Benarkah Pisang Membantu Atasi Kram Perut Saat Menstruasi?

Benarkah Pisang Membantu Atasi Kram Perut Saat Menstruasi?
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/3b7714ab809f9a97db8227fb9c1bef7d.jpeg

Kram perut yang dirasakan saat menstruasi memang sudah dianggap sebagai hal lumrah untuk terjadi. Tingkatan rasa kram ini pun bermacam-macam. Mulai dari yang biasa saja, hingga kram yang begitu menyiksa. Ada beberapa informasi yang mengatakan bahwa pisang bisa meredakan kram di perut, benarkah? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Penyebab Kram Saat Menstruasi

Penyebab Kram Saat Menstruasi
source: https://jelita-v.com/simpel-7-gerakan-ini-ampuh-atasi-kram-perut-saat-menstruasi/
Sebelum membahas lebih jauh mengenai pisang yang bisa mengatasi kram saat menstruasi, perlu diketahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang menjadi penyebab kram itu. Ketika menstruasi sedang berlangsung, maka uterus berkontraksi dan lapisan pada uterus akan meluruh dan keluar sebagai darah kotor.

Saat itu juga hormon yang terlibat dalam rasa nyeri dan inflamasi memicu otot uterus untuk berkontraksi. Adanya peningkatan hormon tersebut bisa menyebabkan kram dan nyeri menjadi semakin parah. Kondisi ini tentu saja kurang menyenangkan. Ini bisa terjadi sebelum periode menstruasi maupun saat berlangsungnya periode menstruasi.
Penyebab Kram Saat Menstruasi
source: https://www.acukaizen.com/blog/meredakan-nyeri-kram-saat-menstruasi/
Ternyata wanita usia remaja biasanya mengalami nyeri yang terbilang lebih parah dibandingkan wanita dewasa. Hal ini akan semakin membaik apabila wanita tersebut sudah pernah melahirkan. Nyeri yang timbul ketika menstruasi terkadang sangat parah dan menimbulkan rasa sakit kepala, nyeri pada payudara, memicu terjadinya rasa pusing, pembengkakan pada tangan dan kaki bahkan sering adanya rasa lain yang juga ikut mengganggu.
<baca juga>
Cara Umum yang Biasa Dilakukan untuk Mengatasi Kram Menstruasi

Cara Umum yang Biasa Dilakukan untuk Mengatasi Kram Menstruasi
source: https://www.dokter.id/berita/5-cara-mengatasi-kram-perut-saat-menstruasi
Banyak cara yang dilakukan selama ini untuk mengatasi kram akibat menstruasi salah satunya adalah menempelkan header pet di bagian bawah perut mengkonsumsi obat penghilang nyeri mandi air panas dan lain-lain cara-cara ini tentu saja sudah populer namun tentu saja diantara berbagai cara yang ada pola makan yang merupakan kunci yang paling mempengaruhi terdapat beragam makanan alami yang bisa membantu mengurangi nyeri haid.

Misalnya seperti jeruk, semangka, dan brokoli. Selain itu, ternyata buah yang begitu umum namun belum banyak yang tahu fungsinya bisa mengatasi keram saat nyeri menstruasi buah itu tidak lain adalah pisang
Alasan Pisang Bisa Mengatasi Kram Saat Menstruasi

Alasan Pisang Bisa Mengatasi Kram Saat Menstruasi
source: https://www.pexels.com/search/banana/
Buah pisang mengandung vitamin B6,  Magnesium, Vitamin C dan rendah akan kandungan lemak, sodium dan juga kolesterol. Vitamin B6 sendiri bisa memproduksi sel darah merah yang akan sangat baik bagi tubuh yang sedang mengalami menstruasi. Kandungan Vitamin B6 ini juga bisa memelihara sistem saraf. Pisang juga dikenal kaya akan Potasium yang baik untuk mencegah terjadinya retensi air di dalam tubuh.
<baca juga>
Alasan Pisang Bisa Mengatasi Kram Saat Menstruasi
source: https://www.pexels.com/photo/yellow-banana-fruit-38283/
Bukan hanya rasa nyeri dan kram,  karena saat beraktivitas, setiap bulannya wanita juga sering mengeluhkan kesusahan tidur akibat adanya rasa tidak nyaman pada otot yang kaku selama masa menstruasi. Dalam hal ini, dengan mengkonsumsi pisang juga bisa merelaksasi otot dan membuat wanita lebih istirahat dan tidur nyenyak pada malam hari.
                    
Keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi pisang adalah proses pencernaan seperti buang air besar menjadi lebih lancar. Pada umumnya menstruasi juga bisa menyebabkan diare pada wanita sehingga bisa membantu memperlancar pencernaan. Di samping itu perlu juga diperhatikan bahwa pisang mengandung gula alami yang walaupun sehat tetapi harus dibatasi jumlahnya. Terutama jika pisang tersebut dijadikan smoothie. Jika terlalu banyak dikonsumsi, maka gula bisa meningkatkan rasa sakit. Untuk itulah, konsumsi secara teratur dengan takaran yang sesuai.
Alasan Pisang Bisa Mengatasi Kram Saat Menstruasi
source: https://www.sunpride.co.id/5-resep-smoothies-pisang-yang-asyik-dan-nikmat/
Jika selama ini berpikir bahwa mengkonsumsinya secara langsung maka agar lebih banyak kreasi dan lebih nikmat bisa membuat pisang dengan campuran yogurt yang rendah lemak Selain itu dengan menempelkan potongan pisang di atas real maupun smoothie bowl juga dan juga akan sangat lezat dan jika menyehatkan.

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular