibeli.
6. Skip Gengsi Gede-Gedean
6.	Skip Gengsi Gede-Gedean
source: https://www.pixabay.com/
Untuk urusan gengsi, bukan hanya menyerang orang dewasa saja Ladies, para anak sekolah terutama remaja juga rawan terjangkit loh. Jadi, mulai sekarang bertindaklah lebih bijak, gunakan uang jajanmu untuk membeli sesuatu karena butuh.

Jangan mudah tergoda membeli barang yang hanya karena indah bentuknya saja atau sekedar iri pada barang milik teman. Misalnya, ingin membeli bolpoint karena desainnya yang unik dan hits saat itu, padahal kamu sudah mempunyai lebih dari dua buah bolpoint di dalam kotak pensil kamu.
7. Menabung
7.	Menabung
source: https://www.rawpixel.com ​​​​​​​
Budayakan menabung sejak dini. Meski nominalnya tidak terlalu besar, yang penting konsisten menabung setiap minggu atau bulanan. Kamu bisa menggunakan uang tabungan kamu untuk membeli barang yang kamu impikan sejak lama. Tapi tetap pertimbangkan fungsinya ya.

Nah, tips di atas dapat diterapkan untuk menghemat uang jajan bagi kamu yang masih bersekolah atau bagi orang tua yang berusaha menghemat budget uang jajan untuk anaknya.
 

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular