Resep dan Manfaat Teh Herbal untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Resep dan Manfaat Teh Herbal untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/dd0b658cc627b2ad1dc0416ea2e331ff.jpeg

Selain kopi, teh juga banyak disuka dengan segala jenis dan khasiatnya. Dalam dunia kesehatan, teh pun juga bisa membantu proses penyembuhan. Teh herbal telah digunakan lebih dari ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan. Sayangnya, pengobatan modern telah membuat banyak orang melupakan khasiat teh herbal. Seperti dilansir dari dari All Women Stalk, inilah pilihan teh herbal dan manfaatnya bagi kesehatan.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Teh Hijau
Teh Hijau

Sudah banyak orang yang mengenal manfaat teh ini. Teh hijau merupakan sumber antioksidan paling kuat yang dapat bantu memperbaiki fungsi tubuh. Selain dapat meningkatkan metabolisme, teh hijau juga bisa mengurangi berat badan. Tak jarang teh ini dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Nah, biasanya untuk menjaga kesehatan tubuh juga, teh hijau bisa kalian mix dengan bahan lain seperti kayu manis, lemon, madu, atau jahe.

Bahan-Bahan:

  • 2 batang kayu manis
  • 4 kantung teh hijau
  • 1/2 sdt jahe parut
  • 1/2 sdt kulit lemon parut
  • 4 biji kapulaga yang sudah dihancurkan
  • 4 gelas air panas mendidih
  • 2 sdm madu

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah ukuran besar.
  2. Masukkan kayu manis, kantung teh, jahe, kulit lemon, dan kapulaga.
  3. Tuangkan air mendidih.
  4. Seduh selama 5-6 menit.
  5. Saring minuman.
  6. Campurkan madu.
  7. Teh hijau hangat bisa langsung segera dinikmati.
Teh Lemon Mint
Teh Lemon Mint

Bagi kalian yang punya masalah under weight dan ingin menambah berat badan, kalian bisa mencoba teh menyegarkan ini. Teh yang satu ini punya manfaat yang berbanding terbalik dari manfaat teh hijau yang membantu mengurangi berat badan. Teh lemon mint yang kaya anti oksidan ini justru bisa meningkatkan nafsu makan kalian.

Bahan-bahan:

  • 1 kantung teh
  • 500 ml air
  • 1 buah lemon
  • madu secukupnya
  • daun mint secukupnya
Cara membuat:
  1. Seduh teh dengan air panas dan beri sedikit madu.
  2. Tambahkan perasan jeruk lemon.
  3. Masukkan daun mint yang sudah dipotong kecil-kecil.
  4. Aduk rata.
  5. Sajikan.
<baca juga>
Teh Juniper / Jinten
Teh Juniper / Jinten

Juniper atau jinten dapat membantu proses detoksifikasi yang tidak hanya mengeluarkan racun tapi juga kelebihan cairan. Hal itu sangat penting bagi wanita, mengingat tubuh cenderung mempertahankan air pada beberapa periode siklus menstruasi. Selain itu, teh ini juga dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mencegah peradangan pada kantung kemih. Bahkan sebagian orang juga percaya kalo teh herbal satu ini dapat menyembuhkan flu babi.

Cara membuat:

  • Masukkan satu sendok teh biji jinten dan satu cangkir air ke dalam panci. Panaskan campuran sampai air mulai mendidih.
  • Kecilkan api dan biarkan mendidih selama sekitar 2-3 menit. Angkat dari api dan tutup panci selama sepuluh menit.
  • Setelah sepuluh menit teh jinten siap diminum. Kalian dapat menambahkan sedikit garam atau madu untuk meningkatkan rasanya.
Teh Jahe
Teh Jahe

Teh jahe dapat digunakan saat kalian mengalami mabuk perjalanan. Meminum teh jahe sangat jauh lebih sehat dibandingkan pil penghilang rasa mual yang banyak dijual di pasaran. Teh jahe akan memberi rasa nyaman pada syaraf perut dan membuat kalian lebih bernergi.

Bahan-bahan:

  • 400 ml air
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 8 cm jahe, bakar, kupas, iris, memarkan
  • 1 sdm gula batu (gula pasir)
  • sachette teh celup

Cara membuat (sajian 2 gelas):

  1. Rebus air, daun pandan, jahe, dan gula batu hingga mendidih. Biarkan beberapa menit, saring.
  2. Masukkan teh celup. Sajikan hangat.
<baca juga>
Teh Chamomile
Teh Chamomile

Jika kalian sering merasa gelisah, cobalah untuk meminum teh chamomile, karena teh ini bisa membuat kalian merasa lebih tenang. Selain berguna sebagai antidepresan, teh chamomile juga bermanfaat bagi kalian yang memiliki masalah susah tidur.

Chamomile merupakan obat anti-inflamasi (anti radang) yang sangat kuat, sehingga kalian bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara diminum, dihirup uapnya atau merendamkan kain yang kemudian diletakan pada area sakit. Chamomile juga berguna mengobati kram menstruasi pada wanita. Banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan mengonsumsi teh ini.

Cara membuat:

  1. Didihkan 240ml air untuk satu gelas minum atau sesuaikan dengan berapa banyak gelas teh yang akan di seduh.
  2. Ambil 2 sendok makan bunga chamomile yang sudah dikeringkan atau 4 sendok makan bunga chamomile segar untuk setiap satu gelas teh.
  3. Setelah air sudah terlihat mendidih, matikan api baru kemudian masukkan teh bunga chamomile yang sudah dikeringkan atau yang masih segar tadi. Tutup pot dan biarkan beberapa saat agar teh larut.
  4. Setelah air seduhan berwarna coklat keemasan, teh chamomile siap dinikmati.

Mudah kan Ladies? Selamat mencoba dan buktikan sendiri manfaat teh herbal ini untuk kesehatan kalian ya.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular