Mudah dan Cepat, Ini Menu Sahur yang Bisa Kamu Masak di Rice Cooker

Mudah dan Cepat, Ini Menu Sahur yang Bisa Kamu Masak di Rice Cooker
source: https://www.washingtonpost.com/rf/image_982w/2010-2019/WashingtonPost/2012/09/06/Food/Images/food004_1346900640.jpg

Anak kos merapat! Alat masak yang ala kadarnya bukanlah halangan untuk berkreasi dengan menu-menu baru. Dengan menggunakan rice cooker, kamu bisa, kok, masak menu sahur yang nikmat menggugah selera. Seperti ini, misalnya.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Risotto

source: streetsmartkitchen.com

Untuk membangkitkan nafsu makan pada waktu sahur, menu makanan Italia layak dicoba. Risotto yang merupakan nasi campur khas Italia ini akan cocok untuk asupan energi selama puasa. Buat risotto versi kamu sendiri dengan campuran nasi dan rempah yang sehat penuh nutrisi.

Bahan yang perlu kamu siapkan mudah saja didapatkan, yaitu nasi, mentega, jamur, bawang merah, bawang putih, kaldu ayam, garam, merica, keju, dan kacang.

Untuk memasaknya, masukkan ke dalam rice cooker bumbu yang sudah dihaluskan, lalu ikuti dengan memasukkan nasi. Campur semuanya seperti memasak nasi goreng. Risotto biasa disiram sedikit demi sedikit dengan air kaldu pada saat proses pengadukan, namun dengan rice cooker kamu bisa langsung saja menyiram semua air kaldu ke dalam rice cooker, lalu tutup dan nyalakan tombol 'cook' untuk memasaknya sampai matang. Praktis, kan?
 

2. Makaroni Keju

source: everydaygoodthinking.com

Ala menu kafe, makaroni keju bisa kamu buat sendiri di rumah dengan memakai rice cooker juga, lho. Caranya, masukkan makaroni yang sudah direbus ke dalam rice cooker, campur dengan kaldu ayam, garam, susu dan keju parut, lalu tekan tombol 'cook'. Tunggu sampai matang dan voila! Makaroni keju siap saji!
 

<baca juga>

3. Pasta

source: sweetphi.com

Ketahanan mie instan terlalu instan? Coba beralih ke pasta supaya kamu kuat berpuasa selama seharian. Cara masaknya, rebus air hingga mendidih dalam rice cooker, masukkan mentega secukupnya, masukkan pasta, aduk supaya tidak lengket, lalu tiriskan jika sudah matang.

Menggunakan rice cooker yang sama, selanjutnya buat saus pasta, yaitu masukkan mentega secukupnya, tumis bawang putih dan bawang bombay, masukkan isian sesuai selera seperti bakso/sosis/daging ayam cincang/kornet, aduk-aduk, terakhir masukkan bumbu saus pasta siap saji, aduk lagi sampai matang, lalu tiriskan. Tuang saus ke atas pasta dan pasta siap disantap!
 

4. Mashed Potato

source: yellowblissroad.com

Kentang, yang merupakan salah satu asupan karbohidrat, cocok dimakan waktu sahur. Kreasikan menjadi mashed potato alias kentang tumbuk yang lumer di lidah.

Caranya, rebus kentang yang sudah dicuci bersih di dalam rice cooker sampai matang. Kupas kulitnya di bawah air mengalir. Tumbuk atau hancurkan kentang yang sudah dikupas sampai halus. Masukkan kembali kentang yang sudah halus ke rice cooker yang bersih. Beri rasa dengan menambahkan garam dan susu cair secukupnya, aduk–aduk terus hingga tercampur dengan baik. Kamu bisa tambahkan merica sesuai selera, ketika proses pengadukan atau ketika akan disajikan.
 

<baca juga>

5. Sop Ayam

source: therecipecritic.com

Sop ayam yang hangat segar disantap saat sahur. Belum lagi kandungan nutrisinya yang juga menyehatkan. Untuk membuatnya, rebus air terlebih dahulu pakai rice cooker, baru kemudian masukkan sayuran dan daging ayam. Nah, menghemat waktu, pakai saja bumbu cepat saji yang banyak beredar di pasaran. Tambahkan merica jika mau. Tunggu sampai matang dan sup ayam ala anak kos siap disajikan!

Itu tadi ide menu sahur yang praktis dibuat menggunakan rice cooker. Jangan sampai lewat makan sahur ya, ladies!
 


Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular