Tips Mempersiapkan Pernikahan Saat Sedang Berpuasa

Tips Mempersiapkan Pernikahan Saat Sedang Berpuasa
source: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/dlt8eSHz56MAby8TWiADpQQTbBQ=/680x383/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2531682/original/093037700_1544705982-persiapan-nikah-hanya-13-hari-dengan-skenario-terindah.jpg

Satu atau dua bulan setelah Ramadan biasanya dimanfaatkan oleh para calon pengantin untuk melangsungkan pernikahan. Itu berarti di bulan puasa ini, mereka disibukkan dengan persiapan yang matang agar pernikahan berjalan lancar. Jika persiapan sudah mencapai 60-70 persen, calon pengantin mungkin bisa bersantai, namun apabila kurang dari itu persiapan tentu harus dikebut. Nah, bagaimana agar nyaman mempersiapkan pernikahan saat berpuasa? Berikut tipsnya.

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

1. Jangan Lewatkan Sahur

Agar bisa menjalani puasa selama sehari dengan lancar, maka penting untuk melakukan makan sahur. Sebab, makan sahur menjadi sumber energi utama untuk melaksanakan persiapan pernikahan. Usahakan untuk makan sahur di akhir waktu. Selain itu memang dianjurkan, makan sahur di akhir waktu juga menghindarkan tubuh dari rasa lemas berlebihan.

Agar badan tetap fit, kamu harus memilih makanan sehat saat sahur. Makan makanan kaya serat dan karbohidrat kompleks. Penuhi juga kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup.

1. Jangan Lewatkan Sahur
source: https://www.pixabay.com/
2. Berbuka dengan Makanan Sehat

Berbuka dengan makanan manis memang bisa mengembalikan energi bagi tubuh. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis karena itu enggak baik untuk kesehatan, memicu diabetes bahkan menambah berat badan.

Jika kamu ingin makanan manis, pilihlah buah manis yang masih segar. Hindari juga terlalu banyak makan masakan yang mengandung minyak karena bisa mengangggu kesehatan tenggorokan. Tentu kamu enggak ingin persiapan hari bahagiamu terganggu karena masalah kesehatan, bukan?

2. Berbuka dengan Makanan Sehat
source: https://www.freepik.com
<baca juga>
3. Kurangi Makanan Manis dan Berminyak

Seharian tidak makan dan minum memang perlu asupan manis untuk menormalkan gula darah. Namun bukan berarti berlebihan, apalagi jika rasa manis yang didapat hanya dari gula. Usahakan agar rasa manis yang dimaksud didapatkan dari buah. Karena terlalu banyak gula bukan membuat sehat tapi memicu diabetes dan berat badan bertambah. Kamu pasti tak mau kan berat badan naik di hari H? 

Selain itu, kurangi juga goreng atau makanan berminyak yang menjadikan kamu sakit tenggorokan. Pasti tak enak dong, sakit tenggorokan saat kamu mempersiapkan pernikahan.

3. Kurangi Makanan Manis dan Berminyak
4. Lakukan Olahraga Ringan

Selama menjalani puasa, bukan berarti kamu enggak bisa berolahraga. Olahraga justru sangat dianjurkan untuk dilakukan saat puasa agar badan tetap sehat. Kamu bisa memilih jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda. Olahraga juga akan menghindarkanmu dari rasa malas dan mengantuk yang berlebihan. Persiapan pernikahan akan berjalan lancar jika badan juga sehat.

4. Lakukan Olahraga Ringan
source: https://www.freepik.com
<baca juga>
5. Cukup Istirahat

Sibuk menyiapkan momen bahagia jangan sampai membuatmu jadwal istirahatmu terganggu. Tidur juga bisa menjadi cara mengurangi kelelahan akibat persiapan pernikahan yang tentu saja menghabiskan tenaga dan pikiran. Jika mungkin, sempatkan untuk istirahat siang selama 1-2 jam agar kamu enggak kehabisan energi.

Usahakan juga untuk tidur tepat waktu di malam hari agar kamu bisa bangun lebih awal. Kamu bisa bangun dalam keadaan lebih segar dan lebih siap untuk melakukan persiapan selanjutnya.

5. Cukup Istirahat
6. Tetap Jaga Fokus

Menjalani persiapan pernikahan saat puasa mungkin akan sedikit membagi fokusmu. Berikan waktu khusus bagi dirimu sendiri untuk memaksimalkan ibadah selama bulan puasa. Selain itu beribadah juga bisa lebih memberimu kesiapan mental sebelum pernikahan. Fokuslah juga pada acara rencana pernikahanmu dan abaikan apapun yang enggak ada hubungannya dengan kepentinganmu.
 

6. Tetap Jaga Fokus
source: https://www.pixabay.com/

Related Articles
Popular Forum
Related Articles
Recommended Articles
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Articles
Category Articles
Related Articles
Category Popular
Weekly Popular