Powdered Sunscreen, Inovasi Baru untuk Perlindungan Kulitmu dari Sinar UV

Powdered Sunscreen, Inovasi Baru untuk Perlindungan Kulitmu dari Sinar UV
source: https://d2lccyj4f9r35n.cloudfront.net/media/cache/product_hero/99/d2/7935e2f28c12728ca022bf459661.png

Seiring berkembangnya zaman berbagai inovasi terus bermunculan, termasuk bidang kecantikan. Ya, dunia makeup semakin bermunculan produk-produk baru dengan manfaat menggiurkan. Salah satu inovasinya aalah powdered sunscreen. Jika biasanya sunscreen berbentuk gel ataupun lotion kali ini justru berbentuk bubuk, seperti bedak. Lalu, seperti apa manfaatnya, apakah sama dengan sunscreen pada umumnya?

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Sunscreen dikenal sebagai salah satu skincare wajib selama hampir 100 tahun. Oleh karena itu, sudah saatnya produk sunscreen melakukan inovasi. Ada begitu banyak inovasi yang sudah dilakukan untuk mengubah varian produk sunscreen, mulai dari salep SPF hingga yang mengkhawatirkan adalah sunscreen pills.

Powdered Sunscreen, Inovasi Baru untuk Perlindungan Kulitmu dari Sinar UV
source: https://www.allure.com

Salah satu inovasi baru dari produk sunscreen adalah powdered sunscreen, seperti produk dari Paula yaitu On-The-Go Shielding Powder SPF 30, produk dari Colorescience yaitu Sunforgettable Total Protection Brush On Shield SPF 50 dan Brush On Block Translucent Mineral Powder Sunscreen. Tetapi banyak pertanyaan yang muncul di benak kita, apakah powdered sunscreen bisa memberikan perlindungan yang sama seperti produk sunscreen yang umumnya?
 

Pertama mari kita bahas terlebih dahulu, apa sih itu powdered sunscreen?

Sebenarnya, menurut Stephen Alain Ko, seorang ahli kimia kosmetik, powdered sunscreen bukanlah suatu hal yang baru. Karena pada dasarnya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lotion sunscreen justru berbentuk powder atau bubuk.

Selama ini sunscreen dibuat dalam bentuk cair agar dapat memastikan peresapan maksimal sunscreen ke kulit kita. Karena itu, powdered sunscreen pun sebenarnya memiliki bahan dan kandungan yang sama dengan sunscreen berbentuk lotion yang umum kita pakai.

Powdered Sunscreen, Inovasi Baru untuk Perlindungan Kulitmu dari Sinar UV
source: https://www.verywellhealth.com/apply-sunscreen-1069526

Menurut Anna Guanche, seorang dermatologis dari California, powdered sunscreen sangat cocok untuk dipakai ketika kita melakukan touch up. Hal ini disebabkan karena pemakaian powdered sunscreen harus benar-benar tebal. Sehingga akan lebih baik jika kita tetap menggunakan sunscreen berbentuk lotion sebagai base make up kita, sedangkan powdered sunscreen bisa digunakan untuk menambah protection ketika kita sudah memakai makeup di bagian kulit tertentu seperti daerah t-zone.
 

<baca juga>

Shari Marchbein, dermatologis dan asisten professor dari New York Universiy Langone Health, juga setuju jika powdered sunscreen adalah produk yang baik, tetapi jangan hanya menggunakan powdered sunscreen saja. Ia mengungkapkan, bahwa powdered sunscreen sangat ideal untuk digunakan saat reapplication makeup, dan bukan sebagai primary sun protection. Hal ini disebabkan karena kita membutuhkan jumlah powdered sunscreen yang lebih banyak untuk memberikan proteksi yang cukup untuk lapisan kulit wajah kita.

Powdered Sunscreen, Inovasi Baru untuk Perlindungan Kulitmu dari Sinar UV
source: https://my.carousell.com

Beberapa produk powdered sunscreen sudah bisa mulai kita dapatkan di Indonesia lho, salah satunya adalah Natural Sun Eco Ice Air Puff Sun dari The Face Shop dan Sunprise Mild Airy Finish dari Etude House. Sedangkan untuk di negara-negara barat sendiri, sudah sangat banyak produk powdered sunscreen dari berbagai merk.


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular